Tangki motor anda kotor, begini cara membersihkannya
TIPS OTOMOTIF

Tangki Motor Anda Kotor, Berikut Cara Membersihkannya !

OTOBERITA.com – Pernahkah sobat otoberita mengalami mesin motor kerap mati serta sulit untuk dinyalakan? Hal ini tak lepas dari faktor penyebab utamanya yakni kondisi mesin itu sendiri.

Selain itu bisa juga disebabkan oleh tangki bensin yang kotor, sehingga menyumbat aliran bensin yang akan disalurkan ke ruang pembakaran mesin.

Apalagi kondisi tangki motor anda kotor ini tidak bisa dilihat, karena memang gelap serta letaknya di dalam. Tapi bila anda sudah tahu Teknik membersihkannya, tentu hanya dalam waktu 30 menit saja sudah cukup.

Adapun alat yang perlu anda siapkan diantaranya sebagai berikut :

  • Jurigen kosong atau wadah penampung bahan bakar.
  • Selang kecil transparan panjangnya kurang lebih satu meter.
  • Saringan kecil.

Langkah Membersihkan Tangki Motor Kotor

Setelah anda mempersiapkan alat tersebut, langkah pertama yang anda lakukan untuk membersihkan tangki motor kotor ialah masukkan ujung selang transparan tadi ke dalam tangki bahan bakar. Selanjutnya ujung satunya dari selang tersebut mengarah ke jurigen kosong atau wadah penampung.

Langkah kedua, coba anda hisap perlahan selang yang menuju wadah tadi hingga keluar bensinya. Lalu letakkan pada wadah tersebut tepat di bawah saringan kecil untuk memisahkan kotoran dengan bahan bakar.

Namun ketika anda melakukan itu dan bensin keluar, cobalah untuk menggerak-gerakkan selang yang terdapat di dasar tangki. Cara ini bertujuan agar kotoran di dalam tangki bisa ikut terhisap oleh selang tadi.

Tapi jika kotoran sekiranya masih ada lakukan hal tersebut tadi, mulai langkah pertama hingga kedua. Sebelumnya masukkan kembali bensin yang sudah tersaring bersih ke dalam tangki bahan bakar motor dahulu.

Tips membersihkan tangki motor anda yang kotor itu setidaknya dilakukan setiap satu bulan sekali. Jangan lupa selalu pakai bahan bakar berkualitas yang memiliki kadar oktan tinggi, seperti Pertamax.

Dengan begitu selain menjadikan tangki motor tidak mudah kotor, juga membuat pembakaran pada ruang bakar kendaraan semakin optimal. Bahkan bisa membuat mesin motor anda jadi lebih awet dan tahan lama. Baca juga Ingin Tahu, Penyebab Gas Sepeda Motor Nyangkut !

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *