Penyebab suara kabin mobil berisik
TIPS OTOMOTIF

Suara Kabin Mobil Anda Berisik? Berikut Cara Mengatasinya

OTOBERITA.com – Ada saja masalah yang biasanya menghantui pemilik mobil, salah satunya suara kabin mobil berisik. Tak heran hal itu membuat kenyamanan terganggu. Sehingga begitu penting sekali bagi anda mengetahui penyebab suara berisik di kabin mobil. Serta tentunya cara mengatasinya dengan tepat dan benar.

Tak jarang orang mengetahui, sebenarnya mudah sekali mengatasi kabin mobil berisik. Menurut laman Dahaitsu Indonesia, berikut tips ampuhnya.

Ganti Oli Gardan

Ganti Oli Gardan Mobil Untuk Atasi Suara kabin mobil berisik

Cara ini berlaku, apabila bunyi berisik itu berasal dari gardan mobil. Cara mengatasinya cukup mudah sekali, yaitu ganti oli gardan dengan kekentalan sesuai rekomendasi pabrikan. Bagaimana begitu mudah kan?

Namun, bila terjadi kerusakan di bagian gardan pastinya harus diganti dengan yang baru. Tapi ada cara alternatif untuk mengakali kerusakan yang tidak begitu parah pada gardan, dengan cara menyetel ulang.

Perlunya Ganti Komponen Yang Rusak

Penyebab suara kabin mobil berisik

Penyebab suara berisik di kabin mobil bisa juga dikarenakan ada masalah di bagian kaki-kaki mobil. Biasanya bunyi itu kerap terdengar ketika anda melaju di kecepatan 50 km/jam atau lebih.

Pastikan anda mengecek bagian bushing arm, apakah sudah aus atau pecah? Selain itu komponen lain seperti shockbreaker, ball joint, dan tie road. Apabila telah rusak, sebaiknya langsung diganti baru.

Perlu Pelumas Grease

Gesekan antar logam yang terdapat di bagian dalam kabin, bisa jadi penyebab utama suara berisik. Cobalah anda periksa untuk mengetahui secara detail asal bunyi tersebut. Untuk mengatasinya cukup mudah yaitu dengan melumasi pakai grease.

Pastikan Anda Pasang Peredam Suara

Bila kedapatan bunyi berisik berasal dari dalam kabin mobil. Anda perlu memasang peredam suara, yang terbuat dari bahan karet berlapis alumunium foil. Namun di pasaran aksesoris mobil ada juga yang berbahan glasswool dan aspal.

Pemasangan peredam suara yang tepat ialah di bagian dasar kabin mobil. Tujuannya untuk mengurangi suara percikan air saat hujan atau suara decitan ban mobil.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab suara kabin mobil berisik yang kerap terjadi dan langkah tepat dalam mengatasinya. Semoga ulasan di atas membatu masalah anda tentang mobil berisik. Sampai jumpa di lain waktu untuk membahas berbagai tips otomotif.

One Reply to Suara Kabin Mobil Anda Berisik? Berikut Cara Mengatasinya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *