Tips Menambah Kecepatan Motor Tanpa Bore Up
TIPS OTOMOTIF, OTO MOTOR

Tips Menambah Kecepatan Motor Tanpa Bore Up

Tips Menambah Kecepatan Laju Sepeda Motor – Pada umumnya, semua produk sepeda motor buatan pabrik sudah di rancang, serta di sesuaikan dengan prosedur keamanan yang memadahi. Tujuannya agar pengguna motor jadi lebih aman dan nyaman mengendarai sepeda motor. Termasuk juga pada sektor mesin kendaraan.

Motor dari pabrik kualitas mesin sudah di patenkan. Namun tak menutup kemungkinan para pemilik ingin menambah kecepatan motor lebih kencang dari versi standartnya. Sebab kurang puas dengan kecepatan yang itu-itu saja.

Sehingga tak heran para pemilik motor yang mempunyai hobi memacu andrenalin khususnya di sektor kecepatan motor, melakukan berbagai tips cara menambah tenaga performa mesin jadi lebih gahar dan kencang tentunya.

Salah satu yang kerap pengguna motor lakukan ialah dengan cara memodifikasi bagian mesin, mulai dari bore up atau sejenisnya. Meski sebenarnya tindakan ini sangatlah berbahaya terhadap kondisi mesin, bila settingannya tidak pas atau ideal. Justru dapat membuat mesin motor jadi rusak parah karena penanganan yang tidak sewajarnya.

Untuk itu diperlukan cara memodifikasi sepeda motor yang benar dan tepat, agar tidak berdampak buruk pada sistem permesinan motor kesayangan anda.

Lantas, adakah tips menambah kecepatan sepeda motor untuk harian yang lebih agresif? Penasaran? Yuk simak ulasan berikut ini sobat otoberita.com

Tips Menambah Kecepatan Motor

Tips dan trick yang akan di sampaikan sangatlah mudah, namun tanpa melakukan bore up yang biasanya di lakukan oleh modifikator motor handal. Ada beberapa langkah yang perlu anda terapkan dengan benar dan tepat, agar laju kecepatan motor jadi lebih kencang dari versi standartnya secara mandiri.

Hindari Membebani Piston

Hindari Membebani Piston

Diketahui cara paling ampuh dalam menambah kecepatan sepeda motor pada umumnya ialah mengurangi beban berat piston yang berlebih.

Sebab, beban berat yang di terima piston dapat berdampak pada sistem permesinan jadi lebih keras kinerjanya.

Maka, cobalah anda kurangi beban pada bagian piston agar kinerja mesin motor jadi lebih ringan dan tentunya kecepatan bisa meningkat secara signifikan serta agresif.

Upayakan Perluas Bagian Lubang Pembilasan

Adapun langkah lain dalam penerapan kecepatan laju motor ialah memperluas bagian ruang pembilasan di ruang pembakaran. Cara ini membuat motor kencang melalui karburator.

Lantaran, proses kombinasi antara udara dan gas yang terdapat di sistem pembakaran motor, berdampak besar pada tenaga mesin yang di hasilkan nantinya.

Secara teori, apabila gas yang masuk banyak maka secara otomatis kepadatan gas yang di mampatkan akan lebih tinggi pula. Sehingga kondisi ini mampu membuat peningkatan pada saat kompresi.

Tapi perlu anda ketahui ketika melakukan perluasan pada lubang pembilasan harus pada batas yang normal, sebab kondisi yang terlalu luas juga tidak baik untuk kinerja mesin motor.

Maka agar lebih aman, sebaiknya anda konsultasikan pada mekanik motor yang cukup handal dalam dunia permodifan. Terkait batas aman yang harus di pakai, selain itu perhatikan pula usia motor anda terlebih dahulu.

Perbesar Tenaga Listrik

Di sisi lain cara mendongkrak kinerja kecepatan motor jadi kencang, bisa dengan menambah tenaga listrik pada motor itu sendiri.

Pada umumnya, tenaga listri motor hanya berdaya sebesar 6 volt. Di sini anda bisa menambahkan hingga 12 volt agar mampu memacu tenaga mesin motor jadi lebih besar.

Cara itu merupakan paling ampuh dan efektif guna menambah kecepatan laju motor tanpa melakukan bore up.

Gunakan Ukuran Ban Standart

Gunakan Ukuran Ban Standart

Biasanya modifikator pemula mengganti ukuran ban standart ke ban ceper alias ukuran yang lebih kecil. Dengan alasan beban motor jadi lebih enteng dan performa kecepatan motor bisa meningkat.

Padahal cara itu sebenarnya salah dan bisa membahayakan keselamatan anda sendiri.

Sebaiknya tetap pakai ukuran ban motor standart, sebab sebenarnya ukuran ban tidak berpengaruh besar terhadap kinerja mesin. Jadi kalau hanya sekedar hiasan saja agar motor tampil ciamik, seperti pada motor modifikasi umumnya itu tidak masalah.

Meminimalisir Volume Pada Ruang Bakar

Dalam teori sistem pembakaran pada mesin, semakin tinggi tingkat kompresi, maka tenaga yang di hasilkan akan besar pula, tetapi tentunya motor akan boros bensin.

Meski cara efektif ini adalah sala satu yang biasa di terapkan oleh modifikator pemula dalam hal menambah kecepatan laju sepeda motor.

Untuk itu anda perlu meminimalisir volume pada ruang bakar, dengan cara yang paling ampuh yaitu kurangi volume di sistem pembakaran mesin.

Biasanya dengan melakukan gerinda di bagian kepala silinder. Tujuannya untuk ruang bakar berkurang serta kompresi jadi meningkat.

Bahkan tips menambah kecepatan laju motor ini kerap di lakukan oleh pemilik motor modif yang suka dengan andrenalin yaitu kecepatan yang maksimal.

Modifikasi Bagian Noken As

Modifikasi Bagian Noken As Agar Menambah Kecepatan Laju Sepeda Motor

Sebagaimana yang telah di ketahui bahwa noken as berperan penting dalam akselerasi sepeda motor.

Untuk menjadikan motor lebih kencang dari standartnya, biasanya melakukan cara menggerus bagian noken as dengan nilai yang spesifik.

Jangan sampai anda menggerus noken as asal-asalan, sebab bisa memicu timbulnya suara berisik pada sepeda motor. Sehingga kenyaman dalam berkendara jadi lebih terganggu.

Cara ini terbilang cukup efektif guna mendongkrak performa kecepatan motor. Tapi alangkah baiknya konsultasikan dahulu pada mekanik agar di kasih solusi yang tepat dalam menggerus noken as batas-batasnya.

Pakai Busi Standart Pabrik

Pakai Busi Standart Pabrik

Terakhir dalam tips menambah laju kendaraan agar mendapatkan performa mesin yang optimal, ialah dengan cara memilih busi berkualitas unggul sesuai standart pabrik.

Hindari membeli busi imitasi atau tidak original, sebab mampu merusak komponen terkait sistem pembakaran pada sepeda motor.

Mengingat peran busi sangat penting dalam memicu pembakaran. Jadi apabila kualitas busi minim akan berdampak pada tenaga yang di hasilkan kurang optimal. Maka anda perlu memperhatikan di sektor tersebut, sebelum mulai modifikasi motor keren. Bahkan cara itu termasuk salah satu membuat motor kencang dengan biaya murah.

Akhir Kata

Di lihat dari langkah – langkah tips menambah kecepatan laju sepeda motor di atas, tampaknya tidak begitu rumit untuk di lakukan. Terutama modif mesin motor.

Adapun cara paling mudah yang bisa anda lakukan ialah mengurangi beban piston, pakai ukuran ban sesuai standart pabrik, serta pemilihan jenis bahan bakar yang ideal sesuai kebutuhan kadar oktan.

Di harapkan metode meningkatkan laju motor jadi lebih agresif dan enteng, tanpa melakukan bore up bisa bermanfaat untuk anda yang ingin memacu andrenalin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *