Cara Mengatasi Oli Mesin Motor Rembes di Masa Pandemi
TIPS OTOMOTIF

Oli Mesin Motor Rembes? Berikut Cara Mengatasinya

OTOBERITA.com – Setiap pemilik kendaraan bermotor tentu pernah mengalami beberapa masalah terkait kondisi sepeda motor. Meski sebenarnya merupakan hal yang wajar karena penggunaan. Tapi terkadang ada masalah yang terbilang sulit untuk diatasi, salah satunya oli mesin motor rembes. Kebocoran oli mesin ini bila dibiarkan begitu saja bisa berakibat memicu kerusakan pada mesin motor.

Maka dari itu perlu mengetahui cara mengatasi oli mesin motor rembes untuk pemula di masa pandemi covid-19 seperti ini. Solusi itu untuk mencegah hal yang tidak di inginkan meliputi kerusakan pada bagian komponen mesin. Yang mempengaruhi performa sepeda motor itu sendiri.

Baca juga :

Penyebab oli mesin bocor bisa jadi Baut Oli aus

Cara Mengatasi Oli Mesin Motor Rembes di Masa Pandemi Covid-19

Ada tips khusus untuk menerapkan bagaimana cara terbaik mengatasi oli mesin motor bocor, berikut di bawah ini ulasan singkat untuk anda sobat otoberita.com

1. Cek Bagian Packing Mesin Motor

Sebelum mengatasi oli mesin motor yang rembes, anda perlu mengetahui penyebab utamanya. Cobalah anda mengecek bagian packing mesin motor. Apakah sudah aus atau tidak?

Biasanya masalah ini berkaitan erat dengan packing mesin motor, karena oli mesin rembes bisa keluar melalui sela-sela mesin yang mana kondisi packing sudah aus.

Apabila ternyata masalah muncul dari packing mesin motor, maka diperlukan pergantian packing dengan yang baru.

Untuk harga packing mesin motor orisinil biasanya dibanderol mulai Rp 15 ribu hingga Rp 500 ribu per pcs. Barang tersebut bisa didapatkan di toko aksesoris sepeda motor dan online shop.

2. Ring Baut Oli Mulai Aus

Cara Mengatasi Oli Mesin Motor Rembes di Masa Pandemi

Cara mengatasi oli mesin rembes selanjutnya ialah coba cek bagian ring baut oli. Apakah sudah aus atau tidak?

Biasanya keausan terjadi akibat sering ganti oli mesin yang cara pemasangan salah. Sehingga ring baut tidak bisa rapat ketika ditutup, maka oli mesin bisa sedikit demi sedikit rembes.

Dengan begitu perlu mengganti ring baut oli dengan yang baru. Agar masalah mengenai oli mesin bocor bisa segera teratasi.

3. Cek Kondisi Seal Persneling

Penyebab oli mesin rembes lainnya ialah kondisi seal persneling sudah rusak. Mengingat komponen tersebut berakitan erat dengan kinerja dari gerak mesin. Apabila rembesan oli secara terus menerus terjadi, alangkah baiknya ganti seal persneling dengan yang baru.

Harga seal persneling cukup bervariasi mulai Rp 10 ribu. Anda juga bisa mengganti komponen tersebut disaat melakukan servis sepeda motor secara rutin.

4. Pakai Oli Terbaik Berkualitas

Ternyata bukan tanpa alasan, memakai oli tidak rekomendasi bisa juga mengakibatkan oli rembes. Hal ini dipicu kualitas oli mesin yang kurang bagus.

Sehingga membuat suhu mesin motor cepat panas, serta menimbulkan penguapan oli yang berlebih. Apabila dibiarkan, lama kelamaan kondisi mesin motor bisa rusak akibat kebocoran oli.

Solusinya cukup dengan membeli oli terbaik berkualitas untuk motor kesayangan seperti Oli Top 1 Series. Harga mahal tidak perlu dipermasalahkan, sebab kualitas oli yang bagus juga membuat keawetan mesin motor itu sendiri.

5. Cek Bagian As Engkol dan As Gigi

Untuk cara mengatasi oli mesin motor rembes nomor lima ini diperlukan anda membawanya ke bengkel resmi, untuk dicek kondisinya oleh mekanik. Sebab untuk melakukan pengecekan tersebut diperlukan alat khusus dan tenaga mekanik yang handal.

Bila kondisinya kedapatan sudah aus, maka sudah barang tentu harus menggantinya dengan yang baru serta orisinil. Gunanya tak lain agar lebih tahan lama dan pemasangan bisa pas.

6. Cek Bagian Bak Mesin

Harga Packing Blok Mesin

Penyebab umum oli mesin motor rembes, ialah kondisi bak mesin terutama bagian tutup kopling dan tutup magnet.

Jangan lupa selalu menggunakan spare part atau packing bak mesin orisinil buatan pabrik. Selain daya tahan lebih lama juga tentunya jauh lebih awet daripada packing tembakan alias KW.

Untuk cara pengecekan ini juga diperlukan mekanik handal, maka bawalah motor kesayangan ke bengkel resmi terdekat.

Kesimpulan

Memang perlu sekali wawasan lebih mendalam soal cara mengatasi oli mesin motor rembes. Agar segera ditangani lebih cepat supaya tidak terjadi kerusakan lebih parah seperti mesin motor rusak.

Apabila perlu diganti dengan yang baru, segeralah ganti jangan menunda-nunda yang bisa berakibat fatal pada kendaraan anda nantinya. Sebagai pemilik sepeda motor memang sudah barang wajib merawat kondisi motor setiap waktu.

Agar performa motor lebih optimal dan berfungsi dengan baik. Sekian tips singkat mengenai oli mesin motor bocor atau rembes. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat dan bisa mengatasi masalah pada sepeda motor oli rembes tersebut.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *