TIPS OTOMOTIF

Tips Ciri Mobil Bekas Tidak Layak Dibeli

OTOBERITA.com – Bagi sebagian orang membeli unit mobil bekas, merupakan salah satu pilihan dikarenakan budget yang terjangkau alias pas-pasan. Mengingat harga mobil baru lebih mahal di bandingkan beli mobil bekas berkualitas, soal rentan harga terbilang cukup banyak juga. Biasanya pembeli mobil bekas itu semakin banyak peminatnya ketika mendekati musim mudik, terkait mobil seken selalu ada di pasaran karena produsen mobil selalu meluncurkan produk baru disetiap tahunnya.

 

Memilih mobil bekas berkualitas itu merupakan cara yang paling mudah, namun dibalik itu anda harus terlebih dahulu mengetahui beberapa ciri mobil bekas yang sebenarnya sudah tidak layak untuk dibeli. Mengapa demikian? Agar anda tidak tertipu karena tampilan luar mobil yang terlihat masih bagus dan kinclong, tetapi di dalamnya sudah tidak layak namun dipermak sedemikian rupa agar nampak baik. Ini biasanya trick para penjual yang melakukan kecurangan dalam menjual mobil seken.

 

Salah satu cara pedagang mobil seken melakukan kecurangan di bagian odometer dengan mengakali kilometer mobil menjadi lebih rendah. Tujuannya mengelabuhi anda sebagai pembeli mobil, sebab biasanya mobil dengan kilometer rendah memiliki banderol harga relatif lebih tinggi. Sehingga anda perlu mewaspadai dan lebih teliti dalam membeli mobil berkas terutama melihat angka kilometer.

Tips Ciri Mobil Bekas Tidak Layak Dibeli

Cara paling mudah mengetahui ciri mobil bekas yang angka kilometernya dirubah ialah mobil bekas berumur empat tahun atau lebih dengan angka kilometer masih 15 ribu hingga 20 ribu, itu patut anda curigai karena logikanya itu hal yang mustahil. Jadi anda sebagai calon pembeli seharusnya tidak langsung percaya terhadap penjual mobil tersebut. Perilaku kecurangan ini memang hal yang lazim dilakukan ketika musim penjualan mobil bekas yang tinggi.

 

Bahkan untuk seri mobil modern masa kini yang menggunakan odometer digital pun bisa diakali tanpa membongkarnya, dan caranya cukup mudah hanya dengan cara mereset melalui sistem computer. Berbeda dengan mobil lawas pada umumnya yang harus dibongkar dan biasanya meninggalkan jejak bahwa bagian tersebut pernah dilepas. Namun cukup disayangkan kecurangan dalam melakukan reset odometer mobkas modern sulit untuk diketahui mengingat tricknya cukup bersih tanpa ada jejak sama sekali.

 

Jadi intinya ketika anda beli mobil bekas berkualitas, pastikan secara teliti memeriksa seluruh komponen mobil mulai dari eksterior mobil, interior serta fungsi-fungsinya dan lakukan test drive juga. Dan terutama bagian odometernya jangan sampai tertipu angka kilometer rendah namun usia mobil sudah lebih dari lima tahun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *