Ciri Kerusakan Tie rod mobil
OTO MOBIL

Kenali Fungsi dan Ciri Kerusakan Pada Tie Rod Mobil

OTOBERITA.com – Salah satu komponen mobil dalam menjaga kestabilan ialah Tie Rod. Tugas utama tie rod yakni menjaga kendaraan agar bisa melaju dengan stabil, serta mudah dalam pengendaliannya.

Adapun letak dari komponen tie rod mobil berada tepat di antara steering gearbox dengan knuckle roda bagian depan. Selain itu pula juga sebagai penghubung kedua komponen tersebut.

Bahkan ada istilah lain dari pada tie rod mobil, dan semua itu tergantung dari penggunaan sistem kemudi pada kendaraan. Misalnya saja sistem kemudi steering rack, komponen itu dikenal dengan nama rack end ( ling tie rod ) dan tie rod end.

Baca juga :

Meski beda dalam istilahnya, namun masalah pada komponen tie road yang dihadapi sama saja. Maka diperlukan pemahaman tentang ciri kerusakan tie rod mobil secara benar dan tepat. Tujuannya agar nanti bisa di atasi segera mungkin.

Banyak faktor penyebab tie rod mobil rusak, namun umumnya terjadi karena faktor usia pemakaian yang relatif lama. Sementara itu ada pula ciri kerusakan tie rod yang tidak bisa di rasakan indikasinya.

Untuk itu berikut penjelasan mengenai ciri kerusakan pada tie rod mobil yang perlu anda ketahui.

Fungsi Tie Rod Mobil

Fungsi Tie Rod Mobil Yang Perlu Anda Ketahui

Sebelum menuju topik utama pembahasan beberapa gejala kerusakan, ada baiknya pahami dahulu fungsi tie rod mobil serta bentuknya.

Sebagai Penggerak Kemudi Ke Roda Depan

Seperti yang telah diketahui bahwa fungsi tie rod mobil umumnya, untuk menggerakkan putaran kemudi menuju roda depan.

Apabila pengemudi mulai membelokkan lingkar kemudi, secara otomatis roda depan akan ikut berbelok sesuai posisi lingkar kemudi pada mobil.

Nah, sebelum tenaga itu disalurkan ke roda depan. Menurut mekanis sistemnya menggerakkan dahulu lingkar kemudi, kemudian gear box ikut bergerak dan merubah gaya gerak jadi tarik atau dorong.

Pengatur Jarak Roda Depan

Selain itu fungsi tie rod mobil juga sebagai pengatur jarak antara roda depan.

Adapun sistem tie rod mobil terbagi menjadi dua toe bagian antara lain toe out dan toe in. Peran dan fungsi utamanya sebagai pengatur supaya roda depan bisa berotasi lurus dan stabil. Bahkan bisa mencegah keausan pada permukaan ban yang tidak merata.

Dengan begitu fungsi tie rod pada mobil begitu penting sekali dalam akses pengendara mengendalikan laju serta arah mobilnya.

Sebagai Fitur Peredam Getaran

Setelah ditelisik lebih dalam, ternyata bukan hanya suspensi yang berfungsi sebagai peredam getaran, tie rod juga berperan aktif.

Hanya saja proses peredaman getaran dari roda tidak disalurkan ke bagian setir ( roda kemudi ).

Apabila setir kemudi saat belok getarannya cukup kuat, ini merupakan indikasi atau tanda bahwa tie rod mobil bermasalah.

Dengan ciri kerusakan tersebut, diharapkan bisa segera diperbaiki. Sebab hal ini bisa mengganggu kenyamanan saat menyetir.

Ciri Kerusakan Tie Rod Mobil

Komponen tie rod mobil

Meski sebenarnya deteksi gelaja kerusakan pada tie rod jarang bisa diketahui. Namun dengan memahami beberapa ciri kerusakan tie rod, diharapkan anda bisa langsung mengatasinya.

Kondisi Setir Bergetar Kuat Ketika Mobil Berbelok

Tanda atau indikasi pertama ciri kerusakan pada tie rod mobil, yakni terdapat getaran di lingkar setir saat mau berbelok.

Meski ada faktor lain penyebab setir kemudi bergetar, namun potensi besar kemungkinan bisa jadi karena tie rod mobil bermasalah atau sudah mulai rusak.

Terdengar Bunyi di bagian Kaki-kaki Mobil

Salah satu ciri lain kerusakan pada tie rod mobil yakni terdapat bunyi di bagian kaki-kaki mobil.

Ini menandakan bahwa kondisi tie rod sudah aus, sehingga terjadilah efek bunyi berdecit.

Dengan begitu sebaiknya langsung saja bawa mobil ke bengkel resmi, agar dilakukan pengecekan kondisi tie rod benar rusak atau memang karena komponen lain yang bermasalah.

Posisi Lingkar Kemudi Tidak Presisi alias Lurus

Apabila posisi lingkar kemudi mobil kesayangan anda tidak presisi atau lurus, ini merupakan tanda kerusakan pada tie rod.

Biasanya kerusakan itu membuat posisi lingkar kemudi lebih condong ke arah tertentu, baik itu kanan maupun kiri. Sehingga saat anda mengemudikan mobil tentu akan merasakan ban mobil belok sendiri.

Kesimpulan

Dari informasi tersebut mulai dari,

  • Apa fungsi tie rod mobil?
  • Apa saja ciri kerusakan tie rod?
  • Bagaimana cara mengatasi kerusakan tie rod?

diharapkan sobat otoberita bisa memahaminya dengan jelas. Mengingat komponen tie rod mobil memiliki peran yang penting dalam menstabilkan mobil.

Selain itu juga anda perlu melakukan perawatan pada tie rod agar tidak mudah rusak serta lebih awet. Namun informasi yang di sampaikan di atas, merupakan ciri umum kerusakan tie rod.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *