Tips Mencegah Mobil Matik Mogok di jalan yang benar
TIPS OTOMOTIF

Mobil Matik Mogok, Berikut Cara Mengatasinya !

Tips Jitu Mencegah Mobil Matik Mogok – Salah satu kendala yang cukup dikhawatirkan oleh pengguna mobil bertransmisi otomatis ialah mogok.

Bahkan cukup mengganggu sekali, saat sedang menjalani aktifitas perjalanan jauh, tiba-tiba mobil matic mogok di tengah jalan. Pernahkah anda mengalami hal serupa?

Di sisi lain tentu sebenarnya ada cara alternatif untuk menangani atau mencegah mobil matic mogok, sehingga bisa diminimalisir agar situasi tersebut tidak melanda pemilik mobil transmisi otomatis.

Baca juga :

Nah, untuk itu pentingnya memahami masalah tersebut sedini mungkin. Agar nantinya keamanan maupun kenyamanan dalam berkendara jadi lebih optimal. Lantas, apa sih cara terbaik mengurangi persentase mobil matik mogok di jalan?

Berikut tips sederhana yang bisa anda terapkan dirumah meski di masa pandemi covid-19.

Tips Mencegah Mobil Matik Mogok Secara Mendadak

Dalam hal upaya pencegahan, ada langkah-langkah yang perlu diterapkan guna meminimalisir mobil matic mogok, berikut penjelasan singkatnya.

Rutin Melakukan Tune Up Pada Mobil

Melakukan Tune Up Mobil
ilustrasi tune up mobil ( source img : futuready.com )

Dalam permasalahan mobil matic mogok tidak bisa distarter, biasanya tindakan yang harus dilakukan ialah melakukan tune up secara rutin.

Seperti yang telah diketahui bahwa tune up mobil matik, mampu membuat kondisi mesin jadi lebih fresh serta nyaman saat dikendarai.

Dalam penerapan soal tune up mobil, biasanya pemilik mobil melakukannya saat hendak mau mudik atau perjalanan jauh. Tindakan ini diklaim mampu memaksimalkan kesehatan mesin mobil saat digunakan nantinya.

Dengan begitu kendala mobil matic mogok bisa diminimalisir dari rutinnya tune up mesin ke bengkel mobil resmi.

Selain itu manfaat lain dari tune up yakni bisa membuat performa mobil tetap dalam keadaan prima dan siap dipakai untuk aktifitas touring atau perjalanan jauh.

Pastikan Tidak Lupa Cek Kondisi Oli Mobil Matik

Memang pada dasarnya oli sebagai bahan pelumas mesin agar kinerjanya lebih optimal. Dengan melakukan pengecekan rutin terhadap kondisi oli mobil matik, ini merupakan salah satu upaya mencegah mobil matic mogok.

Bahkan oli juga berperan sebagai cairan pendingin mesin agar meminimalisir terjadinya overheating pada mesin, yang bisa menimbulkan masalah mogok di tengah jalan.

Jika kondisi oli mesin mobil matik sudah tidak memungkinkan sebaiknya segeralah ganti dengan yang baru. Dan berlaku sebaliknya pula. Rutin ganti oli mesin mobil juga dapat membuat mobil lebih awet di sisi kualitas mesinnya dan performa tetap maksimal.

Pastikan Anda Mengecek Suspensi Mobil Matik

Masih pada topik pembahasan tips mencegah mobil matik mogok, sektor suspensi juga perlu mendapatkan perhatian khusus serta perawatan yang rutin.

Lantaran fungsi suspensi mobil matik sama seperti pada jenis mobil lainnya yakni sebagai peredam goncangan, ketika melewati jalanan tidak rata.

Hadirnya suspensi mampu menjaga keseimbangan beban mobil, apalagi jika mobil sedang membawa barang bawaan yang berat.

Dengan begitu apabila suspensi bekerja dengan normal, tentu stabilitas berkendara menjadi lebih baik dalam mengendalikan laju kendaraan.

Maka dari itu alangkah baiknya merawat suspensi mobil dengan baik, agar kinerjanya selalu prima.

Cek Kondisi Ban Mobil Matik

Salah satu cara guna mencegah mobil mogok ialah memastikan kondisi ban mobil keadaan prima.

Aspek ini memang penting sekali, jika kondisinya bermasalah dan tetap nekat untuk melanjutkan perjalanan jauh. Tentu di tengah jalan akan merasakan tidak nyaman. Dan mau tidak mau harus berhenti serta menepi di pinggir jalan.

Apalagi ban bermasalah dan mobil sedang mogok, pasti anda akan membutuhkan mekanik di bengkel terdekat untuk mengatasinya.

Sebelum hal itu terjadi sebaiknya cek kondisi ban mobil mulai dari proses spooring dan balacing, serta tekanan angin pada ban mobil.

Umumnya tingkat tekanan angin pada ban mobil matik sekitar 28 psi. Namun bila kondisi mobil mengangkut penumpang atau barang bawaan berat, sebaiknya mengisi tekanan angin ban hingga titik 30-32 psi.

Pastikan Kondisi Rem Tetap Bisa Pakem

Selain kondisi ban, ternyata kondisi rem mobil juga perlu diperhatikan. Lantaran sektor rem penting dalam mendukung kendali atas laju kendaraan. Apabila rem bermasalah seperti contoh rem yang terkunci, justru hal ini mengganggu perjalanan anda.

Dengan begitu bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan mobil matik mogok, karena rem terkunci dan mobil tidak bisa dijalankan.

Untuk itu pentingnya merawat kondisi rem mobil, supaya kenyamanan berkendara lebih terjaga dengan baik.

Selalu Rutin Memanaskan Mesin Mobil dan Kondisi Transmisi Tetap Prima

Sabagai pemilik mobil penting sekali melakukan pengecekan mesin mobil secara rutin, guna mencegah mobil matic mogok di jalan.

Hal mudah yang bisa dilakukan ialah memanaskan mesin mobil matik di pagi hari. Selain itu juga cek kondisi transmisi mobil matik, masihkah berfungsi dengan normal atau tidak? sebab mobil matik mengandalkan transmisi otomatis sebagai cara perpindahan giginya.

Mobil Matik Mogok di dorong

Kesimpulan

Bagaimana sobat otoberita? Sudah jelas kan informasi yang di sampaikan di atas tentang tips mencegah mobil matik mogok di jalan.

Mulai dari apa saja perawatan mobil matik yang tepat untuk meminimalisir mogok, serta cara mengatasinya dengan mudah dan benar.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *