Penyebab Lampu Motor Redup
OTO MOTOR, TIPS OTOMOTIF

Ingin Tahu, Penyebab Lampu Motor Redup !

OTOBERITA.com – Diketahui komponen yang terdapat pada sepeda motor memang terbilang cukup banyak sekali dan beraneka ragam. Mulai yang berkaitan dengan sistem kelistrikan maupun mesin motor.

Berbicara mengenai kelistrikan sepeda motor, mayoritas model motor masa kini sistemnya nampak rumit sekali. Meski dibuat lebih simple, namun apabila ada gejala kerusakan tentu cukup sulit mendeteksinya. Salah satunya penyebab lampu motor redup.

Tak bisa dipungkiri tentu masalah itu pasti berkaitan dengan sistem kelistrikan motor yang bermasalah. Bagi pengguna motor matic, pasti pernah merasakan hal semacam itu.

Untuk mengetahui lebih jelas letak titik masalahnya soal lampu motor redup. Berikut di bawah ini informasi singkatnya agar segera dilakukan perbaikan nantinya.

Penyebab Lampu Motor Redup

Ada beberapa faktor pemicu terjadinya lampu motor mulai redup, antara lain sebagai berikut :

Kualitas Jenis Bohlam Lampu

Jenis Bohlam Lampu Motor

Poin pertama, penyebab lampu motor redup bisa di akibatkan oleh kualitas bohlam lampu yang anda pilih.

Namun bila sepeda motor anda menggunakan tipe lampu LED, sudah dipastikan bukan itu masalahnya, sebab biasanya hal ini terjadi pada jenis atau tipe lampu bohlam saja.

Lantaran anda salah memilih tipe bohlam yang sesuai dengan kendaraan kesayangan. Pastikan sesuai dengan standart rekomendasi dari pabrikan. Pada umumnya bohlam lampu yang dijual di pasaran mulai dari 35 watt 12 volt, 24 watt 12 volt dan 55 watt 12 volt.

Selain itu gunakan merk bohlam lampu untuk sepeda motor yang berkualitas terbaik. Agar nanti pancaran sinar cahaya yang dihasilkan menjadi semakin baik, tidak mudah redup.

Kerusakan Pada Reflektor Lampu

Semua perangkat elektronik pasti mempunyai masa pakai sendiri-sendiri, begitu juga dengan sistem reflektor pada lampu motor.

Komponen itu bisa jadi letak titik permasalahan mengenai penyebab lampu motor redup. Dikarenakan masa pakai alias sudah berumur, biasanya ditandai dengan berubahnya warna dari mika reflektor jadi buram. Sehingga berdampak pada pencahayaan yang nampak kurang maksimal dari biasanya.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan pergantian reflektor lampu dengan yang baru. Dan pastikan anda memakai spare part yang original standart pabrikan. Tujuannya agar lebih awet dan masa pakai cukup panjang.

Socket Pada Lampu Mulai Kendor

Selain itu indikasi penyebab lampu motor redup besar kemungkinan disebabkan oleh socket lampu yang mulai kendor.

Mengingat tegangan dari arus yang disalurkan ke bohlam menjadi kurang maksimal, karena socket lampu kendor. Maka cobalah anda cek bagian socket lampu motor, apakah kendor atau tidak?

Bisa juga karena pemasangan socket lampu yang kurang tepat, selain kualitas bohlam yang anda pilih.

Fitting Lampu Sudah Waktunya Diganti

socket lampu motor rusak

Pemicu lain dari lampu motor redup, bisa juga dibagian fitting lampu yang sudah tidak layak pakai alias sudah berumur.

Biasanya ditandai dengan adanya bekas dudukan lampu yang mulai terbakar, terutama di area tembaganya. Maka dari itu, untuk mengembalikan lagi performa pencahayaan yang terang, segeralah ganti fitting lampu yang baru.

Saklar Lampu Mulai Rusak

Faktor lain yang bisa menyebabkan lampu motor matic redup ialah usia saklar lampu itu sendiri.

Hal ini dikarenakan adanya kotoran yang membuat kondisinya menjadi korosi dan memicu fungsi saklar tidak normal. Ini bisa terjadi pada motor keluaran lawas.

Namun untuk motor keluaran terbaru sudah pakai teknologi AHO yang memungkinkan lampu terus menyala saat stop kontak posisi “ON”.

Spul Penerangan Mulai Bermasalah

Komponen spul penerangan yang mulai bermasalah bisa jadi pemicu terjadinya lampu motor redup.

Untuk pengecekan bagian tahanan spul diperlukan alat khusus yang mana anda perlu membawanya ke bengkel motor. Agar diperbaiki sistem kelistrikan motor kesayangan anda. Dan nantinya pasti makanik akan memberikan solusi terbaik, entah itu diganti atau bisa diperbaiki saja.

Kondisi Aki Motor Melemah

Perlu anda ketahui bahwa kondisi aki motor melemah bisa memicu bagian kelistrikan motor fungsinya jadi menurun. Seperti halnya lampu motor mulai redup.

Sebab aki merupakan sumber pensuplai arus yang memberikan daya pada setiap komponen listrik pada sepeda motor.

Sehingga bila kondisi aki menurun, bisa berdampak juga pada lampu pencahayaan yang kurang maksimal.

Pastikan anda memeriksa bagian aki terlebih dahulu, apakah kondisinya normal atau tidak? Sebelum memutuskan untuk ganti aki baru.

Kinerja Kiprok Motor Menurun

Penyebab lain dari menurunnya cahaya lampu motor alias redup bisa ditimbulkan dari kinerja kiprok yang mulai bermasalah.

Lantaran, kiprok sendiri berperan sebagai pengubah arus AC ke DC dari hasil kinerja spul penerangan motor.

Pastikan anda mengecek kondisi kiprok motor, masih bekerja dengan normal atau sudah waktunya dilakukan pergantian yang baru. Tentunya untuk menjaga sistem kelistrikan tetap terjaga dengan baik.

Kesimpulan

Bagaimana sobat otoberita sudah mengerti kan penyebab lampu motor redup? Kenali dahulu faktor pemicunya agar bisa dilakukan perbaikan yang tepat.

Semoga ulasan tentang, apa saja penyebab lampu motor redup? Bisa jadi referensi terbaik bagi anda yang bermasalah soal lampu motor redup, baik itu motor matic, motor bebek, maupun motor sport pada umumnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *