Tombol AC Mobil Terbaru 2020
TIPS OTOMOTIF

Tips Cara Sederhana Untuk Merawat AC Mobil

OTOBERITA.com – Pada setiap mobil keluaran terbaru atau lawas biasanya memiliki sistem pendingin AC, fitur wajib ini memang sangat perlu ada. Mengingat fungsinya sebagai pembuat sirkulasi udara menjadi dingin dan nyaman ketika mengemudi. Apalagi saat kondisi cuaca tidak menentu serta kondisi sedang macet di perjalanan, peran AC mobil sangat penting. Tak bisa dipungkiri sehingga merawat AC mobil sangat diperlukan, agar fitur modern tersebut bisa berfungsi dengan baik.

Menariknya hadirnya AC mampu membuat hilang kabut yang berada di kaca depan mobil, ketika musim hujan melanda dan anda sedang berkendara. Namun seringnya pemakaian AC pada mobil, bisa membuat kinerja AC tidak begitu maksimal. Masalah umum yang terjadi saat AC mobil rusak, ialah udara yang dihasilkan tidak begitu dingin. Sehingga cukup mengganggu saat melakukan aktifitas mengemudi sehari-hari. Maka dari itu ketahuilah sejak dini, penyebab AC mobil rusak dan cara mengatasinya dengan mudah.

Kendati demikian ada beberapa orang beranggapan bahwa AC mobil tidak dingin mungkin disebabkan oleh freon sudah habis dan waktunya isi ulang. Padahal perlu anda ketahui freon pada AC mobil sebenarnya tidak akan bisa habis dalam kurun waktu yang cukup lama. Sehingga apabila freon pada AC cepat berkurang atau habis, mungkin terdapat beberapa kebocoran serius pada sistem pendingin AC mobil anda.

Dengan begitu anda perlu secara teliti mengecek sistem pendingin AC sebelum melakukan tindakan, agar tidak sia-sia. Selain merawat AC mobil secara berkala, anda perlu mengetahui penyebab umum AC mobil tidak dingin.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Tips Cara Merawat AC Mobil Idaman dengan Benar

1. Selang atau Pipa AC Mengalami Kebocoran

Telah dimakan usia mungkin itu ungkapan yang cocok sekali untuk menggambarkan situasi saat selang atau pipa AC sedang bocor. Sehingga bila terjadi kebocoran pasti akan berimbas pada berkurangnya freon melalui lubang kebocoran. Cara mengatasinya cukup mengganti selang atau pipa AC dengan yang baru.

2. Pentingnya Cek Kondisi Kondensor dan Evaporator

Selanjutnya penyebab ac mobil tidak dingin bisa jadi karena kerusakan pada evaporator dan kondensor. Biasanya sudah termakan usia juga part tersebut, atau bisa juga karena benda maupun kotoran seperti kerikil yang menyumbat. Untuk itu anda perlu mengecek bagian tersebut secara berkala.

3. Kondisi Kompresor Bermasalah

Terakhir penyebab ac tidak dingin mungkin karena kondisi kompresor sedang dalam masalah. Tandanya ada bunyi dari ruang mesin tepatnya di bagian kompresor AC. Pastikan pula putaran kompresor stabil cenderung kencang tidak lamban.

Untuk permasalah itu sebaiknya jangan langsung mengambil keputusan tanpa adanya pengecekan terlebih dahulu. Seperti langsung saja menambah freon AC saat sistem pendingin tidak lagi dingin.

Selain pentingnya mengetahui penyebab ac mobil tidak dingin atau rusak, berikut tips sederhana cara merawat AC mobil agar tetap bekerja dengan normal.

Cara Mudah Merawat AC Mobil Untuk Pemula

Tombol AC Mobil Terbaru 2020

1. Pastikan Ruang Kabin Mobil Bersih

Ingatlah pepatah mengatakan kebersihan sebagian dari iman. Maka dari itu anda sebagai pemilik mobil wajib membersihkan ruang kabin. Agar selalu bersih dari kotoran atau debu yang bisa menempel pada bagian kabin, terutama lubang ac mobil.

2. Saat AC Menyala, Hindari Membuka Lebar Kaca

Jangan menjadi kebiasaan ketika menyalakan ac mobil, tapi jendela mobil terbuka dengan lebar. Alangkah baiknya tutup semua jendela, saat ingin menyalakan ac pada mobil.

3. Hindari Merokok di dalam mobil Ketika AC Menyala

Bagi pecinta asap alias merokok, alangkah baiknya saat anda merokok pastikan ac mobil dalam keadaan mati serta membuka lebar jendela mobil. Selain agar bau rokok tidak menyelimuti ruang kabin, cara itu salah satu merawat ac mobil dengan benar.

4. Rutin Cek Kondisi Kondensor AC Mobil

Usahakan anda juga selalu melakukan perawatan rutin pada bagian kondensor ac mobil. Caranya cukup mudah yaitu ketika mencuci mobil idaman, bersihkan juga kotoran atau debu yang menempel pada komponen kondensor ac. Sebab bila tidak dibersihkan akan menyebabkan korosi dan kebocoran.

5. Rutin Membersihkan Filter Kabin

Ketika anda merawat AC secara berkala saat melakukan servis di spesialis ac mobil. Usahakan untuk membersihkan pula bagian filter kabin. Dan jika memang dirasa perlu waktunya diganti segera ganti dengan yang baru.

6. Rutin Melakukan Servis Berkala Pada AC Mobil

Poin keenam ialah pentinya merawat ac mobil dengan melakukan servis secara berkala. Baik itu komponen sistem pendingin ac yang sudah waktunya diganti dan lain sebagainya. Tujuannya agar kinerja sistem pendingin ac mobil dapat bekerja dengan baik.

Kesimpulan

Itulah di atas penjelasan mengenai cara merawat ac mobil dengan benar serta penyebab ac mobil tidak dingin. Semoga referensi tersebut bisa menambah wawasan tentang AC mobil dan cara mengatasinya. Bila ada pertanyaan lain, silahkan utarakan pendapatmu di komentar bawah ini. Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *