Penyebab Mesin Motor Suara Ngelitik
TIPS OTOMOTIF

Mesin Motor Anda Ngelitik? Berikut Tips Mengatasi dan Penyebab

Cara Mudah Mengatasi dan Penyebab Mesin Motor Ngelitik – Pasti sobat otoberita akan merasa nyaman, saat mengendarai sepeda motor yang mesinnya selalu optimal. Namun beda hal apabila ada gangguan di sektor mesin.

Misalnya saja terdengar suara ngelitik di bagian mesin motor, saat anda mengendarainya di jalanan menanjak. Tentu anda akan merasa was-was, kenapa sih ini motor kok ada suara aneh di sektor mesin? Bahaya enggak ya?

Sebelum membahas, apa penyebab utama mesin motor ngelitik? Ada baiknya kenali dulu bunyi ngelitik merupakan bahasa umum yang di pakai orang. Tapi sebenarnya itu dalam dunia otomotif disebut dengan “Engine Knocking” atau detonasi mesin.

Baca juga :

Beberapa kasus terkait engine knocking, salah satunya ialah proses pembakaran yang berlangsung di ruang mesin tidak serentak dalam satu waktu di silinder. Sehingga bisa disimpulkan bahwa suara ngelitik dari mesin, terjadi karena terdapat pembakaran dini yang mana sebelum busi menyala.

Di sisi lain masalah engine knocking ini bila dibiarkan begitu saja dalam kurun waktu yang relatif lama, bisa mengakibatkan motor jadi mudah rusak. Maka dari itu perlu sekali informasi, bagaimana cara mengatasi mesin motor ngelitik yang benar dan tepat?

Pada kesempatan kali ini, otoberita berbagi tips untuk diterapkan mulai dari langkah awal hingga akhir, cara mengatasi engine knocking. Tapi sebelum ke pembahasan utama, sebaiknya anda kenali dahulu penyebab mesin motor ngelitik.

Penyebab Mesin Motor Ngelitik

Ada beragam faktor yang memicu atau menyebabkan mesin motor keluar bunyi ngelitik, antara lain sebagai berikut.

Anda Pakai Bensin dengan Kadar Oktan Rendah

Jangan Lupa Pakai BBM Oktan Tinggi pencegah knocking engine

Penyebab mesin motor ngelitik, salah satunya penggunaan bahan bakar yang memiliki kadar oktan rendah, atau kurang sesuai dengan spesifikasi mesin motor.

Biasanya hal ini terkait dengan rasio kompresi mesin yang mana, jika nilainya tinggi otomatis harus pakai bahan bakar yang punya nilai oktan sesuai.

Dengan tekanan kompresi yang tinggi, sudah barang wajib diperlukan bensin yang bisa bertahan pada tekanan udara yang tinggi. Namun jika hal itu di abaikan, tentu akan menyebabkan terjadinya knocking mesin yang ciri umumnya ialah suara ngelitik di sektor mesin.

Sebagaimana yang telah kita ketahui, motor produksi tahun 2015 ke atas, pasti memiliki tekanan kompresi yang relatif tinggi dengan rasio 10:1. Sehingga sangat disarankan pakai bahan bakar Oktan RON 90, seperti Pertamax maupun Pertamax Plus.

Terdapat Kotoran yang Menempel di Ruang Pembakaran

Kerak di piston motor

Di sisi lain adanya kotoran yang banyak menempel di sektor ruang pembakaran mesin, juga jadi indikasi penyebab mesin motor ngelitik.

Kotoran atau kerak yang ada bisa memakan ruang di sistem pembakaran dan menyebabkan volume ruang bakar jadi menipis.

Meskipun anda pakai bahan bakar yang sesuai dengan kompresi mesin, bisa saja knocking engine terjadi. Pemicu utamanya ialah kondisi tekanan kompresi yang tiba-tiba melonjak lebih besar dari keadaan normalnya.

Maka dari itu sebaiknya anda selalu mengecek kebersihan di sistem ruang pembakaran mesin. Salah satunya rutin membersihkan bagian filter udara sampai pada sistem pembakaran. Anda juga bisa pakai carbon cleaner untuk metode pembersihannya.

Filter Udara yang Terbuka

tidak pakai filter udara
Ilustrasi Motor Karburator Tanpa Pakai Filter Udara

Pemicu lain terjadinya mesin motor ngelitik atau engine knocking, ialah kondisi filter udara yang dilepas.

Padahal kondisi tersebut juga bisa memicu borosnya bahan bakar pada sepeda motor. Meski dengan melepas filter udara bisa membuat aliran udara dari luar bisa bebas masuk ke dalam ruang mesin.

Tapi ada pengaruh lain yang besar, apabila udara yang masuk tidak sebanding dengan kebutuhan udara ketika akan kompresi.

Tak heran jika anda pakai bahan bakar oktan rendah, dengan tekanan kompresi yang tinggi menimbulkan suara ngelitik di bagian sektor mesin.

Sangat disarankan tetap pakai filter udara, selain udara yang masuk bisa tersaring dengan bersih serta alirannya bisa maksimal.

Cara Mengatasi Mesin Motor Ngelitik

Setelah anda menjadi tahu, beberapa penyebab mesin motor terdengar suara ngelitik. Berikut informasi cara mengatasi mesin motor ngelitik dengan benar dan tepat.

Pakai BBM Oktan Tinggi

Cara paling mudah untuk mengatasi knocking engine atau mesin motor ngelitik, yakni dengan selalu memakai bahan bakar mengandung kadar oktan tinggi.

Lantaran penggunaan bahan bakar oktan tinggi mampu meminimalisir terjadinya knocking engine, sebab pembakaran menjadi lebih sempurna. Selain itu juga bermanfaat untuk mencegah gesekan berlebih saat sistem pembakaran terjadi.

Maka dapat disimpulkan menggunakan bbm oktan tinggi, merupakan solusi terbaik untuk hindari mesin motor suara ngeletik.

Rutin Bersihkan Filter Udara dan Ruang Bakar

Sementara itu perlu juga memeriksa kondisi filter udara, pastikan selalu dalam keadaan bersih. Sebab filter yang kotor dapat membawa kotoran bersamaan udara menuju ruang pembakaran.

Kemudian kotoran bisa menempel di sistem pembakaran yang mana bisa membuat volume ruang bakar menjadi berkurang, serta saat kompresi jadi lebih tinggi dari biasanya.

Dengan begitu bisa memincu timbulkan suara mesin motor ngelitik atau knocking engine saat digas rpm tinggi. Sehingga penting sekali menjaga kebersihan filter udara pada sepeda motor kesayangan.

Rutin Service Sepeda Motor

Sebagai pemilik sepeda motor, merawat mesin motor sangat perlu sekali. Maka setidaknya anda melakukan servis motor rutin secara berkala, demi mencegah knocking engine terjadi sewaktu-waktu.

Lantaran saat proses service motor, mekanik akan mengecek keseluruhan komponen permesinan serta membersihkannya jika diperlukan.

Selanjutnya baru mengecek kondisi kelistrikan motor mulai dari starter, lampu utama dan belakang, kondisi aki, lampu sein, klakson, dan lain-lain bisa berfungsi dengan baik serta normal.

Jadi jangan ragu melakukan servis rutin motor di bengkel terpecaya dan rekomendasi seperti Bengkel Hadi Motor Kediri.

Manfaat service motor juga dapat membuat mesin motor menjadi lebih awet dan terjaga performanya dengan baik, terutama di sistem pembakaran.

Kesimpulan

Bagaimana sobat otoberita? sekarang sudah faham kan cara mengatasi mesin motor suara ngelitik, serta faktor penyebab knocking engine. Tentu saja tips mesin motor ngelitik di atas bisa bermanfaat untuk anda pengguna sepeda motor baik jenis bebek, matic, maupun sport.

Tak lupa juga solusi cara mengatasinya yang sudah diuraikan secara singkat dan jelas agar menambah wawasan anda dalam dunia mesin sepeda motor.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *