Penyebab Rantai Motor Kendor
TIPS OTOMOTIF

5 Penyebab Rantai Motor Kendor? Khusus Pemula

Penyebab Rantai Motor Kendor – Salah satu komponen penggerak motor adalah rantai motor. Jika komponen ini rusak, tentulah motor tak bisa jalan. Masalah yang sering dikeluhkan oleh para customer yang datang ke mekanik adalah kendornya rantai motor.

Nah, pada kesempatan kali ini, pembahasan akan kita fokuskan pada apa saja penyebab rantai motor cepat kendor. Jangan lewatkan ya Sobat Oto!

Penyebab Rantai Motor Kendor

1. Sering Tarik Tuas Gas Secara Mendadak

Hal pertama yang sering kali membuat rantai kendaraan anda kendor adalah terlalu sering memacu kendaraan dengan cepat, namun dengan kecepatan yang tidak stabil alias ugal-ugalan.

Misalnya saja anda secara mendadak memacu gas dengan kecepatan tinggi dan langsung melakukan pengereman. Hal ini membuat rantai motor bekerja secara spontan. Bahkan memicu penyebab rantai motor kendor.

Maka sangat di sarankan anda memacu kendaraan selayaknya saja, terlebih pada kecepatan yang stabil. Ini merupakan salah satu cara mengatasi rantai motor kendor dan kenyamanan dalam berkendara yang benar.

2. Sering Menyentak Tuas Gas

Apakah Anda tau sitilah bleyer? Itu lho, memacu-macu gas kadang tanpa motor melaju. Ini juga indikasi penyebab rantai motor kendor.

Biasanya, hal buruk ini dilakukan oleh para remaja apalagi saat pesta kelulusan. Hindari melakukan hal penyebab rantai cepat kendor terus ini ya, selain itu juga menyebabkan polusi suara dan mengganggu orang lain.

3. Sering Mengangkut Beban Berlebih

Sering Mengangkut Beban Berlebihan Pada Sepeda Motor

Penyebab rantai motor sering lepas atau putus adalah karena beratnya beban yang diangkut oleh motor melebihi berat maksimum pengangkutan.

Jika Anda terus menerus melakukan hal ini, maka rantai motor anda akan terus menerus dipaksa untuk berjalan dengan beban yang berat. Dan bisa jadi menimbulkan penyebab rantai motor bunyi kletek kletek.

Untuk mengetahui berat maksimum atau daya angkut maksimum pada kendaraan bermotor, anda bisa melihatnya di buku panduan yang ada. Pada umumnya berat maksimal motor mencapai 110 – 130 kg. Upayakan anda jangan angkut barang berlebih, jika tak ingin rantai motor tetap awet dan tahan lama.

4. Sering Melewati Jalanan Tidak Rata

Saat berkendara, sebaiknya Anda memilih jalan yang memiliki permukaan rata. Melaju di medan yang tidak rata bisa meningkatkan resiko rantai cepat putus serta kendor.

Banyaknya goncangan yang terjadi serta resiko terpelantingnya batu sangat tidak baik untuk kesehatan rantai motor anda.

Bukan hanya itu saja lho sobat otoberita, jika hal ini sering anda lakukan maka akan mempercepat tidak berfungsinya aki dan terjadi pergeseran komponen lain yang menyebabkan motor mogok.

5. Malas Memberi Oli Pada Rantai Motor

Penyebab rantai motor selalu kendor lainnya ialah malasnya anda dalam memberikan oli pelumas pada rantai sepeda motor.

Apabila anda sering menggunakan sepeda motor, alangkah baiknya juga selalu rutin memberikan pelumas rantai motor. Jika tidak, perputaran rantai akan sulit alias seret dan membuat rantai juga cepat terputus.

Akhir Kata

Bagaimana sobat otoberita informasi mengenai penyebab rantai motor kendor di atas? Tak sulit bukan untuk melakukannya sendiri di rumah?

Rajin-rajinlah memberikan oli pada rantai kendaraan anda dan jangan lupa untuk kontrol ke bengkel setiap minimal 1 bulan sekali. Apabila menemukan suatu gejala ciri-ciri rantai motor kendor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *