September 19, 2020

Punya Motor Vespa Tua? Tips Merawatnya Khusus Pemula

OTOBERITA.com – Bagi yang memiliki motor vespa tua, alangkah baiknya anda perlu melakukan perawatan yang benar dan tepat. Agar motor vespa bisa selalu tampil prima ketika digunakan. Lantaran potensi kerusakan pada vespa kerap terjadi dikarenakan usianya yang terbilang sudah menua. Disisi lain, motor tipe skutik itu mempunyai sistem mekanisme yang berbeda dari motor lain pada umumnya.

Nah, sebagai penghobi motor tua khusunya model vespa untuk pemula. Berikut di bawah ini cara merawat motor vespa tua agar performa tetap maksimal. Ditambah lagi kualitas motor vespa selalu terjaga dengan baik.

Cara Mudah Merawat Motor Vespa Tua Yang Benar

Tips Bagi Pemula Untuk Merawat Motor Vespa Tua

Motor vespa lawas memang hingga kini masih menjadi primadona pecinta motor rosok. Mengendarai vespa dijalanan menjadi suatu hal yang menarik tersendiri, karena modelnya yang unik serta suara knalpot vespa begitu identik sekali. Bodi motor vespa tua pada umumnya ialah berbahan besi, maka rentan sekali terjadi korosi alias berkarat.

Sehingga perlu melakukan perawatan ekstra pada motor vespa kuno agar selalu tampil menarik dan kondisi mesin bekerja dengan baik. Lantas, bagaimana cara mudah merawat motor vespa tua? Simaklah tips jitu terbaik di bawah ini.

1. Pakai Bahan Bakar Berkualitas Agar Tangki Tidak Mudah Berkerak

Sebagai pemilik motor vespa, perlunya mengisi bahan bakar berkualitas agar tangkinya tidak mudah berkerak. Pilihlah bahan bakar yang punya kadar oktan tinggi seperti pertamax.

Selain menjaga tangki bahan bakar lebih awet, juga mampu membuat sistem pembakaran pada mesin lebih efisien. Dengan begitu ketika mesin motor dinyalakan menjadi lebih mudah.

2. Pilih Oli Samping Yang Berkualitas

Untuk merawat motor vespa tua selanjutnya ialah memilih oli samping khusus yang berkualitas. Sudah banyak dijual di pasaran, merek oli samping rekomendasi terbaik dengan harga oli yang biasanya relatif mahal.

Meski mahal, itu tidak masalah untuk penghobi motor tua. Karena mampu menjaga kinerja mesin lebih optimal dan tidak meninggalkan kerak yang dapat merusak mesin motor. Cara ini bisa dilakukan ketika anda melakukan servis motor vespa secara berkala.

3. Gantilah Oli mesin Sebulan Sekali

Rutin mengganti oli mesin pada motor vespa rosok setiap sebulan sekali. Ini hal yang wajib, guna menjaga performa pada mesin tua lebih maksimal. Apalagi mesin tua rentan rusak maka diperlukan pelumas mesin yang selalu diperbaharui.

Sehingga tak heran motor vespa tua yang berkualitas berharga mahal, karena mencerminkan pemiliknya rajin merawatnya dengan baik.

4. Periksa Selalu Kondisi Aki Vespa

Selalu memeriksa bagian kondisi aki vespa merupakan salah satu cara tepat merawat vespa motor tua. Sebab komponen tersebut akan terisi arus listrik dengan baik saat mesin motor dihidupkan. Apabila aki rusak maka arus listrik tidak akan bisa mengisinya dengan normal. Sehingga komponen seperti lampu sein, klakson motor tidak dapat berfungsi dengan baik. Itu akan menjadi suatu kendala bagi pemilik motor tua vespa.

Pastikan kutup positif pada aki selalu bersih, karena kerap terjadi penggumpalan yang diakibatkan perubahan suhu air aki yang memanas dan menguap nantinya. Maka kontrol secara rutin, minimal seminggu sekali. Untuk mencegah dampak buruk terjadi.

Sebaiknya saat motor vespa tidak digunakan sama sekali, alangkah baiknya lepas bagian kutup positif aki. Agar motor vespa tetap awet.

5. Pastikan Mengecek Kondisi Karburator

Service Motor Tua Vespa Lawas

Sebagaimana yang telah kita ketahui bahwa motor vespa lawas pada umumnya masih pakai karburator. Sangat disarankan mengecek kondisi karburator vespa secara rutin. Minimal dua minggu sekali. Tujuannya agar akselerasi vespa tetap normal tanpa adanya kendala. Dan apabila karburator kotor segeralah bersihkan dengan benar dan tepat.

6. Selalu Rawat Bagian Kran Bensin

Hal ini dilakukan agar penyaluran bensin ke karburator selalu baik tidak tersendat-sendat dikarenakan kran besin kotor. Sehingga membuat performa vespa tua tidak baik seperti biasanya. Langkah yang perlu anda lakukan yaitu membersihkan kran bensin serta saluran pipa pada oli samping.

Mengingat ada jenis vespa yang mempunyai 2 tangki diantaranya tangki bahan bakar dan tangki oli.

7. Rajin Service Rutin ke Bengkel

Cara merawat vespa tua lawas untuk pemula salah satunya rajin servis motor. Bawalah vespa kesayangan ke bengkel resmi rekomendasi guna pengecekan dan perbaikan komponen yang rusak. Agar sedini mungkin bisa diminimalisir kerusakan tidak merembet ke komponen lain. Yang membuatnya harus turun mesin.

Lakukan servis rutin ringan tersebut setidaknya dua bulan sekali.

Vespa Lawas Yang Tampil Prima dan Kinclong

Kesimpulan

Sebenarnya mudah sekali merawat vespa tua klasik kesayangan bila ada niat dalam melakukan. Bahkan bisa dilakukan secara mandiri di rumah, asalkan ada alatnya. Meski cara merawatnya sama seperti pada jajaran motor tua lainnya, seperti Honda Kalong atau Honda C70, Honda CB100 dan lain sebagainya. Semoga infomasi mengenai perawatan motor vespa tua yang benar dan tepat di atas bermanfaat khususnya untuk pemula.

Yuk, pantau terus update terbaru situs otoberita hanya di telegram cek disini

Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*