Tips Jitu Jual Mobil Bekas Untuk Pemula Agar Cepat Laku
TIPS OTOMOTIF

Ingin Jual Mobil Bekas? Ini Tips Ampuh Untuk Pemula

OTOBERITA.com – Bursa jual beli mobil bekas di Indonesia kini semakin banyak sekali. Ini merupakan petanda pangsa pasar mobkas cukup menjanjikan. Di sisi lain peminat mobil bekas juga relatif banyak. Tak heran Persaingan dagang mobkas menjadi semakin kompetitif dan ketat. Maka dari itu begitu penting sekali mengetahui tips jual mobil bekas yang aman dan cepat laku.

Meski sebenarnya hanya sekedar menjual atau membeli mobil saja. Tapi di dalam itu ada teknik khusus paling jitu cara penjualan yang tepat dan tentunya mampu menarik minat konsumen. Tujuannya tak lain agar mobil bekas yang ditawarkan cepat laku. Sehingga modal bisa terus berputar untuk mencari keuntungan menjual mobil tipe bekas.

Ada beragam cara jual mobil bekas di Indonesia, mulai dari pemasaran online maupun offline. Meski cara cepatnya langsung dijual ke showroom namun dengan harga tentunya lebih rendah. Untuk menghindari cara cepat tersebut, anda bisa menjualnya secara mandiri agar keuntungan yang di dapat sesuai ekspentasi.

Baca juga :

Tips Jitu Jual Mobil Bekas Untuk Pemula

Berikut di bawah ini kami sampaikan mengenai tata cara jual mobil bekas untuk pemula agar cepat laku, dengan banderolan harga sesuai keinginan.

1. Selidiki Dulu Harga Pasaran Mobil Bekas

Cek harga pasaran mobil versi bekas

Langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah survey harga pasar mobil tipe yang akan anda jual. Tujuannya untuk menentukan kisaran harga terbaik yang cocok sesuai realita.

Sebagai contoh, anda ingin jual mobil bekas Toyota Avanza tahun produksi 2012. Di pasaran mobkas setelah anda survey ternyata harga terendah masih Rp 100 juta, sedangkan harga tertinggi Rp 140 juta. Tergantung kondisi mobil Avanza bekas serta lokasi juga.

Nah, dalam kondisi seperti itu mobil anda masih terlihat bagus dan terawat. Maka anda bisa pasang di harga semisal Rp 130 juta dan harga terendah Rp 120 juta. Besar kemungkinan mobil anda akan segera laku terjual.

Baca juga Daftar Harga Mobil Toyota Bekas 100 Jutaan, Cek Yuk!

2. Perhatikan Kondisi Mobil

Perlu anda ingat sebelum menjual mobil varian bekas, alangkah baiknya memperhatikan dahulu kondisi mobil. Hal ini penting sekali, mengingat kondisi mobil bekas mempengaruhi nilai jualnya. Semakin bagus dan terawat justru harga relatif tinggi.

Kondisi itu meliputi bagian eksterior dan interior mobil, serta fitur berfungsi dengan baik. Pastikan semuanya dalam keadaan normal.

3. Cuci Mobil Bekas Anda

Kebersihan merupakan langkah awal calon konsumen melirik mobil bekas anda untuk dibeli. Karena daya tarik terhadap tampilan mobil bersih dan terawat menjadi poin plus tersendiri bagi pembeli. Pasti akan beranggapan bahwa mobil anda selalu terawat dengan baik. Dengan begitu akan terjadi transaksi jual beli mobil bekas, tawar menawar hingga ketemu harga yang pas.

4. Selalu Jaga Kebersihan Ruang Mesin

Perhatikan Kebersihan Ruang Mesin Sebelum mobil dijual

Tips jual mobil bekas selanjutnya ialah menjaga kebersihan ruang mesin. Bukan hanya tampilan eksterior dan interior mobil, anda juga perlu melirik bagian ruang mesin. Pastikan semua dalam keadaan bersih. Jangan sampai terjadi atau kedapatan oli merembes. Yang membuat tampilan ruang mesin menjadi kotor.

5. Foto Mobil Bekas Pada Sudut Pandang Yang Tepat

Tips nomor 5 ini berlaku apabila anda jual mobil pribadi secara online, terutama media online atau situs jual beli mobil bekas. Contohnya carmudi, olx, cintamobil dan lain sebagainya. Maka sangat diperlukan sekali foto mobil terbaik, dari sudut pandang yang tepat.

Secara psikologi foto mobil terbaik dapat memicu ketertarikan pembeli ingin tahu semua hal tentang mobil yang akan anda jual. Jangan lupa cantumkan juga nomor handphone serta alamat anda. Agar nantinya calon pembeli mobil bisa segera menghubungi anda untuk melakukan transaksi jual beli.

6. Tawarkan Mobil Anda di Internet

ilustrasi menjual barang di situs ecommerce

Pangsa pasar dunia maya kini menjadi sarana alternatif dalam jual beli barang termasuk juga kendaraan. Di era modern ini hampir setiap orang memiliki akun jejaring media sosial. Meliputi twitter, instagram, dan facebook.

Sehingga coba anda tawarkan ke media sosial tersebut dengan meng-upload foto mobil bekas anda yang terbaik. Selain itu bisa tawarkan di beberapa situs e-commerce yang memberikan slot jual kendaraan.

Jangan lupa sertakan pula kontak yang bisa dihubungi, kelebihan dan kekurangan mobil bekas anda secara lengkap. Ini sebagai bahan pertimbangan calon pembeli nantinya.

7. Minta Tolong Kepada Teman / Rekan Kerja

Cara jitu jual mobil bekas yang terakhir ialah minta tolonglah kepada teman atau rekan kerja, untuk memasarkan atau menawarkan mobil yang anda jual tersebut.

Namun cara ini tentu anda perlu mengeluarkan fee atau komisi bonus kepada teman yang ikut serta menjualkan mobil bekas anda. Bila cara ini terlihat kurang memungkinkan. Anda cukup jual secara online di situs marketplace yang punya rating tinggi serta visitor banyak. Tujuannya tak lain agar peluang mobil bekas anda cepat laku terjual.

Kesimpulan

Dengan beberapa tips jitu mengenai jual mobil bekas tersebut secara mandiri. Diharapkan anda bisa melakukannya sebaik mungkin, bagaimana memasarkan barang secara tepat yang memicu ketertarikan calon pembeli? Sekian dan sampai juga di tips otomotif selanjutnya hanya di situs otoberita.com

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *