Kesalahan Pemilik Motor Bikin Rusak
BERITA

Jangan Lakukan Hal Ini ! Jika Tak Mau Motor Anda Rusak

OTOBERITA.com – Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa sepeda motor merupakan kendaraan yang cukup mudah pengoperasiannya, serta bisa digunakan untuk penunjang aktifitas.

Di sisi lain harga motor terbilang murah sekali bila dibandingkan membeli sebuah mobil pada umumnya. Selain itu proses atau cara merawat sepeda motor relatif mudah, maka tak heran banyak masyarakat lebih menggemari kuda besi tersebut.

Namun usut punya usut banyak sekali pemilik roda dua atau sepeda motor kerap melakukan kesalahan, tanpa menyadari bisa membuat motor anda rusak.

Baca juga :

Lantas, seperti apa sih kesalahan tersebut yang bikin motor rusak? Di lansir dari laman liputan6 berikut beberapa kesalahan yang membuat motor kesayangan bisa rusak tanpa di sadari.

4 Kesalahan bagi Pemula Yang Bikin Motor Bisa Rusak

Kesalahan Pemilik Motor Bikin Rusak

1. Menunda Mengisi Angin Ban Motor

Pernahkah anda mengalami ban motor terasa aneh, serta kestabilan motor jadi terganggu ketika melaju kencang? Hal ini bisa terjadi lantaran kurangnya tekanan angin pada ban motor.

Meski sebenarnya motor tetap bisa dipakai saat ban tidak bocor. Tapi coba anda bayangkan ketika menggunakan sepeda motor dalam keadaan ban kurang angin. Hal ini merupakan kesalahan para pemilik motor, karena bisa membuat ban dalam mudah sekali terkoyak, serta kondisi pelek rawan terjadi bengkok.

Maka dari itu alangkah baiknya pastikan selalu cek kondisi angin pada ban. Pastikan ban selalu dalam keadaan tidak kempes, jika itu terjadi segeralah isi angin ban. Jangan sampai anda menundanya hingga akhirnya ban bocor.

Rekomendasi terbaik yakni isi angin ban dengan angin nitrogen, agar lebih awet dan membuat tekanan ban motor lebih stabil dalam kondisi cuaca tak menentu.

2. Memakai Bensin Oplosan

Pada umumnya pemilik motor lebih memilih hemat membeli bensin yang eceran. Padahal bensin eceran kebanyakan ada oknum nakal yang mengoplosnya dengan bahan lain. Justru ini malah membuat anda celaka.

Dan jika terus menggunakan bensin semacam itu. Sudah pasti bakalan membuat motor cepat rusak terutama dibagian mesin. Maka sangat disarankan membeli bensin atau bahan bakar motor di tempat yang rekomendasi seperti SPBU, demi motor kesayangan lebih awet dan tidak mudah rusak.

3. Mencuci Sepeda Motor di Bawah Terik Matahari

Mencuci Motor Dibawah terik matahari
Ilustrasi Mencuci Sepeda Motor ( Source Img : Solopos.com )

Seperti kebanyakan orang mencuci sepeda motor tepat di bawah terik matahari dengan tujuan motor lebih cepat kering. Namun tidak disadari itu merupakan kesalahan yang besar.

Mengapa demikian? Sebab mencuci sepeda motor dengan cara tersebut, bisa membuat warna bodi motor jadi belang. Terlebih bila mencuci dengan menggunakan sabun sembarangan bukan sabun khusus cuci motor.

Sebaiknya anda menghindari kesalahan tersebut demi kelangsungan motor anda lebih awet tidak mudah rusak.

4. Menggunakan Spare Part Palsu

Niatnya sih ingin menghemat biaya pengeluaran motor ketika mengganti spare part yang rusak dengan cara beli spare part palsu alias KW. Lantaran harga sparepart palsu jauh lebih murah dibandingkan dengan sparepart original buatan pabrik.

Meski pada umumnya penjual memberi wawasan bahwa sparepart KW kualitasnya tidak jauh beda dengan sparepart asli.

Namun hal itu tidak di sadari oleh pemilik motor, yang mana membuat motor lebih cepat rusak dan akhirnya malah lebih mengeluarkan biaya banyak untuk reparasi motor tersebut.

Untuk itu sangat disarankan selalu pakai sparepart asli atau original ya sobat otoberita, meski mahal sedikit tapi soal kualitas tak perlu diragukan lagi.

Kesimpulan

Itulah di atas beberapa kesalah pemilik motor yang tanpa di sadari membuat motor cepat rusak. Semoga informasi tersebut bermanfaat untuk kalian pengguna roda dua baik itu jenis motor bebek, sport maupun matik.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *