Penyebab Gas Sepeda Motor Nyangkut
EDITOR PICK

Ingin Tahu, Penyebab Gas Sepeda Motor Nyangkut !

OTOBERITA.com – Bagi sebagian pengendara sepeda motor tentu sudah pernah mengalami tuas gas sepeda motor nyangkut.  Apabila hal itu terjadi sangatlah berbahaya, mengapa demikian?

Karena bila tuas gas motor nyangkut saat anda melaju pada kecepatan tinggi serta tidak dapat kembali semula, pastinya kecelakaan akan sulit dihindari.

Lantaran, penyebab gas sepeda motor nyangkut tak lain ialah usia pakai motor yang relatif lama alias motor tua. Yang mana jarang sekali dilakukan perawatan sepeda motor yang benar dan tepat.

Hal ini juga bisa berlaku bukan hanya sepeda motor jenis bebek saja, melainkan bisa terjadi pada motor matic dan motor sport. Lantas, pernahkah anda mengalami hal tersebut sobat otoberita?

tali gas motor mancet

Penyebab Gas Sepeda Motor Nyangkut

Menurut Hadi Santoso salah satu pemilik sekaligus mekanik bengkel Hadi Motor di Kediri, menjelaskan bahwa semua jenis motor pada umumnya bisa mengalami hal tersebut dan kebanyakan rata-rata dari sepeda motor lawas tua. Seperti contoh Honda C70, Honda Astrea 2002, Yamaha Crypton, Suzuki Bravo dan lain-lain.

Faktor utama penyebab gas sepeda motor nyangkut ialah tali yang terdapat di bagian gas itu kotor serta terkena air. Maka dari itu sangat di sarankan sebagai pemilik kendaraan bermotor wajib melakukan perawatan rutin, bukan hanya terpacu pada bagian kondisi mesin saja.

Perlunya merawat tuas gas motor serta beberapa komponen lain secara menyeluruh agar performa motor tetap optimal saat digunakan.

Sedangkan cara mengatasi tuas gas mancet alias nyangkut cukup mudah sekali. Dengan cara langsung bawa motor kesayangan anda ke bengkel terdekat. Agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta diperbaiki secara benar.

Biasanya tali gas yang sudah tidak bisa diperbaiki atau kerusakannya parah, tentu cara yang tepat dalam mengatasinya ialah mengganti spare part itu dengan yang baru.

Tetapi jika masih bisa dipakai cukup dengan membersihkan bagian kotoran yang ada di dalam kabel gas. Setelah itu jangan lupa oleskan pelumas pada bagian tali gas, serta pasang kembali dengan posisi yang benar.

Hal Wajib Yang Dilakukan Saat Gas Motor Nyangkut

Ini hanya berbagi pengalaman saja dalam hal gas motor nyangkut, gimana sih solusinya?

Bagi anda pengguna sepeda motor, apabila hal itu terjadi yang pertama jangan panik atau terburu-buru lompat dari kendaraan. Sebab cara ini salah dan membahayakan diri anda sendiri.

Salah satu cara terbaik ketika kondisi itu terjadi yaitu cukup dengan mematikan mesin motor melalui stop kontak. Setelah itu cobalah menepi di pinggir jalan. Selanjutnya coba anda tarik gas penuh dan lepaskan, ulangi beberapa kali.

Dan kemudian coba anda kembali nyalakan mesin sepeda motor serta rasakan kondisi terkini. Apakah masih nyangkut tuas gasnya atau tidak? Hal ini bisa dirasakan dengan mendengar suara putaran mesin harus keadaan idle, bukan malah memuncak.

Hal ini juga berlaku pada sepeda motor jenis matic dan motor sport. Pastikan bila anda mau menepi, nyalakan dahulu lampu sein agar pengendara lain dibelakang tahu bahwa anda ingin menepi. Dan bila sudah berada di tepi jalan, langsung saja matikan mesin motor.

Kesimpulan

Nah itulah di atas beberapa penyebab utama gas sepeda motor nyangkut pada motor bebek, motor matic, motor sport, serta cara mengatasinya dengan benar dan tepat. Namun alangkah baiknya anda selalu melakukan perawatan sepeda motor secara menyeluruh saat servis motor rutin di bengkel terdekat atau bengkel resmi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *