TIPS OTOMOTIF

Wajib Tahu, Perawatan Mobil Berkala Untuk Pemula

OTOBERITA.com – Sebagai pemilik mobil pemula wajib tahu, bagaimana perawatan mobil berkala yang perlu dilakukan? Baik secara mandiri atau servis rutin di bengkel resmi.

Tujuan utamanya tak lain untuk menjaga performa mobil agar tidak mudah rusak. Namun banyak yang mengabaikan hal tersebut, terutama bagi pemula yang baru beli mobil.

Padahal dengan melakukan perawatan secara berkala bisa membuat usia mobil lebih awet dan tahan lama. Lantas, apa saja perawatan yang harus dilakukan? Berikut kami sajikan informasi singkatnya agar mudah dipahami dan diterapkan secara mandiri.

Perawatan Mobil Berkala Bagi Pemula

Cara jitu Perawatan Mobil Berkala dengan mudah

Di bawah ini akan dijelaskan beberapa poin penting yang harus mendapatkan perhatian secara rutin. Meski di saat pandemi yang hingga kini belum usai.

Cek Oli Mesin Mobil

Luangkan waktu anda untuk mengecek kondisi oli mesin mobil. Terutama di pagi hari ketika kondisi mesin masih mati.

Anda bisa mengetahui masih berapa volume oli mesin yang tersisa? Caranya cukup tariklah bagian dipstick yang berlabel oli, terletak di kap mesin mobil.

Lakukan pengecekan secara benar. Dimana posisi permukaan oli saat itu, berada di batas ujung dipstick oli atau malah dibawahnya. Apabila tepat dibawah dipstick perlu penambahan oli hingga batas maksimal dari dipstick itu sendiri.

Cek Oli Transmisi Mobil

Perawatan mobil berkala lainnya ialah cek oli transmisi mobil. Caranya masih sama seperti di atas. Namun berlabel transmission. Pastikan masih bersih tanpa serpihan logam yang tertinggal.

Namun bila sebaliknya, maka segeralah bawa ke bengkel mobil agar segera ditangani secara detail oleh mekanik mobil.

Cek Kondisi Air Radiator

Beralih ke sektor kondisi air radiator, cek bagian tersebut. Cara mengecek cukup lihat ketinggian air tabung cadangan alias reservoir. Pastikan masih berada di batas maksimal indikator full.

Tujuannya agar air radiator nantinya bisa secara menyeluruh masuk ke dalam sistem pendingin.

Namun untuk mobil keluaran terbaru saat ini, jangan sesekali membuka tutup bagian radiator. Sebab bisa memicu kondisi overheat, karena gelembung udara masuk sistem pendinginan.

Usahakan tidak ada korosi atau karat yang berada di bagian air radiator. Bila ada, segera mungkin bersihkan agar tidak merembet ke yang lain.

Cek Kondisi Aki Mobil

Langkah perawatan mobil berkala yang penting ialah cek kondisi aki mobil. Gunakan alat voltmeter serta hubungkan ke bagian terminal plus dan minus di area aki, jangan sampai keliru pasangnya.

Pastikan saat cek, normalnya berada di 12 V dan maksimal 12,5 V. Tapi pada saat mobil mulai distarter, akan berada di minimal 11,5 V dan stabil di angka 14 V.

Cek Filter Udara Kabin Mobil

Pengecekan filter udara pada kabin mobil merupakan salah satu poin perawatan mobil berkala. Tugasnya begitu penting yakni menyaring udara luar yang akan masuk ke dalam ruang kabin.

Namun filter udara kabin mobil hanya ada pada beberapa tipe mobil saja. Komponen itu begitu berfungsi sekali untuk menjaga kabin dari kotoran atau polutan tak baik untuk kesehatan. Sehingga membuat kenyaman baik untuk pengemudi maupun penumpang.

Cek Kondisi Minyak Rem Mobil

Cek Kondisi Minyak Rem Hidrolik Mobil

Anda juga perlu memperhatikan bagian rem mobil, terutama kondisi minyak remnya. Karena berperan aktif dalam menjaga kelembapan pada rem mobil. Biasanya minyak rem, terdapat pada jenis sistem rem hidrolik. Usahakan pengecekan setiap 60.000 kilometer.

Cek Kondisi Pengendali Cairan Radiator

Dalam kurun waktu tertentu, kualitas pH air pada radiator akan menurun. Dan akan menghambat kinerja sistem pendingin. Diperlukan penggantian cairan radiator secara berlaka. Idealnya saat sudah menempuh jarak 60.000 kilometer. Cara ini juga termasuk dalam bagian perawatan mobil berkala.

Kesimpulan

Bagaimana sobat otoberita? Sudah mengerti kan sekarang, bagaimana cara tepat dalam perawatan mobil berkala yang perlu dilakukan?

Sedini mungkin upaya itu dilakukan untuk meminimalisir terjadinya kerusakan disetiap komponen mobil. Lantaran, beberapa bagian tersebut kerap diabaikan oleh para pemula. Jadi patut anda terapkan referensi tips mobil itu sebaik mungkin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *