Ketahuilah Ciri Kopling Mobil Sudah Waktunya Ganti
BERITA

Ketahuilah, Ciri Kopling Mobil Perlu Diganti Agar Tidak Fatal

OTOBERITA.com – Sebagai pemilik mobil, anda diwajibkan mengetahui tanda-tanda kerusakan pada komponen yang sudah tidak normal sedini mungkin. Agar nanti tidak terjadi hal yang fatal pada mobil kesayangan anda. Semisal ciri kopling mobil sudah waktunya ganti, namun anda tidak ganti sehingga kenyamanan ketika mengganti posisi gigi persneling jadi terhambat atau terganggu.

Oleh karena itu, pentingnya mengecek kondisi kopling mobil ke bengkel mobil rekomendasi atau terpercaya. Anda juga harus peka terhadap berbagai kondisi mobil dengan mengetahui beberapa ciri-ciri kerusakan komponen. Bila anda abaikan bisa semakin parah kerusakannya.

Berikut di bawah ini ulasan singkat ciri-ciri kopling mobil sudah tidak bekerja dengan normal dan perlu diganti baru.

Ciri atau Tanda Kopling Mobil Sudah Mulai Rusak

  1. Tanda awal yang sering muncul, ialah tenaga mesin berkurang atau biasa disebut dengan ngempos. Hal ini akan terasa sekali ketika anda melalui medan jalan tanjakan, seperti pegunungan atau bukit.
  2. Tanda kedua, adanya bau gosong di area mesin mobil. Dikarenakan gesekan yang terlalu besar dengan jangka waktu yang relatif lama.
  3. Terjadi kesulitan ketika anda menambah atau mengurangi gigi persneling mobil.
  4. Ciri kopling rusak atau aus selanjutnya biasanya saat keadaan mesin mobil dihidupkan. Mobil tidak bisa berjalan normal, padahal gigi persneling sudah dimasukkan dan pedal kopling mulai dilepas.
  5. Jarak injak pada pedal kopling menjadi lebih pendek dari biasanya.

Itulah 5 masalah ciri kopling sudah waktunya diganti, bukan hanya kampas atau pelat saja, lho!

Tafsiran Harga Ganti Kopling

Komponen Unit Kopling Mobil

Menyinggung soal harga atau biaya ganti kopling cukup bervariasi sekali, tergantung merek dan jenis mobil. Biasanya berada dikisaran Rp 2 juta lebih, harga tersebut umumnya sudah koplit meliputi release bearing, disc, cover dan kabel.

Menurut pemilik bengkel Hadi, menyebutkan estimasi biaya perbaikan kopling mobil sebagai berikut :

  • Avanza 1.3L antara Rp 2,3 juta (cover, release bearing, disc, kabel).
  • Avanza 1.5L antara Rp 2,5 juta ( release bearing, cover, disc, kabel).
  • Innova sekitar Rp 3,3 juta termasuk disc, release bearing, cover dan kabel.

Resiko Kampas Kopling Sudah Aus

Apabila anda tidak peka atau tanggap ketika komponen kampas kopling sudah mulai aus tidak segera diganti. Maka resiko terbesar saat anda di lampu merah dan mulai jalan, tentu angkatan pertama akan terasa lebih berat. Anda harus siap dengan resiko tersebut.

Lantas, saat anda menyalip kendaraan lain. Pastikan anda memperhitungkan peluang jarak mendahului kendaraan di depan. Jangan menyalip bila kondisi tidak memungkinkan karena cukup berat, saat melaju disebabkan kampas kopling aus.

Dan saat melintasi jalanan menanjak, mobil akan sering selip kopling. Maka sebaiknya pastikan kondisi mobil di belakang anda aman. Agar tidak membahayakan pengguna jalan lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *