Mesin Motor Cepat Panas, Ikuti Tips Berikut!
TIPS OTOMOTIF

Mesin Motor Cepat Panas, Ikuti Tips Berikut!

Situs Halaman Berita Otomotif – Sebagai pengguna kendaraan bermotor, tentu hal mutlak yang perlu dilakukan yakni merawat sepeda motor itu sendiri. Jangan sampai terjadi yang namanya mesin motor overheat. Kendala mesin motor cepat panas memang jarang terjadi. Namun alangkah baiknya anda memahami penyebab atau gejalanya sedini mungkin, agar tidak terjadi hal yang fatal nantinya.

Dengan begitu diharapkan anda bisa segera mengatasi mesin motor cepat panas secara tanggap dan tepat. Di situlah peran penting dalam menjaga kondisi motor suhu mesinnya tetap normal. Berikut ini penjelasan poin-poin penting terkait cara mengatasi mesin motor cepat panas bagi pemula versi otoberita.com

Mesin Motor Cepat Panas, Ikuti Tips Berikut!

Cara Mudah Mengatasi Mesin Motor Overheat ( Cepat Panas )

Mengenai beberapa gejala terkait overheat mesin pada sepeda motor, serta cara menanganinya secara cepat. Berikut ulasannya di bawah ini.

1. Lakukan Pergantian Oli Secara Rutin

Perlu anda ketahui melakukan pergantian oli mesin secara rutin itu hukumnya wajib bagi pemilik kendaraan bermotor. Lantaran peran oli sebagai pelumas mesin ketika dihidupkan, agar mencegah gesekan berlebih antar komponen dalam mesin.

Dan peran lain oli kendaraan yaitu mampu menjaga kondisi suhu mesin selalu stabil. Sehingga mesin motor tidak mudah panas alias overheat, maka kinerjanya nanti akan lebih optimal dan awet.

2. Pilih Oli yang Berkualitas Terjamin

Oli Terbaik Rekomendasi Motor Lexi

Selain mengganti oli mesin motor, tentu memilih oli yang telah teruji kualitasnya itu hal yang sangat penting sekali. Seperti oli yang bagus untuk Yamaha Lexi Yakni Top 1 Action Matic.

Mengingat sebenarnya sudah ada rekomendasi oli mesin yang telah disarankan oleh pihak pabrikan, melalui manual book pengguna. Sehingga itu merupakan salah satu pencegahan terkait mesin motor cepat panas. Jangan sampai anda memilih oli berkualitas buruk yang mengakibatkan motor menjadi rusak.

3. Pentingnya Menjaga dan Setting Piston Motor

Sebagai pengguna motor perlu menjaga dan mengatur kerapatan pada piston. Jangan sampai terlalu rapat sebab nantinya seker dan piston tidak mampu leluasa bergerak. Dan menimbulkan suhu mesin meningkat sebab oli tidak bisa melumasi secara maksimal.

Selain itu penempatan tersebut bisa membuat blok mesin menjadi cepat rusak. Maka sangat disarankan menyetel piston sesuai standart dari pabrikan.

4. Cek Kinerja Sistem Pendingin

Pada sepeda motor keluaran terbaru, umumnya sudah dibekali sistem pendingin kipas yang berperan menjaga suhu mesin tetap optimal serta air radiator tetap sejuk. Seperti contoh pada varian motor Honda CB150R Street Fighter.

Apabila sistem pendingin terdapat kendala, besar kemungkinan mesin motor cepat panas. Maka selalu cek kinerja pendingin motor idaman agar selalu mendinginkan mesin motor.

5. Periksa Ketersediaan Water Coolant

Selain kinerja sistem pendingin perlu dicek, jangan lupa juga cek ketersediaan water coolant alias cairan pendingin. Peran water coolant sendiri untuk mendistribusikan dingin ke seluruh bagian komponen mesin guna menjaga suhunya tetap stabil.

Pastikan anda menambah cairan pendingin, jangan sampai kosong yang mengakibatkan pendistribusian dingin tidak optimal. Dan menjadikan mesin motor cepat overheat. Hal ini bisa dilakukan bersamaan ketika anda melakukan servis motor, mintalah tekniksi untuk mengecek water coolant.

6. Mengistirahatkan Sepeda Motor Sehari Saja

Jika anda pengguna motor yang aktif sekali untuk penunjang aktifitas transportasi sehari-hari. Maka alangkah baiknya mengistirahatkan sepeda motor selama sehari saja, atau saat libur kerja.

Tujuannya agar kondisi motor bisa kembali fit lagi serta mengurangi suhu panas pada mesin, dikarenakan motor sering dipakai.

7. Jangan Lupa Selalu Panaskan Motor Setiap Pagi

Rutin memanaskan sepeda motor di pagi hari selama kurang lebih 10 menit saja. Itu merupakan cara terbaik dalam mengatasi mesin motor cepat panas.

Dengan cara tersebut membantu melancarkan sirkulasi kinerja oli secara merata menyebar di seluruh komponen motor. Sehingga saat motor digunakan akan lebih nyaman, karena oli sudah melumasi seluruh bagian komponen. Dan tentunya terhindar dari mesin motor overheat.

8. Pastikan Kondisi Oli Masih Bagus

Cara mengatasi mesin motor cepat panas selanjutnya ialah periksa kondisi oli mesin motor. Bila sudah tidak kental dan warnanya berubah, maka sangat disarankan segeralah ganti oli terbaik rekomendasi dari pabrik.

Jangan sampai telat ganti oli, selain menjadikan mesin motor cepat overheat juga mampu membuat mesin motor cepat rusak.

Kesimpulan

Dari tutorial di atas mengenai cara tepat mengatasi mesin motor cepat panas yang telah dijelaskan secara singkat. Semoga tips tersebut berguna untuk kalian para pemula sobat otoberita dalam menangani masalah pencegahan mesin overheat pada motor secara tanggap dan cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *