Penyebab Mobil Susah Hidup saat Pagi hari
TIPS OTOMOTIF

Inilah Penyebab Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari

Penyebab Mobil Susah Hidup Saat Pagi – seperti yang telah kita ketahui bahwa mobil merupakan salah satu alat transportasi yang efisien. Mengapa demikian? Karena sanggup membawa banyak penumpang sekaligus beberapa barang bawaan anda.

Tak heran kebanyakan orang tentu menginginkan kendaraan roda empat tersebut alias mobil untuk keperluan keseharian. Baik untuk mengangkut barang seperti jenis mobil pick up, atau untuk bepergian jauh bersama keluarga tercinta.

Hanya saja bila memiliki kendaraan pribadi seperti mobil, tentu tidak luput dari masalah yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Apalagi minim sekali perawatan mobil itu sendiri.

Dan salah satu masalah yang kerap di alami oleh pemilik mobil ialah mobil susah hidup saat pagi hari. Hal ini justru menimbulkan aktifitas pemilik kendaraan menjadi sangat terganggu, apalagi saat keadaan mendesak memerlukan sebuah mobil.

Namun kini masih banyak juga yang belum tahu penyebab mobil susah hidup saat pagi hari. Tak heran banyak sekali yang berspekulan bahwa mobil sedang rusak perlu diperbaiki. Padahal belum tentu spekulasi itu benar adanya.

Nah, untuk itu perlunya mengenali lebih jauh tentang penyebab mobil susah hidup menjelang pagi hari, agar bisa menjadi pedoman bagi yang sedang mengalami hal tersebut.

Biasanya para pemilik mobil umumnya lebih melihat pada tanda indikator penyebabnya, agar mudah sekali dalam mengatasinya.

Berikut kami rangkumkan pembahasan mengenai beberapa penyebab umum pada mobil susah dihidupkan saat pagi hari. Tujuannya agar bisa jadi referensi terbaik bagi pemula maupun pemilik kendaraan lainnya.

Penyebab Mobil Susah Hidup Saat Pagi Hari

Anda perlu mengetahui dan mempelajari faktor penyebab mobil susah hidup, yang mana bisa dipicu oleh beberapa hal terkait.

Tegangan Aki Mulai Melemah

Kinerja Aki Mulai Menurun

Perlu anda ketahui apabila tegangan aki mulai melemah, ini bisa memicu timbulnya mobil susah hidup saat pagi hari.

Faktor yang paling umum tersebut bisa anda ketahui bila mengecek dahulu tegangan baterai aki lemah, dengan alat pengukur bernama voltmeter atau multitester.

Namun apabila anda masih bingun cara mengecek tegangan aki mobil, langsung saja bawa ke bengkel khusus aki agar segera dilakukan pengecekan lebih lanjut.

Sehingga jika benar karena tegangan baterai aki melemah, solusinya anda harus melakukan pengisian daya aki pada mobil terlebih dahulu.

Sementara itu jika memang tidak memungkinkan untuk dilakukan pengisian, maka solusi terakhirnya ialah dengan cara mengganti aki mobil yang baru.

Terjadi Masalah Pada Komponen Busi

Komponen Busi Bermasalah

Penyebab mobil susah hidup di pagi hari, bisa saja ditimbulkan oleh masalah pada bagian busi mobil itu sendiri.

Lantaran, peran busi mobil cukup penting untuk proses awal pembakaran yakni sebagai pemercik api ke ruang pembakaran mesin. Maka bisa disimpulkan baik buruknya pengapian tergantung dari kondisi maupun kualitas busi mobil anda.

Salah satu indikasi busi bermasalah biasanya kondisinya sudah mulai kotor atau celahnya terlalu lebar, dan menyebabkan mesin mobil sulit untuk di starter.

Solusinya cukup anda cek dahulu kondisi busi dengan cara melepasnya di bagian tengah blok mesin. Lalu perhatikan secara seksama kondisi busi tersebut.

Jika memang kotor, sebaiknya bersihkan dengan amplas halus hingga kotoran yang menempel bisa hilang. Sebab bisa jadi kotoran itu menghambat proses sistem pembakaran pada mesin mobil kurang maksimal.

Serta bisa membuat mesin sulit dihidupkan pertama kali, apalagi di pagi hari keadaan mesin suhunya masih dingin.

Terjadi Masalah Pada Karburator Mobil

Biasanya penyebab lainnya bisa terjadi karena karburator mobil bermasalah. Namun hal ini hanya berlaku pada mobil yang masih pakai sistem karburator untuk proses pembakarannya.

Hal umum yang terjadi biasanya karburator banjir. Maka cara mengatasinya cukup mudah yakni dengan membongkar bagian karburator serta mensetting kembali posisi pelampung dengan tepat.

Apabila anda masih bingung, langsung saja bawa ke bengkel resmi mobil agar segera ditangani dengan cepat dan benar sesuai prosedur.

Sistem WTS Tidak Bekerja dengan Sempurna

Apa itu WTS pada mobil? WTS singkatan dari Water Temperature Sensor, yang mana teknologi ini hanya ada pada mobil keluaran terbaru.

Peran atau fungsi WTS pada mobil untuk mendeteksi kondisi suhu di sistem permesinan sebuah mobil. Sehingga jika komponen WTS bermasalah tentu mempengaruhi sistem kinerja injeksi. Dan parahnya menimbulkan mobil susah dihidupkan.

Solusinya jika memang benar terjadi kendala pada WTS, sebaiknya bawa mobil ke bengkel khusus yang bisa menangani masalah kelistrikan. Lantaran proses pengecekan serta perbaikan yang cukup rumit, perlunya tenaga makanik yang ahli dibidangnya.

Kinerja Pompa Bensin yang Menurun

Diketahui kinerja pompa bensin yang mulai menurun merupakan salah satu indikasi penyebab mobil susah hidup saat pagi hari.

Fungsi pompa bensin sendiri yakni memompa bensin dari tangki menuju karburator mobil.

Jika pompa bensin bermasalah, tentu membuat daya aliran bensin tidak bisa mengalir secara maksimal ke dalam karburator.

Solusinya tak lain ialah mengganti pompa bensin dengan yang baru agar kinerjanya bisa optimal kembali. Jangan malah membiarkannya begitu saja.

Jarang Melakukan Servis Mobil Berkala

Faktor lain penyebab mobil susah hidup saat pagi hari ialah jarangnya melakukan servis mobil secara berkala. Ini petanda bahwa pemilik mobil malas melakukan perawatan pada mobil yang seharusnya dilakukan.

Mengingat manfaat service rutin pada mobil, tentu membuat performa mobil tetap terjaga dengan baik di segala kondisi. Upayakan anda selalu rutin menservis mobil berkala, sebab banyak sekali yang dicek oleh tenaga ahli di bidang otomotif nantinya.

Sehingga jika terjadi masalah bisa segera ditangani lebih lanjut secara tepat dan benar. Minimal servis mobil setiap enam bulan sekali.

Kesimpulan

Dari rangkuman di atas, tentunya anda sudah faham atau jelas sekali beberapa indikasi penyebab mobil susah hidup di pagi hari. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat untuk anda yang mengalami persoalan tersebut. Sampai jumpa di tips otomotif lainnya sobat otoberita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *