Perlengkapan Wajib Saat Naik Motor
TIPS OTOMOTIF

Gunakan 5 Perlengkapan Wajib saat Naik Motor!

Perlengkapan Wajib Saat Naik Motor – Bagi sebagian orang, menunggangi kendaraan beroda dua lebih tidak aman dan berisiko tinggi dari pada kendaraan beroda empat seperti bus maupun mobil.

Padahal, sebenarnya hal yang menyebabkan berkendara dengan motor tidak aman dan berisiko mengalami kecelakaan adalah karena pengguna dan penumpang motor itu sendiri.

Para pengguna yang sembrono dan tak taat aturan tersebut tidak menggunakan perlengkapan wajib saat naik motor yang sudah ditentukan.

Untuk mengingatkan, agar keselamatan Anda senantiasa terjaga jangan lupa untuk memakai perlengkapan wajib saat naik motor yang akan kami bahas di bawah ini. Pastikan Anda menyimaknya, ya!  

Daftar Perlengkapan Wajib Saat Naik Motor

1. Helm

Helm Teropong alias Helm Full Face

Perlengkapan pertama yang wajib dikenakan oleh pengendara bermotor adalah helm. Helm merupakan pelindung kepala yang dapat melindungi kepala Anda jika sewaktu-waktu ada hal yang tak diinginkan seperti kecelakaan.

Ini akan melindungi anda dari benturan benda keras atau saat terjatuh dan kepala anda membentur sesuatu yang keras. Selain itu, helm juga berguna untuk melindungi kepala dari sinar matahari langsung dan juga dari air hujan.

Bukan hanya itu, kaca yang terdapat pada bagian muka helm juga berfungsi untuk melindungi mata Anda silau akibat sinar matahari. Helm juga bisa melindungi wajah Anda terkena polusi dan matahari langsung. Yang terpenting, helm dapat melindungi Anda dari polisi.

Pilihlah helm yang berstandar nasional (SNI) untuk melindungi kepala Anda. Hal ini sesuai dengan peraturan pemerintah, lho! Gunakan helm kemanapun Anda berkendara, ya!  

2. Jaket

Jaket Perlengkapan Wajib Saat Naik Motor

Setelah pelindung kepala, Anda juga disarankan untuk menggunakan pelindung badan. Anda bisa menggunakan jaket saat berkendara sebagai pelindung badan.

Jaket motor berfungsi melindungi badan dari terpaan angin yang bisa membuat badan jadi meriang. Lebih dari itu, jaket dapat melindungi organ-organ penting yang ada di bagian dada jika ada hal-hal yang tidak diinginkan. Jaket juga dapat melindungi kulit Anda dari sengatan sinar matahari.

Ada berbagai macam jenis jaket yang dijual bebas di pasaran. Lalu, Jaket bagaimana yang seharusnya dipakai oleh pengendara motor? Jaket yang sebaiknya dipakai adalah jaket yang disesuaikan dengan kondisi medan serta iklim tempat tinggal si pengendara.

Tak mungkin bukan jika Anda tinggal di Bogor yang dingin dan Anda memakai jaket yang tipis? Demi menjaga keselamatan dan kenyamanan Anda saat berkendara, jangan lupa gunakan jaket, ya!  

3. Alas Kaki

Perbedaan memang tampak terlihat dari perlengkapan yang harus dipenuhi oleh para pengguna mobil dan motor. Perlengkapan pengguna motor tentunya lebih banyak jika di bandingkan dengan pengendara mobil.

Pasalnya, pengguna motor mengekspos hampir 100 persen bagian tubuh, tidak seperti mobil yang mana tubuh kita akan terlindungi oleh bodi mobil. Salah satu bagian yang juga benar-benar harus dilindungi adalah kaki.

Menggunakan alas kaki sebagai salah satu perlengkapan wajib saat naik motor sangatlah penting. Anda bisa menggunakan sandal, sepatu, atau pelindung kaki apapun. Tapi, yang paling aman adalah memakai sepatu, apalagi bagi pengendara jarak jauh.

4. Sarung Tangan

Sarung tangan juga merupakan salah satu perlengkapan wajib pengendara sepeda motor, khusunya pecinta touring. Lantaran penggunaan sarung tangan mampu mencegah kontak langsung dengan jalan maupun cuaca serta polusi udara dari luar.

Sangat di rekomendasikan pakai sarung tangan yang ukurannya pas di tangan, agar dapat melindungi jari dan tangan secara menyeluruh. Terlebih membuat nyaman ketika menggenggam hand grip motor, serta mengendalikan laju kendaraan bermotor.

5. Celana Panjang

Selain keempat piranti perlengkapan wajib saat naik motor di atas, ternyata celana panjang juga ikut ambil bagian dalam piranti keselamatan berkendara. Bawasannya celana panjang mampu melindungi bagian tubuh bawah serta kontak langsung dengan jalan.

Selain itu pastikan sobat juga pakai celana panjang yang ukurannya pas dan berbahan nyaman. Jangan pakai yang kedodoran, tentu tidak bisa membuat nyaman saat berkendara.

Akhir Kata

Itulah lima perlengkapan wajib saat naik motor yang harus anda pakai saat akan berkendara. Jangan lupa pula untuk senantiasa mengecek kendaraan dan memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum memulai kendaraan. Ingat ! keselamatan dan kenyamanan saat berkendara ada di tangan anda!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *