September 19, 2020

Cara Terbaik Menghilangkan Karat Pada Mobil

Ingin mobil bebas dari karat, Yuk Intip cara mengatasi karat pada mobil secara efektif di bawah ini.

Tips Mudah Hilangkan Karat Pada Mobil –¬†Mempunyai tampilan mobil kinclong dan bersih merupakan idaman setiap pemilik kendaraan. Tak heran sebagian orang akan mengeluh jika mobil pribadinya kotor bahkan hingga berkarat. Mengingat semua yang berbahan logam pasti suatu saat akan mengalami korosi yang menyebabkan mobil berkarat.

Hal itu disebabkan oleh paparan udara, panas, serta kelembaban berlebih secara proses kimiawi tentu akan mengalami oksidasi. Meski begitu sebenarnya ada beberapa upaya sebagai pencegahan yang cukup efektif. Salah satunya merawat bagian mobil yang berbahan dari logam yang memicu timbulnya karat. Dengan cara memasang anti karat sebagai tambahan. Lantas, bagaimana jika mobil sudah terlanjur terkena karat?

Ada cara ampuh yang bisa anda lakukan secara mandiri di rumah untuk menghilangkan karat pada mobil idaman. Sebab, prinsip dasar mengenai penerapan menghilangkan karat pada komponen atau bagian mobil. Sama seperti cara mengatasi karat pada benda lain yang mengandung logam.

Tips Hilangkan Karat Mobil Pribadi

Ingin tahu seperti apa cara efektif menghilangkan karat pada mobil? Yuk simak ulasan singkat di bawah ini sobat setia otoberita.

Cara Mudah Menghilangkan Karat Pada Mobil Pribadi

Bukanlah hal sulit, meski karat salah satu momok terbesar yang kerap dialami oleh pemilik mobil pada umumnya. Cukup dengan cara sederhana dan mudah dilakukan. Diharapkan anda bisa mengatasi mobil mulai berkarat tersebut dengan benar dan tepat.

1. Pakai Cuka Untuk Hilangkan Karat Mobil

Diketahui cuka adalah salah satu bahan yang mengadung kadar berupa asam sitrat atau dikenal dengan asam asetat. Zat tersebut diklaim mampu menangkal karat yang di akibatkan oleh proses korosi secara alami pada bagian mobil berbahan logam.

Cara mengatasi karat mobil dengan cairan cuka sebagai berikut :

  • Siapkan air bersih, sikat, cairan cuka, dan lap halus.
  • Kalau bisa bongkar bagian yang berkarat pada mobil.
  • Setelah itu rendamlah bagian yang terkena karat tersebut dengan cairan cuka yang sudah dicampur dengan air bersih.
  • Durasi perendaman kurang lebih hingga 2 hari.
  • Selanjutnya mulailah sikat bagian berkarat dengan dibasahi air cuka sampai bersih.
  • Bila sudah bersih, cukup lap dengan kain bersih.

Cara tersebut cukup efektif sekali untuk menghilangkan karat mobil di bagian tertentu.

2. Pakai Jeruk Nipis Lemon Untuk Hilangkan Karat Mobil

Kadar asam pada jeruk nipis lemon sama seperti air cuka. Sehingga cara alternatif lain tersebut bisa anda lakukan secara mandiri di rumah.

Cara mengatasi karat mobil dengan jeruk nipis lemon sebagai berikut :

  • Siapkan dulu garam dapur, jeruk nipis lemon dan penggosok alumunium.
  • Lumuri dahulu bagian berkarat dengan garam dapur.
  • Kemudian rendam bagian komponen mobil yang mulai berkarat dengan perasan jeruk nipis hingga sehari lamanya.
  • Selanjutnya tinggal gosok bagian berkarat tersebut sampai hilang.

Cara alternatif hilangkan karat pada mobil itu bisa jadi pilihan yang tepat, dikerjakan dirumah saat masa pandemi covid-19 tersebut. Untuk bahannya sendiri bisa dibeli di pasar terdekat.

3. Pakai Baking Soda Untuk Mengikis Bagian Karat Mobil

Kandungan bahan aktif pada baking soda sendiri disinyalir mampu mengikis karat mobil secara mudah dan efisien.

Cara penerapannya lebih mudah. Cukup anda siapkan sikat serta lap khusus yang dibasahi air campuran baking soda. Lalu sikatlah bagian yang terkena karat tersebut sampai benar-benar hilang.

Cara itu bisa dilakukan apabila tidak ada bahan berupa air cuka dan jeruk nipis.

4. Cat Ulang Mobil

Cara nomor 4 ini merupakan tips ampuh bila karat pada mobil sulit dihilangkan. Meski begitu namun perlu biaya yang tidak sedikit, mengingat harga cat mobil lumayan mahal. Apalagi anda harus mengecat secara menyeluruh di bagian berkarat, jangan sampai blentong-blentong ketika mengecat mobil.

Baca juga Penyebab Cat Mobil Cepat Hilang Dan pudar.

5. Melakukan Pendempulan Pada Bagian Berkarat pada Mobil

Menghilangkat karat mobil dengan proses dempul

Untuk cara nomor 5 ini tidak bisa anda kerjakan sendiri, sebab perlu teknisi spesialis dempul mobil agar hasilnya lebih memuaskan. Dan tentunya perlu biaya yang relatif mahal pula dalam proses dempul mobil untuk mengatasi karat di bagian tertentu.

6. Pakai Sabun Pencuci Piring ( Sunglight )

Cara menghilangkan karat mobil satu ini cukup mudah yakni dengan sabun pencuci piring yang dicampur dengan garam. Namun perlu anda ingat bahwa penerapan ini hanya berlaku saat gejala awal indikasi terjadinya korosi pada bagian berbahan logam pada mobil. Bila sudah karat berlebih cara ini tidak efektif.

Kesimpulan

Anda perlu memahami tata cara menghilangkan karat pada mobil seperti yang sudah dijelaskan pada ulasan di atas. Namun bila dirasa anda tidak sanggup membersihkan karat pada bagian mobil, cara paling akhir yaitu harus membawanya ke bengkel khusus bodi. Langkah terakhir itu merupakan proses puncak, agar karat pada mobil segera hilang. Selain itu tampilan mobil menjadi seperti baru lagi bersih dan kinclong.

Yuk, pantau terus update terbaru situs otoberita hanya di telegram cek disini

Jadilah yang pertama berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*