Kelebihan Sistem Penggerak Toyota Fortuner
BERITA

Kelebihan Sistem Penggerak Toyota Fortuner

OTOBERITA.com – Sistem penggerak mobil mewah terutama jenis SUV ( Sport Utility Vehicle) kelas atas, kebanyakan pasti memakai tipe AWD alias All-Wheel Drive. Salah satunya ialah varian mobil keren sang Toyota Fortuner. Tak bisa dipungkiri mobil mewah SUV tersebut memang menarik sekali dari segi desain eksterior maupun interior, di tambah lagi fitur canggih yang tersemat.

Untuk sistem penggerak mobil Fortuner ini mempunyai keunikan tersendiri. Yang mana sistem tersebut mampu mendistribusikan tenaga yang besar ke semua roda, serta di sesuaikan dengan kondisi beban atau kondisi jalan yang dilalui. Bahkan fungsinya bisa meningkat secara signifikan.

Mobil pelibas medan berat bersistem penggerak AWD, akan dengan tanggap membaca kondisi daya cengkram di setiap ban. Kemudian mampu menambah tenaga pada ban lain yang tak terjebak.

Keuntungan mobil SUV tipe AWD, salah satunya mampu digunakan pada kondisi jalan licin. Bahkan menariknya kinerja sistem AWD mobil akan semakin baik, ketika melintasi jalanan off-road yang berbatuan atau berair seperti sungai kecil. Kontrol di setiap ban menjadi lebih baik, saat melakukan akseslerasi atau mau berbelok. Kestabilan mobil akan tetap terjaga serta respon kendaraan bisa meningkat, sehingga mengurangi resiko ban mobil selip.

Kelebihan sistem penggerak Toyota Fortuner bisa semakin terasa saat melintasi jalanan tidak rata. Misalnya ketika roda kiri depan dan belakang berada di tempat basah, secara otomatis komputer akan memberikan traksi dan porsi tenaga ditingkatkan pada bagian tersebut. Sedangkan saat mobil mulai menikung ke kanan, komputer akan otomatis merespon roda kiri belakang diberikan tenaga yang besar.

Komposisi pendistribusian tenaga mesin Toyota Fortuner 4×4 ini ialah 40:60 pada roda bagian depan dan belakang. Ini akan berfungsi apabila pengemudi mengaktifkan tuas ke posisi HL.Dan selanjutnya teknologi sistem penggerak akan bekerja secara optimal.

Adanya fitur LSD (Limited Slip Differential) sangat bermanfaat sekali untuk mendeteksi kondisi ban memakai sensor torsi. Keunggulannya fitur canggih tersebut mampu merespon saat salah satu as roda sedang terjebak di lumpur. Maka tenaga secara otomatis dipindahkan ke as roda lain, dengan porsi besar agar bisa keluar dari medan jalan tersebut.

Kelebihan Sistem Penggerak Toyota Fortune Lainnya

Kelebihan Sistem Penggerak Toyota Fortuner
Toyota Fortuner Melibas Jalanan Berlumpur ( Source img : gridoto.com )

Mobil mewah SUV nan unik ini tidak seperti mobil tipe penggerak AWD lain. Sebab mobil 4X4 Fortuner yang lebih profesional dengan tambahan low-range gear. Pada tuas pemindah sistem penggerak yang berada di posisi “HL”, maka mobil cocok sekali digunakan melintasi jalan medan berat. Misalnya daerah perkebunan atau jalanan perbukitan yang banyak sekali bebatuan serta lumpur.

Maka tugas diferential tengah akan dikunci, selanjutnya semua tenaga dibagi merata di bagian as roda depan belakang. Sedangkan fitur LSD dimatikan oleh komputer. Sehingga melintasi jalanan tersebut akan lebih mudah dan nyaman.

Adapun pilihan tuas dengan posisi “LL” yang mana juga bisa dipakai di medan off-road berat. Dalam posisi tuas itu tugas diferential tetap dikunci, namun ada perbandingan gigi yang keluar dari transfer case lebih besar. Hasilnya, torsi bakal meningkat secara dratis dan mobil mampu merayap dalam mode kecepatan rendah. Selain itu pendistribusian yang stabil secara besar kepada dua poros roda, membuatnya tidak kehilangan traksi ketika merayap naik seperti di jalanan menanjak.

Dan untuk pilihan tuas ke mode “N” alias sistem penggerak dua roda atau dikenal dengan 2WD. Mode ini cocok sekali digunakan pada kondisi jalan normal atau beraspal.

Itulah sisi lain dari kelebihan sistem penggerak Toyota Fortuner yang jarang orang ketahui. Mengingat mobil mewah berharga mahal ini hanya kalangan pecinta mobil SUV yang mengincarnya. Harga mobil Toyota Fortuner mulai Rp 600 juta ke atas, OTR Jakarta. Baca juga Daftar Harga Mobil SUV Toyota Fortuner

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *