Inilah Ciri Mobil Bekas Berkualitas dan Masih Bagus
TIPS OTOMOTIF

Intip Yuk, Ciri Mobil Bekas Berkualitas

Apa sih ciri-ciri mobil bekas berkualitas? Cek Yuk ulasan singkatnya

OTOBERITA.com – Hingga saat ini pangsa pasar segmen mobil bekas berkualitas masih tetap ramai oleh konsumen. Mereka lebih memilih beli mobil bekas, lantaran harga lebih miring tentunya sesuai dengan budget yang dimiliki.

Hal ini cukup wajar, yang mana cara alternatif untuk punya mobil tak harus terbaru dan barang second / bekas bisa jadi pilihan yang tepat. Lantas, bagaimana dengan kualitas mobil bekas tersebut?

Maka tak heran para calon pembeli mobil, mencari referensi di internet mengenai tips ciri mobil bekas berkualitas dan masih terlihat bagus. Tujuannya agar ketika membeli mobkas tidak merasa tertipu oleh oknum atau penjual yang nakal.

Pentingnya memahami ciri mobil bekas berkualitas, sangat erat sekali dengan proses perawatan di masa mendatang. Apabila kondisi mobil itu masih bagus dan normal, justru anda untung karena tidak banyak mengeluarkan biaya perawatan kedepannya.

Dan berlaku sebaliknya, jika kondisi mobkas buruk alias tidak normal. Sudah dipastikan anda akan banyak menguras isi dompet untuk membenahi mobil yang anda beli tersebut. Meski harga mobkas kualitas buruk dibanderol harga jauh lebih murah. Dan anda pun teriming-iming oleh harga murahnya itu. Padahal biaya perawatan dan perbaikan jauh lebih banyak yang anda keluarkan nantinya.

Lantas, seperti apa sih ciri mobil bekas berkualitas dan masih bagus? Berikut penjelasan singkat untuk anda.

Ciri Mobil Bekas Berkualitas, Kondisi Bagus dan Normal

Di bawah ini akan diuraikan poin-poin bagaimana ciri mobil bekas berkualitas yang patut anda kenali terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk membelinya agar tidak tertipu oleh penjual nakal.

Suara Mesin Mobil Terdengar Halus atau Smooth

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah dengarkan suara mesinnya. Apabila suaranya halus sudah dipastikan mobkas itu kondisinya masih bagus. Caranya cukup dengan test drive serta dengarkan suara mesinnya.

Biasanya mobil lawas yang masih bagus suara mesin tidak menderu, baik dikecepatan sedang atau tinggi. Atau bisa dengan cara hidupkan mesin mobil sekitar 10 menit serta kondisi kap terbuka, amati secara seksama suaranya.

Amati Tangki Bahan Bakar dan Oli, Pastikan Tidak Bocor

Setelah anda mengecek suara mesin mobil, Langkah selanjutnya amati tangki bahan bakar dan oli. Pastikan tidak ada kebocoran atau rembesan. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir perbaikan di masa mendatang. Cara ini merupakan salah satu mendeteksi ciri mobil bekas berkualitas dan masih bagus.

Pastikan Asap Knalpot Tidak Putih atau Hitam

Amati Asap Knalpot Mobil

Cara mendeteksi ciri mobil bekas berkualitas lainnya ialah dengan melihat asap yang keluar dari knalpot mobil.

Apabila asap mobil warna hitam ini suatu petanda bahwa pembakaran diruang bakar tidak sempurna. Sedangkan asap mobil warna putih, ini merupakan ciri mobil yang mana proses pembakaran bercampur dengan oli.

Pastikan ujung knalpot mobil meski mesin dihidupkan tetap bersih, ini adalah salah satu tanda bahwa kondisi mobkas masih bagus.

Perpindahan Gigi Persneling Mobil Masih Halus dan Mudah

Ciri mobil masih normal ialah ketika perpindahan gigi persneling terasa lebih mudah dan halus, tidak sulit atau terasa berat. Cara ini bisa diketahui dengan melakukan test drive, rasakan disetiap perpindahan gigi. Apabila terasa halus dan mudah, sudah pasti kondisi mobil masih normal. Dan bisa anda jadikan pilihan terbaik.

Kondisi Mobil Masih Kuat Menanjak

Jangan lupa lakukan test drive di jalanan menanjak dengan kemiringan 20-30 derajat. Apabila kondisi mobil masih normal tentu sangat mudah sekali melewatinya tanpa hambatan. Namun sebalinya, jika kondisi mobil bermasalah justru sulit untuk menanjak. Dikarenakan kondisi mesin yang mulai berumur atau ada komponen yang mulai rusak.

Maka hal itu patut anda pertimbangkan untuk daftar mobil bekas pilihan terbaik anda. Setelah anda tahu beberapa ciri mobil bekas lawas yang masih bagus.

Panel Indikator dan Speedometer Masih Normal

Pastikan Panel Dashboard Masih Normal

Jangan anda lewatkan pula untuk mengecek bagian interior mobil, terutama pada dashboard. Pastikan semua panel indicator dan speedometer masih normal tidak ada kerusakan. Mulai dari indicator temperature, jarum rpm, indicator oli dan lain sebagainya.

Bila sudah anda cek semua normal, sudah dipastikan mobil bekas tersebut masih sehat, tidak ada kendala.

Eksterior Bodi Mobil Masih Mulus

Pada bagian kondisi mobil eksterior perlu anda cek juga. Biasanya mobil masih bagus, mencerminkan kondisi eksterior masih mulus dan kinclong. Tidak ada cacat seperti peyok, bekas cat ulang, bekas goresan dan lainnya. Caranya cukup anda raba secara menyeluruh, bila ada benjolan bisa jadi bekas dempulan.

Harga Jual Mobil Bekas Masih Normal

Setelah anda mengetahui ciri mobil bekas berkualitas dan masih bagus. Serta sudah menentukan pilihan yang tepat pada mobil itu, pastikan harga jual mobil bekas masih normal. Tidak jauh murah ketimbang harga pasaran mobil.

Semisal harga pasaran Toyota Avanza Bekas 2015 Rp 110 juta, dan anda mendapatkan dengan harga Rp 80 juta. Jangan terkecoh harga murah, bisa jadi mobil bekas tidak rekomendasi alias bermasalah.

Cara ini diterapkan untuk patokan harga jual mobil bekas pilihan tersebut, biasanya selisih dari harga pasaran cuma Rp 5 juta saja.

Kesimpulan

Dengan uraian diatas mengenai ciri mobil bekas berkualitas dan masih bagus. Diharapkan anda jadi lebih percaya diri memilih mobil bekas sendiri, sebab sudah punya bekal ilmu tentang cara ketahui ciri mobil bekas masih bagus layak dibeli.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *