Tips Mencegah Radiator Mobil Bocor dan Cara Mengatasinya
TIPS OTOMOTIF

Cara Terbaik Mencegah Radiator Mobil Bocor

OTOBERITA.com – Sebagai pemilik mobil tentu hal wajib bagi anda untuk selalu melakukan perawatan, khususnya pada komponen radiator.

Mengapa demikian? Radiator memiliki peran yang sangat penting pada mobil yaitu pendingin suhu mesin agar tidak mudah overheat.

Sehingga bila dilakukan perawatan yang serius, pastinya mampu untuk mencegah kondisi suhu meningkat ketika mobil dipakai.

Mengingat hal tersebut, berikut di bawah ini kami sampaikan tips mencegah radiator mobil bocor, dan cara tepat menangani untuk pemula atau pemilik mobil.

Cara ini memang perlu diterapkan agar radiator mobil tidak mudah bocor serta menekan kerusakan lain yang terjadi. Dengan begitu persentase kebocoran pada radiator bisa diminimalisir semaksimal mungkin.

Selain itu, cukup mudah sekali melakukan tips pencegahan radiator mobil bocor dengan langkah yang tepat secara rutin. Sehingga bila terjadi gejala awal bisa langsung terdeteksi.

Tips Mencegah Radiator Mobil Bocor

Dalam melakukan perawatan radiator, sebenarnya ada tips mencegah radiator bocor, sebagai berikut :

Cek Kondisi Tangki Radiator Cadangan

Poin pertama yang dilakukan dalam perawatan, sekaligus tips rutin mencegah radiator mobil bocor, ialah mengecek kondisi tangki cadangan dari air radiator tersebut.

Pengecekan ini meliputi volume cairan radiator. Pastikan kondisinya tetap di garis positif, apabila mendapati di garis negatif maka segeralah lakukan pengisian tambahan.

Selain itu cek pula kualitas cairan, bila sudah nampak kotor sebaiknya langsung diganti dengan air radiator baru.

Cara ini dilakukan memang untuk melihat bagaimana kondisi terkini tangki radiator bocor atau tidak. Tandanya bisa dilihat ada penurunan dratis pada volume air ketika di isi mencapai batas normal.

Tak lupa juga cek selang yang menuju radiator, besar kemungkinan ada celah kecil yang menyebabkan radiator mobil bocor.

Selalu Pakai Cairan Coolant Terbaik

Pastikan anda memakai cairan coolant sebagai salah satu cairan utama untuk mengisi tangka radiator yang kosong. Cara ini juga termasuk dalam tips mencegah radiator mobil bocor.

Kandungan pada cairan coolant ini bisa mengurangi dampak suhu panas berlebihan pada mesin, serta mampu mencegah korosi di bagian mesin mobil.

Sehingga sangat direkomendasikan untuk menggunakan cairan coolant sebagai air radiator. Upaya ini bertujuan agar kondisi mesin tetap dalam keadaan normal dan tidak mudah overheat.

Hindari Pakai Air Sumur

Kerap sekali Sebagian pemilik mobil menggunakan air sumur untuk cairan radiator. Padahal cara ini sangat tidak di sarankan, dan perlu dihindari.

Lantaran, air sumur mengandung beberapa zat berbahaya yang bisa berdampak buruk pada kualitas mesin mobil anda.

Seperti halnya kandungan klorin maupun mineral besi. Jika air sumur ini dipakai secara terus menerus, besar kemungkinan memicu timbulnya korosi beberapa komponen mesin mobil.

Bahkan lebih parahnya bisa menimbulkan juga kerak yang menyumbat saluran selang radiator, maka menghambat sirkulasi cairan radiator mensuplai mesin.

Inilah yang biasanya membuat sistem radiator mobil menjadi mudah sekali bocor. Dikarenakan korosi yang berlebih. Maka hindari pemakaian cairan dari air sumur atau air PAM, agar mesin tetap awet dan terhindar dari hal kebocoran pada radiator.

Rutin Membersihkan Kisi-Kisi Radiator

Tips mencegah radiator mobil bocor yaitu dengan rutin membersihkan kisi-kisi radiator.

Caranya cukup mudah dilakukan meskipun pemula, dengan menyemprotkan air secara perlahan ke bagian sirip radiator. Tujuannya tak lain untuk membersihkan serta meminimalisir kebocoran radiator.

Pastikan anda berhati-hati melakukan cara ini jangan sampai masuk ke tangki radiator. Pada umumnya metode ini bisa anda lakukan bersamaan ketika mencuci mobil kesayangan.

Cek Keseluruhan Selang Yang Menuju Radiator

Cara mudah lainnya yang bisa anda terapkan guna mencegah radiator mobil bocor ialah mengecek keseluruhan selang yang terhubung pada radiator.

Sebab tanda kebocoran bisa juga karena selang yang terhubung itu robek sedikit. Maka dari itu periksa dengan teliti di setiap bagian selang tersebut.

Lakukan Service Rutin ke Bengkel Resmi

Perlu anda ketahui salah satu cara terbaik dalam perawatan radiator mobil ialah service rutin. Dengan melakukan tips jitu tersebut dipastikan mekanik juga akan memeriksa kondisi radiator dengan baik serta teliti.

Lantaran, pelayanan service rutin yang baik juga membuat performa mobil tetap terjaga serta radiator mobil awet.

Kesimpulan

Itulah beberapa tips mencegah radiator mobil bocor dengan tepat dan benar. Semoga informasi yang disampaikan bisa dipahami dengan baik serta diterapkan agar bisa meminimalisir kebocoran pada radiator.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *