Cara Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak Secara Benar
OTO MOTOR, TIPS OTOMOTIF

Motor Matic Mati Mendadak, Jangan Panik Dulu !

OTOBERITA.com – Jumpa lagi sobat otoberita, pernahkah anda mengalami hal seperti ini? Tiba-tiba motor matic mati mendadak ketika mau berbelok atau sedang melaju dijalanan.

Apabila pernah, jangan panik ya sobat ! Sebab masalah itu memang umum terjadi pada sepeda motor matic semua merk entah itu Yamaha, Honda, Suzuki dan lain-lain. Mengapa demikian?

Karena pemicu terjadinya motor matic mati mendadak yang pertama bisa jadi karena sistem kelistrikan bermasalah, kompresi mengalami kebocoran dan bahan bakar kendaraan sudah mulai habis.

Namun dari banyak kasus yang terjadi pada setiap pemilik skutik, kompresi yang bocor itulah hal paling sering dialami. Lantas, bagaimana cara tepat mengatasi motor skutik mendadak mati secara tiba-tiba? Berikut penjelasannya.

Cara Mengatasi Motor Matic Mati Mendadak

#Langkah pertama yang perlu anda lakukan, jangan terlalu panik dahulu. Upayakan bila hal itu terjadi, segera mungkin tepikan motor matic di pinggir jalan.

Lalu coba anda posisikan motor ke standart tengah dahulu. Kemudian pastikan anda sudah mematikan mesin motor sebentar.

Untuk mengetahui rusak tidaknya bagian sistem injeksi caranya cukup mudah dan simple sekali. Yakni dengan menempatkan stop kontak motor dalam kondisi masih “ON”.

Kemudian, coba anda dengarkan suaranya baik-baik harus berbunyi “ngiiing” pada sistem injeksi motor. Letaknya tepat di bagian samping kiri jok sepeda motor matic.

Jika sobat masih bisa mendengarkan suara tersebut, sudah dipastikan motor matic sistem injeksinya masih normal.

#Langkah kedua, yang perlu anda lakukan hanyalah menarik gas secara penuh dalam tempo tidak kurang dari satu menit saja.

Setelah itu, jangan lepaskan dulu tarikan gasnya. Langsung saja coba sobat lakukan starter motor dengan kombinasi kick starter serta electric starter secara bergantian alurnya.

Lakukan cara itu berulang kali sampai motor kesayangan anda sudah mulai kembali menyala dengan baik.

#Langkah ketiga, masih sama dengan langkah kedua namun hanya di tarik gasnya secara penuh berulang kali. Paling tidak sampai tiga atau lima kali saja. Setelah itu diamkan motor sejenak kira-kira lima menitan. Kemudian coba anda starter motor kembali, pasti bisa menyala seperti sedia kala.

Semoga tips singkat tentang motor matic mendadak mati bisa bermanfaat untuk sobat otoberita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *