Ingin Motor Matic Irit Bensin Ikuti Cara Ini
TIPS OTOMOTIF

Ingin Motor Matic Irit Bensin? Ikuti Cara Ini

Situs Halaman Berita Otomotif – Di pasar motor Indonesia, sosok motor skutik atau yang bertransmisi otomatis merupakan model paling laris penjualannya. Tak bisa dipungkiri dikarenakan pengoperasian dan perawatan yang begitu mudah. Tak heran banyak konsumen menjatuhkan pilihan terhadap varian skutik sebagai kendaraan idaman.

Seiring perubahan zaman dari masa ke masa. Teknologi canggih juga selalu tersemat pada seri skutik primadona. Terutama pada sektor dapur pacu alias mesin motornya.

Namun di balik itu semua ada sebagian konsumen pemilik kendaraan roda dua varian skutik. Yang mengeluh mengenai konsumsi bahan bakar matik boros. Tentu saja, menjadi perhatian khusus terutama pengguna motor skutik di Indonesia.

Lantas, apa penyebab motor matic boros bahan bakar? Dan bagaimana cara mengatasi agar motor matic irit bensin? Pada kesempatan kali ini kita bakal membedah persoalan tersebut. Yang menjadi momok pengguna skutik pada umumnya. Mengingat harga bahan bakar yang kian melonjak di setiap tahunnya.

Ingin Motor Matic Irit Bensin Ikuti Cara Ini

Penyebab Motor Matic Boros Bahan Bakar

Ada beberapa faktor sebagai pemicu terjadinya boros bensin pada matic. Berikut penjelasan singkat yang perlu anda pahami secara menyeluruh.

1. Filter atau Saringan Udara Bermasalah

Permasalah pertama yang kerap menghantui motor skutik boros bensin ialah terdapat masalah pada filter udara motor. Biasanya karena debu atau kotoran yang telah menempel dan menyumbat bagian filternya. Sehingga membuat penyaluran udara ke ruang pembakaran jadi terhambat serta memicu konsumsi bensin lebih boros.

Cara mengatasinya cukup selalu rutin mengecek filter udara motor matic. Bersihkan bagian komponen tersebut setidaknya seminggu sekali.

2. Kondisi Busi Sudah Aus

Selain filter, bisa juga penyebab motor matic boros bensin dikarenakan kondisi busi motor sudah aus. Mengingat peran busi begitu penting dalam proses pembakaran pada mesin. Bila busi aus atau mati, maka sebaiknya segeralah ganti dengan busi terbaru. Namun harus sesuai spesifikasi motor agar busi bisa berkerja secara optimal.

3. Proses Pembakaran Yang Kurang Optimal

Penyebab lain bisa juga karena proses pembakaran tidak sempurna. Mengakibatkan motor matic boros bensin. Kondisi ini biasanya terletak dibagian klep mulai renggang, sehingga bensin rembes.

Dengan begitu perlu melakukan skur klep saat servis motor matic. Terlebih selalu gunakan bahan bakar yang mengandung kadar oktan tinggi. Tujuannya agar proses pembakaran lebih sempurna dan optimal kinerja mesinnya.

4. Sering Memanasi Motor Terlalu Lama

Memang cara merawat motor matic yang mudah salah satunya ialah memanaskan mesin motor saat pagi hari. Selain agar motor lebih awet serta pelumasan oli pada komponen mesin bisa lebih menyeluruh. Namun jangan sampai anda panaskan mesin motor terlalu lama hingga satu jam. Yang sebenarnya membuat bahan bakar terbuang sia-sia.

Sangat direkomendasikan memanaskan mesin motor cukup 5-10 menit saja di pagi hari. Sebelum mulai mengendarai motor matic untuk penunjang aktifitas sehari-hari. Terlebih cara ini lebih efisien bisa menghemat bahan bakar pada motor matic kesayangan.

Tips Mudah Agar Motor Matic Irit Bensin

Setelah anda memahami, apa saja penyebab utama motor matic boros bensin? yang telah di uraikan di atas. Selanjutnya simaklah panduan menghemat bensin motor matic tercinta.

1. Pilih Bahan Bakar Yang Beroktan Tinggi

Tips pertama yang perlu anda ketahui guna motor matic irit bensin ialah memilih bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi, di setiap pengisian bahan bakar motor. Di Indonesia bahan bakar yang telah teruji mempunyai kadar oktan tinggi adalah jenis bahan bakar pertamax atau pertamax plus.

Tak bisa dipungkiri menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dapat membuat proses pembakaran mesin motor matic lebih maksimal. Terlebih bisa menghilangkan kerak yang menempel pada ruang pembakaran. Bahkan tarikan gas motor matic menjadi lebih enteng.

2. Cek Kondisi Filter Udara

Tips penerapan motor matic irit bensin ialah kondisi filter udara yang bersih. Maka cek kondisinya secara berkala, bila kotor segeralah bersihkan. Agar penyaluran udara lebih optimal serta membuat efisien konsumsi bahan bakarnya.

3. Selalu Kendarai Motor dengan Kecepatan Stabil

Salah satu hal sepele namun sering dilupakan para pengguna motor matic adalah mengendarai tidak pada kecepatan yang stabil. Biasanya dikarenakan ambisi ingin menyalip kendaraan lain di depan, maka mengendarai motor matic secara ugal-ugalan. Dengan begitu selain dapat membahayakan juga boros bensin.

Sehingga sangat disarankan mengendarai motor matic agar irit bensin, pastikan selalu pada kecepatan yang stabil. Mengingat cara mengendarai motor secara stabil akan lebih santai dan aman di jalan. Terlebih dapat membuat motor matic lebih awet karena penggunaan yang baik.

4. Melakukan Pergantian Oli Secara Berkala

Tips menghemat bahan bakar bensin motor matic selanjutnya adalah rutin mengganti oli mesin dan oli gardan. Yang tentunya sampai batas waktu wajar penggunaan oli. Biasanya untuk oli mesin perlu diganti setiap dua bulan sekali atau pada kilometer maksimal 2000. Sedangkan oli gardan idealnya diganti saat sudah dua atau tiga kali ganti oli mesin.

Selain kondisi mesin menjadi lebih awet, juga proses pembakaran menjadi lebih sempurna. Terlebih anda tidak akan lagi menemui kendala seperti mesin motor cepat panas.

Baca juga : Mesin Motor Cepat Panas, Ikuti Tips Berikut!

Kesimpulan

Dengan menerapkan tips motor matic irit bensin seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas. Semoga motor skutik anda jauh lebih irit konsumsi bahan bakarnya tidak boros seperti sebelumnya, karena penggunaan yang salah.

Jangan lupa share informasi menarik tersebut, kepada teman kalian khususnya pengguna motor matic baru atau lawas. Apabila ada pertanyaan silahkan isi form pada kolom komentar di bawah ini sobat otoberita.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *