Kenali Penyebab Suspensi Mobil Bermasalah
OTO MOBIL, TIPS OTOMOTIF

Kenali Penyebab Suspensi Mobil Bermasalah Sejak Dini

OTOBERITA.com – Menyinggung mengenai perawatan mobil, banyak sekali faktor pemicu yang perlu diperhatikan secara rutin. Terutama bagian mobil yang dianggap begitu penting sebagai penunjang performa maupun penampilannya.

Namun, kerap terjadi kendala atau masalah di bagian mobil. Yang mana pemilik mobil sulit mendeteksi sumber kerusakan. Seperti halnya penyebab suspensi mobil bermasalah.

Sehingga membuat pemilik roda empat perlu memahami beberapa langkah teknis, guna mendeteksi kerusakan sedini mungkin pada suspensi mobil tersebut.

Lantas, bagaimana cara tepat dalam mengenali kendala pada sistem suspensi mobil?

Penyebab Suspensi Mobil Bermasalah

Ada poin penting sebagai faktor pemicu yang perlu dipahami betul-betul, penyebab suspensi pada mobil. Berikut uraian singkat untuk anda sobat otoberita.com

Kerusakan Bagian Sistem Peredam Suspensi

Adanya kerusakan pada sistem peredam, ini merupakan langkah awal pemicu pertama mengenai penyebab suspensi mobil bermasalah.

Pada umumnya, kerusakan ini ditandai dengan suara bunyi berdecit ketika anda melewati jalanan bergeronjal atau polisi tidur.

Kondisi ini terjadi karena kualitas suspensi dalam meredam getaran mulai menurun. Sehingga membuat pengendara tidak bisa menstabilkan posisi laju kendaraan.

Lebih parahnya lagi, apabila kini kondisi ban dan velg sudah mulai tidak presisi lagi dan sistem peredaman jadi dipaksa untuk melakukan kinerja yang berat.

Terjadi Kebocoran Pada Suspensi

Perlu anda ketahui maksud dari kebocoran pada suspensi ini diketahui dengan adanya rembesan oli suspensi yang keluar. Hal ini disebabkan oleh robeknya karet seal suspensi atau pada as shock terjadi goresan yang relatif berat.

Meski banyak sekali faktor pemicu, salah satunya ialah penggunaan mobil dalam intensitas yang cukup tinggi untuk melewati jalanan medan bergeronjal atau tidak rata.

Bahkan bisa jadi karena pengemudi terlalu ngebut saat melewati polisi tidur, jadi karet seal lama-kelamaan bisa robek dan membuat oli suspensi mobil bocor.

Membawa Beban Melebihi Kapasitas

membawa barang bawaan melebihi kapasitas mobil

Penyebab suspensi mobil bermasalah juga bisa disebabkan oleh terlalu sering membawa beban berlebih, melebihi batas kapasitas yang ditentukan pada setiap tipe mobil.

Sehingga sudah wajar sekali bila kinerja sistem suspensi dipaksa melakukan aktifitas peredaman yang begitu berat.

Oleh sebab itu, upayakan anda mengurangi intensitas barang bawaan melebihi kapasitas rekomendasi dari standart pabrik. Supaya suspensi mobil lebih awet dan tahan lama.

Usia Pakai Suspensi Yang Mulai Berumur

Faktor usia suspensi pada mobil, juga bisa menjadi indikasi penyebab utama suspensi mobil bermasalah. Mengingat penggunaan yang relatif lama, jadi wajar saja kemampuan suspensi turun.

Maka sangat disarankan anda meneliti masa pakai usia suspensi. Umumnya bila sudah mencapai dua tahun lebih, sebaiknya anda ganti suspensi yang baru.

Perlu anda ingat bahwa usia pakai ini bisa disesuaikan dengan umur dari suspensi itu sendiri.

Cara Mengatasi Suspensi Mobil Bermasalah

Setelah anda membaca dan memahami beberapa penyebab suspensi mobil bermasalah. Kini saatnya anda mulai menerapkan, bagaimana cara mengatasi suspensi mobil bermasalah? Berikut uraian singkat dalam langkah-langkah guna mengatasi dengan tepat dan benar.

Upayakan Parkir Mobil di Tempat Yang Rata

Upaya pencegahan penyebab suspensi bermasalah pada mobil, salah satunya dengan parkir mobil di lokasi dengan permukaan yang nampak rata.

Lantaran, lokasi parkir yang tidak rata ini membuat penekanan pada salah satu suspensi mobil terkait beban berlebih.

Cara itu cukup tepat juga dalam merawat kondisi suspensi jadi lebih awet sebagai penyokong beban jadi seimbang.

Pelan Saat Melewati Jalanan Berlubang

mobil melewati jalanan berlubang

Cara mengatasi suspensi bermasalah lainnya yakni mengurangi kecepatan mobil di saat melewati jalan berlubang.

Hati-hati dalam mengemudi merupakan upaya pencegahan kerusakan pada sistem suspensi.

Coba Cek dan Periksa Bagian Kaki-Kaki Mobil

Ada juga upaya untuk mengatasi suspensi mobil yang bermasalah, salah satunya melakukan pemeriksaan rutin pada kaki-kaki mobil.

Meski banyak sekali faktor pemicu peredaman mengalami kerusakan, alangkah baiknya cek kondisi suspensi terkini. Apakah dikarenakan oleh kaki-kaki mobil kurang presisi atau tidak?

Umumnya pengecekan ini dilakukan setiap enam bulan sekali, atau dirasa kaki-kaki mulai mengalami masalah.

Segera Perbaiki Jika Suspensi Terasa Keras

Langkah selanjutnya dalam mengatasi masalah pada suspensi mobil ialah segera lakukan perbaikan, jika suspensi terasa lebih keras dari biasanya.

Cara ini merupakan langkah pencegahan sedini mungkin yang cukup efektif untuk menekan kerusakan lain di bagian suspensi. Apalagi anda termasuk pengguna mobil dengan frekuensi jarak jauh lebih tinggi.

Ganti Suspensi Baru

Tips mengatasi suspensi bermasalah lainnya yakni melakukan pergantian suspensi yang baru.

Namun cara ini dilakukan ketika mekanik memberikan saran untuk mengganti suspensi mobil dengan yang baru. Meski kendala atau masalah kerusakan sebenarnya masih bisa diperbaiki.

Perlu anda ingat dalam melakukan pergantian suspensi baru, sebaiknya menggunakan suku cadang yang orisinil dari pabrikan sesuai dengan standart yang telah ditentukan. Hal ini terkait jaminan presisi serta keawetan dari supensi mobil lebih terjaga dengan baik dan tahan lama pastinya.

Kesimpulan

Itulah di atas uraian singkat tentang penyebab suspensi mobil bermasalah, lengkap dengan metode cara mengatasinya dengan benar dan tepat sesuai prosedur.

Meski ada beberapa langkah tepat untuk pencegahan kerusakan sistem suspensi mobil yang bisa anda terapkan dalam aktifitas mengemudi.

Semoga ulasan terkait tindakan terbaik itu bisa menekan kerusakan menjalar di bagian sistem suspensi lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *