September 19, 2020

Ingin Jual Motor Bekas, Ikuti Cara Ini Biar Cepat Laku

OTOBERITA.com –¬†Ingin memiliki sepeda motor? Tapi bugdet pas-pasan. Membeli motor bekas bisa jadi pilihan terbaik alternatif yang dinilai cukup menguntungkan. Mengapa demikian? Sebab harga jual motor bekas jauh lebih murah ketimbang motor baru pada umumnya.

Selain itu bursa motor bekas relatif banyak sekali mulai di showroom maupun situs jual beli motor secara online. Ini menandakan pangsa pasar motor bekas begitu banyak pula peminatnya. Sehingga peluang jual motor bekas agar cepat laku cukup tinggi. Tapi tak sedikit dari mereka yang mengalami kesulitan di sektor penjualan.

Oleh sebab itu, perlu juga memahami tips jual motor secara matang-matang. Tujuannya selain agar motor cepat laku juga sesuai dengan target pembeli yang di inginkan. Sebelum memutuskan hasil akhir menjual ke dealer motor bekas terdekat. Untuk itu anda perlu mengetahui lebih dalam, apa saja tips jual motor bekas yang aman dan tepat? Mari simak ulasan singkat di bawah ini.

Tips Jual Motor Bekas Agar Cepat Laku Tanpa Perantara

Tips Jual Motor Bekas Aman dan Cepat

Beberapa panduan jual motor di bawah ini merupakan langkah tepat, yang sering diterapkan oleh pemilik motor yang ingin menjual kendaraan pribadinya. Antara lain sebagai berikut :

1. Pilih Waktu Yang Tepat

Memilih waktu atau periode menjual motor secara tepat. Hal ini mengacu pada fluktuasi harga motor tersebut. Tujuannya agar saat anda menjual motor harganya terbilang masih tinggi, tidak beda jauh dengan harga motor seri terbarunya.

Sebagai contoh anda mempunyai sepeda motor Honda BeAT dan ingin menjualnya. Nah di saat itu juga pangsa pasar motor BeAT sedang naik daun atau bisa dikatakan laris dipasaran. Maka peluang anda jual motor BeAT bekas akan besar sekali lakunya.

Namun jika dalam kondisi darurat dikarenakan butuh dana cepat, cara terbaiknya langsung saja jual ke showroom motor bekas. Meski harganya akan jatuh, tapi dipastikan motor anda langsung laku.

Perlu diingat cara itu hanya khusus kondisi darurat saja sobat otoberita.

2. Berkas Kelengkapan Motor

Surat Kelengkapan Sepeda Motor bekas

Salah satu cara agar jual motor bekas cepat laku ialah melengkapi berkas kendaraan yang ingin dijual. Meliputi BPKB, STNK, serta kartu servis rutin. Hal itu terkait untuk menyakinkan pembeli bahwa motor anda bukan hasil motor bodong serta kondisi motor memang benar-benar terawat. Dengan begitu peluang motor anda terjual cukup tinggi.

3. Ketahuilah Rentang Harga Motor

Ketika anda hendak menjual motor bekas, ketahuilah dahulu rentang harga atau harga pasaran dari motor tersebut. Di sisi lain juga kondisi motor bekas mempengaruhi nilai harga jualnya. Semakin terawat dan berkualitas tentu harga jual relatif tinggi, beda hal bila motor kusam tentu harganya akan turun.

Terlebih anda perlu juga memasang harga tinggi dahulu, sebelum keputusan akhir harga yang ditawarkan ingin sedikit turun. Bila pembeli sedang menawar harga motor anda.

Sebagai contoh motor anda Honda BeAT dan pasaran harganya di bursa motor bekas masih kisaran 10 juta hingga 12 jutaan. Maka coba anda tawarkan di harga 11,5 juta, apabila pembeli menghendaki nominal tersebut. Anda dipastikan tidak rugi banyak sebab harga terendah di pasaran untuk motor tersebut masih 10 jutaan.

Itulah tips jitu jual motor bekas secara aman dan tepat sasaran.

4. Jual Motor Langsung Tanpa Perantara

Jual Motor Perantara Makelar

Apabila anda ingin jual motor bekas cepat laku, alangkah baiknya secara mandiri. Tidak lewat jasa makelar motor guna menjual motor anda. Terlebih biasanya nanti anda juga perlu menyisihkan budget sekitar 100 ribu hingga 150 ribu untuk komisi yang dibayarkan ke makelar motor. Ketika motor anda sudah ada yang beli dan uangnya tunai.

Maka dari itu bila ingin nominal harga yang di inginkan, sebaiknya jual motor sendiri tanpa perantara. Selain anda tidak direpotkan komisi makelar juga keuntungan sepenuhnya milik anda. Di sisi lain anda juga perlu memasarkan motor bekas anda di marketplace online yang menyediakan slot menjual barang bekas, salah satunya sepeda motor. Antara lain bukalapak.com , olx.co.id , carmudi.co.id , dan lain sebagainya.

5. Kondisi Motor Harus Standart Pabrik

Pastikan Motor Standart Pabrik

Nah, bagi anda yang motor kesayangan di modifikasi dan ingin menjualnya. Alangkah baiknya perbaikilah kondisi motor ke standart bawaan pabrik. Mengingat jual motor bekas pada umumnya rata-rata masih standart pabrik tidak hasil modifikasi.

Tapi ada pula beberapa dari pembeli yang mau membeli motor apa adanya walau sudah di modifikasi. Tapi pasti harga motor akan turun, dibawah harga pasaran motor bekas pada umumnya.

6. Coba Tawarkan ke Media Sosial

Jika anda mempunyai akun media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Coba saja anda memasarkan motor bekas anda di jejaring sosial tersebut.

Cara ini terbilang efektik guna memancing calon konsumen ditengah ingin mencari motor bekas. Terlebih wilayah disekitar anda, dan jangan lupa pasang gambar motor terbaik anda yang hendak ingin dijual.

Biasanya gambar terbaik berpotensi besar menarik minat konsumen yang ingin beli barang. Dan langsung mengajak transaksi jual beli motor atau langsung menemui anda sebagai penjual motor untuk bernegosiasi harga.

7. Pastikan Kondisi Motor Terawat Secara Rutin

Pada umumnya kondisi motor bekas yang dijual selalu tampil menarik bersih dan rapi. Pernahkah anda menemui motor bekas yang dijual kondisinya buruk seperti kotor dan tidak terawat. Jelas tidak!

Pastikan juga anda merawat motor bekas secara rutin agar tampil prima ketika calon konsumen ingin mencoba motor anda. Ini merupakan tips jual motor agar cepat laku yang mudah.

Baca juga Cara Merawat Motor Yang Benar Agar Awet.

8. Perbaiki Motor Bila Ada Yang Rusak

Perlu di ingat bahwa kondisi motor bekas memang tak sebagus motor baru pada umumnya. Inilah yang memicu terjadinya penyusutan harga jual motor di pasaran.

Untuk bisa mencapai ambang batas nilai jual tinggi pada seri motor tersebut. Anda perlu melakukan pembenahan saat ada komponen yang rusak. Seperti speedometer, velg, knalpot dan lain sebagainya. Pastikan semua kondisi motor baik-baik saja dan berfungsi normal guna menarik perhatian calon konsumen.

Kesimpulan

Melihat dari beberapa panduan tips jual motor bekas di atas agar cepat laku. Jangan lupa anda mencoba cara menjual motor bekas tersebut yang sudah dinilai sangat efektif dan aman serta sesuai dengan target pasar.

Demikian ulasan tentang tips jitu jual motor bekas yang benar dan tepat. Semoga informasi yang disampaikan bermanfaat untuk kalian yang ingin menjual motor bekas kesayangan.

Yuk, pantau terus update terbaru situs otoberita hanya di telegram cek disini

Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*