Tips Membersihkan Rantai Sepeda Motor
TIPS OTOMOTIF

3 Tips Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Benar

Tips membersihkan rantai sepeda motor – Kompenen sepeda motor semuanya saling berhubungan untuk bisa jalan dengan baik, kondisi mesin dan juga adanya bahan bakar minyak membuat motor berkerja dengan baik.

Dan sebenarnya komponen yang juga paling pokok dan menentukan bahwa sepeda motor anda bisa berjalan cepat dan nyaman di jalanan tentunya juga tak lupa dengan yang namanya rantai motor.

Benar sekali, rantai motor yang kuat dan bersih akan memberikan putaran yang seimbang antara ban dan juga gear motor. Rantai motor merupakan komponen penting untuk sepeda motor, yang mana jika tidak ada rantai motor ini jelas sekali motor tidak akan bisa berjalan dengan baik.

Mungkin kita sebagai pengendara motor pernah merasakan beberapa kejadian seperti rantai putus, kemudian rantai lepas dan juga rantai yang berkarat sehingga merusak gigi gear motor kita. Hal ini bisa berakibat fatal pada saat kita melakukan perjalanan jauh.

Memasang rantai motor terlalu kencang dan juga kendor juga menjadi masalah tersendiri. Untuk itu penting sekali dalam menerapkan tips membersihkan rantai sepeda motor.

Misalnya saja anda memasang rantai motor dengan kencang, maka bisa di pastikan untuk jarak beberapa kilo saja rantai bisa saja putus. Sebaliknya kalau anda memasang rantai motor terlalu kendor maka untuk melaju terlalu kencang bisa lepas ataupun putus.

Jadi rantai motor harus bisa dirawat dengan baik dan juga di setting dengan sempurna, sehingga pada saat digunakan membuat pengendara menjadi nyaman dan tidak was-was juga.

Penyebab Rantai Mudah Rusak

  • Menggunakan Gear Modifikasi
  • Memasang rantai motor terlalu kencang
  • Merenggangkan rantai motor menjadi lebih kendur
  • Tidak pernah memberikan minyak oles untuk memperlancar peputaran rantai motor
  • Dan juga masih banyak lagi lainnya.

Oleh karena itu kita juga perlu tahu cara yang tepat untuk memperbaiki atau tips membersihkan rantai sepeda motor kendaraan anda dengan benar. Ingin tahu seperti apa simak langsung ulasannya dibawah ini yah.

Tips Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Kotor

Tips Membersihkan Rantai Sepeda Motor Yang Kotor

1. Olesi Dengan Oli

Tips membersihkan rantai sepeda motor yang pertama ialah menggunakan oli motor untuk mengolesi setiap bagian rongga dari rantai motor anda. Tujuannya agar rantai motor awet dan tahan lama. Dengan begitu bisa membuat kinerjanya menjadi lebih maksimal dan tetap terawat dengan baik.

2. Cuci Dengan Menggunakan Air Bersih

Kemudian yang kedua dalam tips membersihkan rantai sepeda motor pada saat anda mencuci motor. Anda jangan lupa untuk mencuci rantai motor anda caranya dengan menggunakan sikat cuci, beri sedikit saja sabun dan kemudian gosok dengan merata hingga rantai benar-benar bersih dan terlihat seperti baru.

Langkah terakhir setelah anda cuci anda bisa menggunakan oli motor yang masih bagus untuk melumasinya.

3. Gunakan Bensin

Anda juga bisa menggunakan bensin untuk tips membersihkan rantai sepeda motor anda dengan mudah. Caranya dengan mengambil bensin di sebuah kain kering, kemudian gosokan pada permukaan rantai, atau juga bisa menggunakan sikat gigi yang sudah tidak dipakai.

Celupkan kedalam bensin dan gunakan untuk membersihkan pada bagian rongga-rongga rantai motor anda, lakukan 1 minggu sekali untuk membersihkan dan melakukan perawatan yang benar terhadap rantai motor kendaraan anda.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa penyebab beserta dengan tips membersihkan rantai sepeda motor dengan mudah dan juga tepat, lakukan terus untuk mendapatkan hasil yang bagus dan juga terawat dalam jangka waktu yang cukup lama. Ok sahabat otoberita sampai disini dulu artiikel kita kali ini. Selamat mencoba dan semoga berhasil yah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *