Penyebab Mesin Motor Matic Bersuara Kasar
EDITOR PICK

Ingin Tahu, Penyebab Mesin Motor Matic Bersuara Kasar !

OTOBERITA.com – Sepeda motor jenis matik kini telah menjadi pilihan terbaik bagi masyarakat Indonesia. Hal ini tak luput dari pengoperasiannya yang begitu mudah serta nyaman digunakan.

Tak mengherankan bila penjualan motor matic di Indonesia selalu meningkat di setiap tahunnya. Bahkan kini yang cukup populer ialah Honda BeAT dan Honda Vario 150.

Di sisi lain karena mudahnya penggunaan motor matik, sebagian pemilik motor kerap melalaikan tentang merawat motor matik, sehingga sering mengalami kerusakan atau masalah.

Penyebab Mesin Motor Matic Suara Kasar

Salah satu kerusakan yang umum terjadi ialah suara mesin motor matic kasar. Penyebab suara kasar pada mesin matik ini tak lain ialah komponen CVT ( Continous Variable Transmission) yang bermasalah, serta seher dari matik itu sendiri.

Biasanya kerusakan pada CVT ini berasal dari komponen roller yang sudah peyok alias sudah tidak layak pakai, sehingga perlu diganti dengan yang baru.

Nah, untuk mencegah masalah tersebut sebaiknya anda rutin service kendaraan di bengkel dan rutin ganti oli mesin motor matik. Tentunya untuk ganti oli motor matik biasanya setiap sudah menempuh jarak minimal 2000 km atau dua bulan sekali.

Cara Mengatasi Suara Kasar pada Mesin Matic

Sedangkan untuk service CVT sebaiknya dilakukan setiap tiga bulan sekali, namun semua itu tergantung pemakaian oleh pemiliknya. Apabila CVT sudah rusak, segeralah ganti dengan yang baru agar suara kasar pada mesin matik bisa teratasi. Jangan lupa selalu gunakan spare part asli alias original agar lebih awet dan tahan lama.

Sebab komponen CVT ini merupakan yang paling vital pada motor matik, layaknya komponen rantai pada motor jenis bebek maupun sport. Maka sangat dianjurkan untuk melakukan perawatan pada CVT motor matic.

Tak lupa juga pemilihan jenis oli yang tepat dan rekomendasi merupakan faktor penentu usia mesin motor matik itu sendiri. Sehingga jangan asal-asalan dalam memilih oli matik terbaik untuk motor Yamaha Lexi misalnya. Sebab oli yang kualitas buruk mampu membuat mesin cepat panas dan parahnya menimbulkan overheat.

Kesimpulan

Dari penjelasan di atas bisa disimpulkan bahwa penyebab mesin motor matic bersuara kasar ditimbulkan oleh salah satu komponen CVT yang rusak. Serta pemberian oli yang tidak sesuai standart rekomendasi. Dan jarang melakukan servis motor matic kesayangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *