Tips Mudah Merawat Motor Tua Agar Tetap Awet
TIPS OTOMOTIF

Tips Mudah Merawat Motor Tua Agar Tetap Awet

OTOBERITA.com – Di Indonesia kini banyak orang yang mempunyai hobi membeli atau mengkoleksi motor tua. Adapun faktor yang menjadi dasar para kolektor begitu mencintai sebuah motor tua lawas. Selain terdapat keunikan tersendiri juga sudah tidak masuk lagi basis produksi alias discontinue. Bila anda salah satunya dari para pecinta motor tua, maka sebaiknya harus faham mengenai cara mudah merawat motor tua.

Mengingat sebagai pemilik motor tua, banyak sekali konsekuensi yang biasa dihadapi. Mulai dari motor kurang performanya, bahkan suku cadang atau spare part yang perlu diganti sulit tuk didapatkan.

Sehingga untuk meminimalisir hal tersebut. Anda harus mampu memahami bagaimana tips merawat motor tua yang mudah. Agar motor awet serta performa mesin tetap bagus seperti motor baru pada umumnya. Dengan begitu motor tua klasik anda akan selalu nyaman untuk dikendarai.

Tips Mudah Merawat Motor Tua Agar Tetap Awet

Tips Mudah Merawat Motor Tua Lawas

Berikut di bawah ini prosedur atau tutorial merawat sepeda motor tua lawas yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah.

1. Selalu Menjaga Agar Motor Tidak Mudah Berkarat

Motor yang sudah berusia lanjut alias tua, permasalahan yang besar terjadi ialah motor berkarat. Apalagi motor anda itu seperti Honda C70, Honda CB100 dan daftar motor tua lainnya. Komponen yang umum rentan terkena karat ialah pada rantai motor. Dengan begitu sebaiknya secara rutin melumasi bagian rantai tersebut agar kinerjanya selalu optimal seperti biasanya.

2. Selalu Cek Kondisi Aki Motor Secara Berkala

Tips mudah merawat motor lawas tua selanjutnya ialah melakukan pengecekan terhadap komponen aki secara berkala. Setidaknya 2 minggu sekali atau sebulan sekali.

Mengingat perannya begitu penting dalam sistem kelistrikan motor. Biasanya pada deretan motor tua, kondisi aki sering mengalami kerusakan. Cara mengatasinya cukup mudah yaitu mengganti dengan aki baru. Dan cara alternatif lain ialah membeli alat pengisi daya aki yang terjual bebas di toko aksesoris motor.

3. Melakukan Pergantian Ban Motor Tua, Bila Sudah Aus

Pastikan anda mengecek kondisi ban motor tua, bila sudah aus. Sebaiknya segeralah mengganti ban dengan yang baru. Agar nantinya ketika anda berkendara motor tua tidak mengalami hal seperti ban motor meletus. Dikarenakan ban luar motor sudah sangat aus, bahkan kondisi ban sudah hamil atau ada tonjolan pada permukaan ban. Hal ini juga akan menjaga kualitas velg motor tetap terjaga dengan baik, meski sudah termakan oleh usia.

4. Rutin Ganti Oli dan Service Motor Tua

Perlu anda ketahui mesin motor lawas, biasanya harus dirawat secara intens. Agar performanya tetap bagus seperti sedia kala. Salah satunya dengan melakukan pergantian oli mesin yang berkualitas bagus secara berkala. Biasanya maksimal 3 bulan sekali atau ketika sudah mencapai 2000 Kilometer. Untuk biaya pergantian oli mesin mulai Rp 40 ribu hingga Rp 60 ribu tergantung merk oli mesin motor.

Selain itu bukan hanya motor baru yang mendapatkan perawatan khusus. Motor tua juga harus begitu, apalagi soal servis motor secara berkala itu perlu diterapkan. Tujuannya untuk mencegah kerusakan pada mesin motor, sehingga sedini mungkin dilakukan pengecekan. Untuk biaya servis motor tua biasanya mulai Rp 35 ribu hingga Rp 50 ribu.

5. Jangan Lupa Pilih Bahan Bakar Yang Sesuai

Selain cara merawat motor tua, jangan lupa anda selalu menggunakan bahan bakar yang sesuai. Pilihlah setidaknya yang mempunyai kadar oktan tinggi agar kinerja sistem pembakaran menjadi lebih efisien. Salah satunya jenis bahan bakar pertamax lebih bagus, ada juga pertalite yang memiliki kadar oktan di bawah pertamax dengan harga lebih miring.

Tujuan pemilihan bahan bakar yang sesuai tak lain untuk menghindari timbulnya kerak di sistem pembakaran pada sepeda motor tua lawas.

6. Rajin Mencuci Sepeda motor Tua

Agar tampilan motor tua anda selalu bersih dan kinclong meski sudah dimakan usia. Alangkah baiknya secara rutin mencuci sepeda motor tersebut, seminggu dua kali atau sekali saja. Bila anda tidak ada waktu bisa langsung ke tempat pencucian sepeda motor terdekat, dengan biaya ongkos kisaran Rp 8 ribu hingga Rp 15 ribu.

7. Cek Kondisi Busi

Anda perlu juga mengecek di bagian komponen busi. Agar nanti proses pembakaran lebih optimal saat mesin mulai dihidupkan. Dengan kondisi busi selalu bagus, dapat membuat mesin motor tua anda semakin awet meski sudah berusia lanjut. Serta untuk meminimalisir terjadinya kerusakan di sektor mesin. Untuk biaya pergantian busi motor mulai Rp 15 ribu hingga Rp 80 ribu, tergantung merk busi serta kualitas yang dipilih.

Cara Mudah Merawat Sepeda Motor Tua Honda C70

Kesimpulan

Itulah di atas penjelasan mengenai tips mudah merawat motor tua agar awet dan performa motor selalu optimal. Perlu diketahui mungkin soal biaya perawatan motor lawas tua yang begitu rumit. Namun bagi pecinta motor tua itu bukanlah hal yang mahal. Jangan lewatkan berbagai macam tips motor atau mobil hanya di situs halaman berita otomotif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *