Penyebab Cat Motor Jadi Cepat Kusam
TIPS OTOMOTIF

Ingin Tahu? 5 Penyebab Cat Motor Lebih Cepat Kusam Dari Biasanya

Penyebab cat Motor Kusam – Memiliki kendaraan bermotor tentu saja menjadi kesenangan sendiri terlebih motor yang anda miliki merupakan motor gede yang tentu saja harganya juga lumayan tinggi, body motor tentu menjadi salah satu daya tarik bagi anda sendiri.

Walaupun anda menyukai semua jenis motor yang sama namun untuk pilihan warna sendiri tentu hati anda sudah berbeda lagi, yap semua orang punya warna Favorit masing-masing tentunya. Nah biasanya kalau kita membeli motor tentu cat motornya masih sangat bagus dan juga mengkilap yah ?

Bagaimana kalau hanya beberapa bulan saja cat motor sudah mulai Kusam? Sebenarnya apa sih penyebab cat motor kusam? Wah perlu di cari tahu nih.

Nah disini saya akan memberikan beberapa penjelasan kenapa cat motor sering kali kusam hanya beberapa bulan saja, sebenarnya apa sih penyebab cat motor jadi cepat kusam alias pudar?  

Penyebab Cat Motor Menjadi Kusam

1. Panas Dari Terik matahari

Diketahui penyebab cat motor kusam yang pertama tentu saja yaitu karena sinar matahari yang begitu terik dan juga panas, mungkin anda pernah melihat beberapa cat yang digunakan untuk plat maupun markah jalan. Pada saat di buat tentu akan mengkilap dan juga masih bening, namun setelah beberapa bulan cat tersebut mulai pudar dengan sendirinya.

Ternyata hal ini di pengaruhi juga oleh sinar matahari yang begitu terik. Alasannya sinar matahari membuat cat menjadi memuai dan juga mengelupas sehingga kadar cat yang ada dibesi menjadi berkurang. Sama halnya dengan motor. Walaupun jarang di bawa pergi tapi kalau anda memarkirkan motor di tempat yang panas sama saja membuat catnya menjadi pudar.

Untuk itu solusi penyebab cat motor pudar di atas ialah, hindari memarkir kendaraan bermotor di bawah terik matahari.

2. Debu Yang Menumpuk

Penyebab cat motor cepat kusam yang kedua karena debu motor yang sudah banyak dan menumpuk. Sehingga membuat motor terlihat lebih kusam dari biasanya. Debu motor yang tidak dibersihkan dengan cepat akan membuat keadaan cat motor menjadi kusam.

Karena semakin lama tidak di bersihkan maka semakin lengket dengan cat motor anda sehingga susah untuk di bersihkan kembali. Maka dari itu anda perlu selalu mencuci motor anda setiap 1 minggu sekali, agar terlihat lebih rajin dan juga terawat dengan baik.  

3. Terkena air Hujan

Penyebab cat motor mengelupas yang ketiga yaitu terkena air hujan, yang mana air hujan ini merupakan air yang asam dan bercampur dengan air garam dari laut. Tentu akan membuat cat menjadi kusam dan juga besi menjadi berkarat.

Terlebih kalau anda membiarkan motor anda terkena sinar matahari dan juga air hujan secara terus menerus akan membuat warna cat motor menjadi kusam, bahkan parahnya bisa terkelupas dan besi akan cepat berkarat.

Solusinya cukup dengan menjaga selalu kondisi bodi motor anda dari air hujan dan juga panas sinar matahari.  

4. Tumpahan Minyak

Penyebab cat motor cepat kusam yang selanjutnya karena tumpahan minyak, bisa jadi tumpahan minyak ini membuat keadaan cat motor menjadi kusam dan juga terkelupas.

Lantaran zat adiktif yang ada di dalam minyak juga mampu membuat cat di besi menjadi hilang. Itulah kenapa pada saat anda mengecat dinding, akan lebih mudah dihilangkan jika menggunakan bensin maupun minyak lainnya.  

5. Cuci Motor yang salah

Kemudian yang kelima masalah cat motor kusam ialah proses pencucian motor yang salah. Dimana mencuci motor yang baik tentu saja menggunakan prosedur yang benar, yaitu menggunakan air bersih terlebih dahulu kemudian setelah itu bisa menggunakan sabun atau shampoo motor.

Dan bilas kembali dengan menggunakan air bersih. Kemudian siapkan lap kanebo agar menjagnya menjadi cepat kering. Nah itulah beberapa penyebab cat motor lebih cepat kusam. terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *