ingin tahu cara memilih oli mesin bagi pemula
TIPS OTOMOTIF

Tips Memilih Oli Mesin Mobil Yang Benar dan Tepat

Ingin tahu, cara memilih oli mesin mobil yang tepat dan benar sesuai dengan spesifikasi mesin? Cek Yuk di bawah ini.

Tips Memilih Oli Mesin Mobil – Sebagai pemilik mobil memang harus melakukan perawatan, untuk menjaga kondisi mesin mobil tetap optimal. Lantaran, sektor mesin merupakan jantung mobil yang berperan sangat penting sebagai penunjang performa ketika dikendarai.

Dan dalam melakukan proses perawatan mesin, salah satu yang jadi pusat perhatian ialah memilih oli untuk mesin mobil. Dengan berbagai langkah yang tepat dalam memilih oli sesuai spesifikasi mobil, agar performa semakin terjaga serta terjamin kualitasnya.

Sehingga topik pembahasan mengenai cara memilih oli mesin mobil ini, merupakan suatu informasi yang begitu penting untuk disampaikan, khususnya pengguna mobil yang masih pemula.

Meski pada kenyataan, penerapan memilih oli mesin merupakan hal yang relatif mudah. Tapi tidak bagi sebagian orang yang masih bingung mengenai permasalahan tersebut. Maka diperlukan pengetahuan yang mendetail, supaya oli mesin cocok dengan spesifikasi yang dipakai pada mobil kesayangan anda.

Berikut kami sampaikan informasi yang mudah dipahami soal pilih oli mesin mobil terbaik dan tepat. Tujuannya tak lain agar mobil jadi lebih awet dan tidak mudah mengalami kerusakan pada mesinnya.

Ciri-Ciri Oli Mesin Pada Mobil Perlu Diganti

Sebelum membahas topik utama tersebut, alangkah baiknya ketahuilah beberapa ciri oli mesin mobil sudah saatnya diganti dengan yang baru. Berikut penjelasannya sobat otoberita.

Indikator Oli Mesin Telah Menyala

Pada umumnya indikator oli mesin terdapat pada bagian dashboard. Dan apabila lampu indikator telah menunjukkan atau mengisyaratkan menyala. Maka secara otomatis memberikan anda tanda bahwa oli mesin sudah waktunya diganti.

Meski sebenarnya jangan sampai menunggu indikator oli harus menyala dahulu. Lebih baik sesegera mungkin ganti oli bila sudah mencapai batas wajar yang ditentukan. Indikator oli mesin, berbentuk menyerupai sebuah corong dengan tetesan oli.

Suara Mesin Terdengar Kasar

Ciri oli mesin perlu diganti lainnya ialah sudah terdengarnya suara kasar pada mesin. Hal ini umumnya terjadi karena suatu proses gesekan antara dua komponen mesin pada mobil. Yang mana oli sudah mulai habis atau kualitasnya sudah menurun, maka secara otomatis akan terdengar suara kasar.

Lantaran, fungsi oli sendiri bisa sebagai peredam gesekan antar komponen pada mesin. Sehingga bila anda sudah mendengar suara kasar gesekan pada mesin, ini petanda oli harus segera diganti.

Warna Oli Sudah Berubah Hitam Pekat

Selanjutnya ada tanda berupa warna oli sudah mulai hitam pekat. Ini merupakan tanda bahwa kualitas oli mesin sudah menurun dratis dan waktunya diganti. Ciri itu timbul karena oli sudah terkontaminasi oleh panas yang disebabkan oleh kinerja mesin itu sendiri.

Respon Pada Mesin Mulai Menurun

Diketahui fungsi utama oli sebagai pelumas mesin, agar kinerja jadi lebih ringan. Karena oli sendiri memiliki sifat yakni licin.

Namun, jika kondisi oli sebagai pelumas sudah memburuk. Akan berdampak pada responsifitas mesin turut turun. Karena gesekan komponen mobil menjadi terasa lebih berat.

Cara Tepat Memilih Oli Mesin Mobil Yang Benar Untuk Pemula

Tips Pilih Oli mesin mobil yang tepat

Setelah anda memahami berbagai ciri-ciri oli mesin di atas yang menandakan waktunya diganti dengan yang baru. Selanjutnya anda perlu pahami mengenai cara memilih oli mesin mobil berkualitas dan telah teruji dengan baik. Mau tahu? Berikut penjelasannya di bawah ini.

Pilih Oli Mesin Sesuai Spesifikasi

Apa sih maksudnya? mungkin itu ungkapan anda ketika ingin ganti oli mesin sesuai spesifikasi.

Pemilihan tipe oli mesin memang hukumnya wajib. Lantaran, tingkat kekentalan oli sebagai pelumas, berperan penting melumasi disetiap sela-sela komponen pada mesin mobil.

Biasanya tingkat kekentalan ini sudah tertera pada nomor kode SAE (Society of Automotive Engineer). Maka semakin besar angka SAE, menandakan pelumas mesin itu lebih kental secara strukturnya.

Tingkat kekentalan oli mesin inilah yang berperan begitu kuat pada kinerja mesin. Mengingat oli yang berkualitas terbaik mempunyai tingkat kekentalan yang tinggi. Agar nantinya daya tahan terhadap kondisi mesin suhu rendah dan suhu tinggi tetap stabil.

Kesimpulannya, pilihlah oli dengan kekentalan disesuaikan spesifikasi mobil anda sendiri.

Pilih Oli Yang Sudah Punya Sertifikat Resmi

Selain tingkat kekentalan, pilih oli yang sudah bersertifikat resmi memang perlu dilakukan. Merk oli yang berkualitas biasanya sudah punya sertifikat resmi, dan telah teruji kualitasnya. Maka sangat direkomendasikan sekali untuk mobil kesayangan anda.

Dan tentunya membuat performa mesin jauh lebih optimal dan awet. Meski tidak harus mahal, yang penting sesuai dengan spesifikasi mesin mobil anda.

Pakai Oli Standart Pabrik

Anda juga bisa memilih oli mesin mobil yang telah direkomendasikan oleh pabrik. Cara ini paling mudah dan tepat untuk pemilihan oli yang cocok untuk tipe mobil anda.

Biasanya tipe atau merk oli yang rekomendasi telah ditulis pada panduan mobil tentang oli mesin mobil sesuai kebutuhan.

Kesimpulan

Itulah di atas, referensi terbaik mengenai pemilihan oli mesin yang rekomendasi dan tepat sasaran. Diharapkan anda sebagai pemula jadi lebih tahu dan memahami tipe oli apa yang cocok untuk mobil pribadi anda.

Selain itu ciri-ciri oli mesin perlu diganti sesuai yang telah dijelaskan, bisa membantu anda menentukan kapan waktu tepat ganti oli mesin mobil. Dan yang paling penting pilih oli sesuai spesifikasi mobil agar kinerjanya lebih maksimal.

Semoga penjelasan tentang cara memilih oli mesin mobil terbaik bisa anda terapkan sendiri, serta bermanfaat. Sampai jumpa kembali sobat otoberita di kategori tips mobil lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *