BERITA

Intip, Sejarah Mobil Legendaris Suzuki Jimny di Indonesia

OTOBERITA.com – Ingin tahu sejarah mobil legendaris Suzuki Jimny? Pasti bagi sebagian orang pecinta mobil off road sudah kenal dengan sosok mobil Suzuki Jimny. Mengingat mobil buatan Suzuki ini sudah lebih dari 40 tahun berkiprah di pasaran otomotif Indonesia. Melalui PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), produk mobil tersebut pertama kali dikenalkan di era tahun 1979. Tentu bagi kalian kelahiran era tahun 1960 pasti sudah mengerti sejarah mobil legendaris Suzuki Jimny.

 

Suzuki Jimny dikenal sebagai mobil off-road yang begitu lincah dalam bermanuver serta tangguh melibas segala medan jalan. Tak heran di Indonesia komunitas mobil Jimny begitu banyak terutama khalayak orang dewasa. Desain khas yang ikonik serta memiliki beragam fitur fungsional, membuat mobil Jimny alias Jangkrik begitu di sukai para penggemarnya.

 

Sejarah Suzuki Jimny Indonesia

 

Generasi Pertama

Suzuki Jimny 1979 Generasi Pertama
Suzuki Jimny 1979 Generasi Pertama

Diketahui Suzuki Jimny generasi pertama lahir yaitu seri LJ80 yang di bawa oleh PT SIS di era tahun 1979 silam. Mobil ikonik tersebut lebih dikenal dengan julukan “Jimny Jangkrik”. Menariknya mobil pelibas segala medan jalan itu dirakit langsung di Indonesia dengan membawa kapasitas mesin 800cc.

 

Kehadiran mobil off-road 4×4 itu sejak pertama kali diluncurkan langsung banyak memikat calon pembeli untuk membeli unit Jimny LJ80. Untuk harga mobil Jimny Jangkrik bisa cek disini.

 

Kabarnya Jimny Jangkrik juga memiliki generasi turunan yang diproduksi tahun 1981 yaitu seri LJ-80V serta LJ-80Q berdesain pintu yang terbuat dari bahan metal. Bagaimana menarik sekali bukan?

 

Generasi Kedua

Suzuki Jimny SJ410 si mobil ikonik
Suzuki Jimny 1982 Generasi Kedua

Untuk generasi kedua lahir di era tahun 1982, dengan mengusung seri Suzuki Jimny SJ410 atau dikenal hingga kini bernama Suzuki Katana. Mobil legendaris itu dibekali dengan mesin berkapasitas 1.000cc, namun sistem penggerak mobil berubah menjadi 4×2 yang mana awalnya bersistem penggerak empat roda alias 4WD.

 

Hadirnya mobil Suzuki Katana ini merupakan titik puncak popularitas di masanya dulu, berkat bodi kompak serta kemudahan dalam modifikasi Suzuki Katana, selain itu masih lincah dalam bermanuver dan tangguh di ajak berpetualang mengarungi medan jalan off-road sehingga banyak penggemar mobil tersebut.

 

Kabarnya pada generasi kedua bukan hanya sosok Suzuki Katana yang rilis oleh pihak PT SIS, melainkan ada seri lain versi long wheelbase yang mana memiliki julukan unik yaitu Jimny Long.

 

Kemampuan mobil itu banyak di manfaatkan oleh masyarakat di daerah terpencil dan sulit jangkauan. Sebab Suzuki Jimny cocok sekali dengan jalanan di sana yang cukup terjal tidak semulus jalanan perkotaan.

 

Generasi kedua ini juga memunculkan sosok Suzuki Jimny SJ413 atau Carribian yang diproduksi tahun 2004 silam. Menariknya model mobil Jimny ini memang paling beda dari lainnya, sebab memiliki sebuah extra-cub dan hampir menyerupai mobil pick-up dengan membawa mesin kapasitas 1.300cc.

 

Generasi Ketiga

Suzuki Jimny Wide Generasi Ketiga
Suzuki Jimny 2017 Generasi Ketiga

Perlu anda ketahui Ajang GIIAS 2017, merupakan saksi di mana generasi ketiga Suzuki Jimny Indonesia diluncurkan dengan seri JB33 atau dikenal dengan sosok Jimny Wide. Kehadiran mobil ikonik tersebut begitu ekslusif berkat desain tak bersudut namun tetap tidak meninggalkan kesan khas Jimny sebagai ikonik dan mobil jantan.

 

Spesifikasi mesin Suzuki Jimny Wide berkapasitas 1.300 cc dan menggunakan sistem penggerak All-Wheel Drive (4WD), seperti generasi pertamanya.

 

Penjualan mobil Suzuki Jimny Wide juga terasa lebih eksklusif karena hanya sebanyak 88 unit saja dan harga Jimny Wide senilai Rp 285 juta OTR Jakarta.

 

Generasi Keempat

Generasi Keempat sosok Suzuki Jimny 2019
Suzuki Jimny 2019 Generasi Keempat

Donny Saputra selaku 4W Marketing Director PT SIS berkata,”Seperti yang telah kita tahu bahwa sosok Suzuki Jimny begitu banyak kenangan yang melekat di hati konsumen sejak tahun 1979. Hal ini terbukti dengan jumlah penjualan sejak tahun 1979 hingga kini mencapai 130.334 unit.

 

Mengingat di setiap seri Jimny yang diluncurkan di Indonesia, selalu membangkitkan kembali memori masa lalu perjalanan Jimny yang begitu historis serta fenomenal sebagai salah satu mobil legendaris. Dengan begitu kini di ajang GIIAS 2019, kami meluncurkan Jimny generasi keempat sebagai bentuk apresiasi kami terhadap pecinta mobil Jimny di Indonesia.”

 

Perjalanan panjang sejarah mobil legendaris Suzuki Jimny dari generasi ke generasi, telah begitu banyak menorehkan cerita serta kesan bermakna bagi para penggemarnya. Sehingga PT SIS mengklaim Indonesia sebagai target pasar mobil off-road ikonik tersebut.

 

Suzuki Jimny 2019 berhasil meraih gelar 2019 World Urban Car dan World Car Design Of The Year di acara ajang World Car Awards, kehadirannya yang begitu eksklusif merupakan wujud keinginan para penggemar setia Jimny Indonesia. Untuk harga Suzuki Jimny 2019 bisa cek disini.

 

Itulah ulasan sejarah Suzuki Jimny di Indonesia dari generasi pertama hingga generasi keempat. Semoga anda bisa mengingat kembali memori tentang kesuksesan Jimny masuk pasar otomotif Tanah Air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *