Tips Cara Mudah Merawat Kabin Mobil dengan Praktis
TIPS OTOMOTIF

Tips Merawat Kabin Mobil dengan Mudah dan Praktis

OTOBERITA.com – Bagi pemilik mobil biasanya hanya memperhatikan tampilan eksterior saja, padahal bagian interior atau kabin juga perlu. Ruang kabin mobil yang bersih dan terawat membuat kenyamanan tersendiri bagi pengemudi maupun penumpang. Terlebih cara merawat kabin mobil sebenarnya cukup mudah dan simple, bisa dilakukan secara mandiri ketika dirumah saat waktu senggang.

Bahkan para pemula yang baru mempunyai mobil baik bekas atau baru bisa melakukannya. Di situs halaman berita otomotif ada banyak sekali tutorial yang membahas mengenai tata cara termudah merawat kabin mobil. Mulai dari awal hingga akhir. Lantas, apa saja yang perlu dibersihkan dalam interior mobil? Yuk, simak ulasan di bawah ini sobat otoberita.com

Beberapa Bagian Interior Yang Wajib dibersihkan

Tips Cara Mudah Merawat Kabin Mobil dengan Praktis

1. Setir Mobil

Salah satu bagian interior tersebut memang selalu mendapatkan sentuhan tangan. Maka tak bisa dipungkiri harus dibersihkan secara rutin atau berkala. Dalam membersihkan setir mobil perlu menggunakan cairan pembersih sesuai dengan bahannya.

Seperti contoh bila setir mobil terbuat dari plastik, maka perlu cairan disinfektan untuk membersihkannya. Sedangkan setir yang berlapis kulit, usahakan memakai leather cleaner agar nampak bersih dan terawat.

2. Kisi-Kisi AC Mobil Alias Lubang AC

Mengingat fitur AC sebagai penyejuk udara. Komponen itu perlu dibersihkan rutin, agar kualitas sirkulasi udara tetap terjaga dengan baik. Bila ada debu yang menempel pada kisi-kisi AC segeralah bersihkan menggunakan lap yang halus.

3. Tuas, Tombol serta Kenop di dalam Mobil

Di bagian interior mobil pasti banyak sekali tombol-tombol, tuas serta kenop. Bagian itu kerap mendapat sentuhan atau dipegang oleh tangan. Sehingga wajar saja rawan terhadap kotoran yang menempel. Perlu dibersihkan ketika waktu senggang, agar kenyaman dalam mengemudi selalu terjaga dengan baik.

Coba anda bayangkan bagian kabin mobil yang kotor, banyak sampah serta debu yang menempel dan bau. Apakah anda nyaman berada di dalam mobil? Jelas tidak. Sehingga kebersihan perlu dilakukan secara rutin paling tidak seminggu sekali. Bahkan lebih baik setiap hari dibersihkan ketika mau mulai memakai mobil untuk rutinitas pekerjaan.

Tips Cara Merawat Kabin Mobil untuk Pemula

Jangan hanya merawat bagian eksterior mobil seperti hanya di cuci saja. Agar tampilan mobil kinclong, tapi bagian kabin kotor. Berikut di bawah ini tutorial sederhana merawat kabin mobil untuk pemula.

Pembersihan Jok Mobil Secara Berkala

Sebagai tempat duduk agar nyaman, tentu perlu dilakukan pembersihan bisa dengan lap kering atau penyedot debu. Paling tidak tiap minggu atau hari libur, bersihkan jok mobil. Itu juga merupakan salah satu cara merawat kabin mobil dengan mudah dan praktis.

Sediakan Pengharum Ruang Kabin Mobil

Salah satu cara termudah dalam merawat interior mobil ialah selalu sedia pengharum ruangan. Dengan aroma wangi yang segar pada kabin, bisa membuat rasa nyaman ketika berada di dalam mobil. Serta untuk meminimalisir bau kabin mobil.

Tapi perlu anda perhatikan dalam memilih pengharum ruang kabin, sebaiknya jangan yang membuat rasa pusing atau wangi yang menyengat. Alangkah baiknya pilih pengharum yang bernuansa smooth.

Baca juga Tips Menghilangkan Bau Rokok Yang Ada Di Kabin Mobil

Bersihkan Dashboard Mobil

Membersihkan Bagian Dashboard Mobil

Bagian dashboard mobil juga perlu mendapat perhatian khusus untuk dibersihkan secara berkala. Bisa menggunakan kemoceng yang berbulu lembut agar sela-sela pada dashboard dapat terjangkau.

Agar dashboard nampak bersih dan mengkilap, biasanya menggunakan bahan biopolish leather care yang dioleskan secara merata. Selain bersih juga bisa untuk melindungi bagian tersebut dari terpaan sinar matahari.

Baca juga Bagaimana Mengenal Indikator Dashboard Mobil?

Jangan Lupa Bersihkan Langit-langit Kabin Mobil

Bagian langit-langit mobil juga perlu dibersihkan, jangan sampai ada sarang laba-laba dikarenakan tidak pernah mendapatkan perhatian khusus.

Cara membersihkannya cukup dilap yang telah dibasahi air secara merata mulai dari depan hingga belakang bagian penumpang. Selanjutnya lap kembali menggunakan lap kering secara merata.

Pakai Karpet Untuk Alas Pada Kabin

Selanjutnya cara mudah merawat kabin mobil ialah pakai karpet sebagai alas kabin. Pilihlah karpet berbahan sintetis agar nanti kotoran berupa pasir atau noda yang menempel dapat dengan mudah dibersihkan secara dicuci serta dijemur.

Cara itu sangat direkomendasikan agar kondisi ruang kabin tetap bersih dan nyaman, serta terhindar dari kotoran alas kaki atau sepatu.

Rutin Periksa Lubang AC Mobil

Bagaimana cara merawat kabin mobil terutama pada lubang AC? yakni dibersihkan secara rutin. Agar sirkulasi udara bersih bisa menyebar ke segala penjuru ruang kabin. Biasanya lubang AC ada dibagian dashboard dan beberapa sisi interior mobil, bersihkan secara menyeluruh. Bila ruang kabin bersih tentu anda akan merasakan nyaman ketika mengemudi.

Kesimpulan

Itulah di atas bagaimana merawat kabin mobil dengan benar dan praktis. Bisa dilakukan di rumah saat waktu senggang. Yang terpenting ruang kabin dalam kondisi yang layak serta terjaga kebersihannya. Semoga referensi merawat kabin pada mobil bekas atau baru tersebut bisa bermanfaat untuk pemula. Sekian dan salam otoberita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *