OTO MOTOR

Inilah Harga Honda Monkey Terbaru di Indonesia

OTOBERITA.com – Ingin beli unit motor klasik berdesain unik? Honda Monkey bisa jadi pilihan anda. Desain yang berbeda dari lain membuat motor mini bergaya klasik ini memiliki ciri khas tersendiri. Meski begitu fitur motor buatan Honda ini sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS, suspensi Upside Down dan beberapa teknologi canggih lainnya.

 

Sejarah Honda Monkey pertama kali diluncurkan era tahun 1961, namun terus mengalami perubahan hingga sekarang. Tapi Honda tetap tidak meninggalkan kesan desain klasik, yang merupakan ciri khas dari Honda Monkey. Namun bila sudah berbicara soal desain motor pasti selera orang berbeda-beda. Bagi pecinta motor klasik modern, maka Honda Monkey bisa jadi pilihan yang tepat.

 

Spesifikasi Honda Monkey 2020 Indonesia

Harga Honda Monkey 2020 di Indonesia

1. Review Honda Monkey

 

Diketahui Honda Monkey memang menyasar pasar motor mini klasik di Indonesia yang mana siap jadi pesaing Kawasaki Z125 Pro. Kedua motor mini klasik ini sama-sama pakai mesin berkapasitas 125cc, tapi yang jadi berbedaan ialah Honda Monkey mengusung desain klasik. Sedangkan Kawasaki Z125 Pro lebih menganut konsep desain lebih modern serta banderol harga lebih terjangkau.

 

Kesimpulannya Harga Honda Monkey terbaru lebih mahal bila di bandingkan dengan harga Kawasaki Z125 Pro. Hal ini dikarenakan motor Monkey di import secara utuh dari luar Negeri (CBU). Harga yang relatif mahal memang tidak membuat Honda takut menjualnya, karena motor mini ini punya pasar tersendiri.

 

2. Dimensi Honda Monkey

 

Salah satu kelebihan dari motor mini Honda Monkey ialah desain yang unik serta nampak funky, cocok bagi mereka yang ingin tampil beda dan jadi pusat perhatian banyak orang. Dimensi motor ini hanya panjang 1.710 mm, lebar 755 mm, tinggi 1.092 mm, jarak jok dengan tanah mencapai 776 mm dan memiliki bobot sebesar 107 kg saja.

 

Meski bisa di bilang dimensi motor yang mungil tidak membuat kenyamanan motor berkurang. Motor ini juga cocok untuk keliling kota atau pedesaan, karena lebih gesit serta lincah dalam bermanuver sehingga bisa menerobos kemancetan secara mudah. Untuk ground clearance motor ini berkisar 160 mm dan jarak sumbu roda 1.155 mm. Di bagian depan motor terdapat tangki bahan bakar berkapasitas 5,6 liter.

 

3. Desain Honda Monkey

 

Desain Honda Monkey begitu klasik sekali terlihat dari segi bodi, namun pada bagian headlamp dan stoplamp sudah berteknologi LED seperti motor modern keren zaman sekarang. Bentuk headlamp memang dibuat bundar agar nuansa motor klasik era 70an tetap melekat pada Honda Monkey.

 

Dengan ukuran tangki yang cukup besar, konsumsi bahan bakar motor ini relatif irit tercatat 67 Km/liter. Lebih irit bila dibandingkan dengan deretan motor sport Honda saat ini yang mempunyai dimensi bodi yang besar. Keiritan konsumsinya tak luput dari pengaplikasian teknologi PGM-FI electronic Fuel Injection yang membuat pembakaran mesin menjadi semakin sempurna.

Desain Honda Monkey 2020 Terbaru Unik

Pada bagian speedometer Honda Monkey telah memakai full LCD untuk menampilkan beragam informasi penting seperti trip meter, konsumsi BBM, odometer, serta indikator perpindahan gigi. Bahkan motor ini sudah pakai suspensi tipe Upside Down yang membuat harga motor Honda Monkey di banderol cukup mahal, karena sebanding dengan tingkat kenyamanan berkendara yang baik.

 

Selain itu juga telah menawarkan ridding position yang nyaman bagi pengendara. Salah satunya ialah posisi stang tinggi ditambah jok motor yang empuk. Desain jok motor di buat rata dengan posisi tangki agar nyaman dikendarai. Cocok juga untuk kalian yang suka touring dari kota ke kota lain.

 

4. Mesin Honda Monkey

 

Dapur pacu Honda Monkey 2020 pakai mesin satu silinder SOHC 4 tak 2 katup berkapasitas 125cc dengan sistem pendingin udara (Air Cooled). Tenaga mesin yang dihasilkan mencapai 6.9 kW @7.000 rpm dan torsi 11 Nm @5.200 rpm.

 

Bila dilihat dari tenaga dan torsi motor hampir mirip dengan seri Honda Supra X 125 yang mengusung kapasitas mesin 125cc. Honda Monkey ini menggunakan transmisi manual 4 percepatan dengan kopling manual seperti pada motor sport Honda pada umumnya. Dengan posisi pola perpindahan gigi yaitu 1-N-2-3-4.

 

Untuk mesin Honda Monkey soal emisinya sudah lulus standart Euro 4. Jadi tak heran suara mesin begitu halus serta punya leher knalpot panjang dengan catalyst tepat dibawahnya. Hadirnya kopling manual membuat hentakan menjadi lebih bertenaga bila dibandingkan dengan motor bebek kelas 125cc. Kenyamanan berkendara motor ini juga tak luput dari posisi setang tinggi dan lebar.

 

5. Suspensi Honda Monkey

Suspensi Upside Down Honda Monkey

Melirik bagian kaki-kaki motor, sudah mengusung suspensi tipe Upside Down dengan pelengkap travel 100 mm. Dan bagian belakang pakai Twin Shock bertravel 104 mm. Dengan suspensi tersebut membuat motor ini begitu nyaman dan empuk ketika melewati jalanan tidak rata. Untuk ukuran velg Honda Monkey pakai ring 12 inchi.

 

Sedangkan profil ban motor bagian depan 120/80-R12 65J dan ban belakang 130/80-R12 69J, dengan ban yang nampak gambot membuat tingkat akselerasi motor menjadi lebih stabil.

 

6. Sistem Pengereman Honda Monkey

 

Honda membekali motor ini dengan rem cakram di kedua rodanya. Pada bagian depan pakai rem cakram hidrolik diameter 220 mm dan belakang memakai rem cakram diameter 190 mm. Ditambah lagi sistem pengereman ABS Single Channel yang sudah dikontrol secara langsung oleh Inertial Measurement Unit (IMU), untuk menghasilkan tingkat pengereman yang lebih responsif.

 

Namun motor Honda Monkey belum pakai sistem penguncian Keyless (Smart Key System). Tapi Honda telah sematkan fitur answer back system dan alarm.

 

Target pemasaran Honda Monkey ini tentu mereka yang hobi mengendarai motor mini klasik. Mengingat Honda Monkey 125 di banderol cukup mahal, bila di bandingkan dengan jajaran motor kelas 125cc. Serta kapasitas mesin yang kecil bila di bandingkan dengan beberapa motor sport Honda yang rata-rata pakai mesin 150cc – 250cc. Lantas, berapa harga motor klasik Honda Monkey di Indonesia?

 

7. Harga Honda Monkey Terbaru di Indonesia

 

Pihak PT Astra Honda Motor membanderol harga Honda Monkey 2020 senilai Rp 65 jutaan (harga resmi). Bagaimana cukup mahal sekali bukan untuk sekelas motor mini berkapasitas mesin 125cc? Meski termasuk daftar motor mahal, tapi sebanding dengan teknologi canggih yang membuatnya begitu eksklusif dan spesial, bila dibandingkan dengan deretan motor mini yang sudah beredar di Indonesia.

 

Pasti sebagian orang beranggapan motor mini klasik buatan Honda ini di banderol harga murah mengingat ukuran motor yang kecil. Tapi bila anda beli unit motor Monkey dari importir umum pasti harganya mencapai Rp 90 jutaan. Mengingat harga Honda Monkey resmi cuma Rp 65 jutaan. Bagaimana tertarik untuk membeli motor mini klasik tersebut?

 

Dengan harga yang ditawarkan tersebut pasti tidak begitu masalah bagi para kolektor motor mini klasik. Berikut di bawah ini beberapa kelebihan dan kekurangan motor Honda Monkey.

Kelebihan Honda Monkey Terbaru 2020

8. Kelebihan Honda Monkey 2020

 

  • Speedometer sudah Full Digital yang begitu informatif dan modern.
  • Kedua roda sudah berbekal rem cakram dan pakai ban gambot sehingga lebih stabil ketika dikendarai.
  • Sudah dilengkapi dengan sistem pengereman ABS.
  • Lampu depan belakang sudah berteknologi LED.
  • Suspensi depan Upside Down dan Suspensi belakang Twin Shock.
  • Ridding Position yang nyaman.
  • Transmisi 4 manual percepatan dilengkapi kopling manual.
  • Mesin yang begitu responsif dan emisi berstandart Euro 4.
  • Desain motor mini klasik unik.

 

9. Kekurangan Honda Monkey 2020

 

  • Harga beli motor baru Honda Monkey sangat mahal.
  • Tidak cocok bagi pengendara berpostur terlalu besar.
  • Suspensi tidak dibekali pengaturan tingkat kekerasan.

 

Itulah beberapa review, spesifikasi dan harga Honda Monkey Indonesia. Semoga ulasan di atas bisa bermanfaat bagi calon konsumen yang ingin cari referensi motor mini klasik yang berbeda dengan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *