Cara Pasang Ban dan Velg Lebar Pada Motor Yang Benar
TIPS OTOMOTIF

Cara Pasang Ban dan Velg Lebar Pada Sepeda Motor Yang Benar

OTOBERITA.com – Tips pasang ban dan velg lebar pada motor, modifikasi sepeda motor memang menarik sekali untuk dilakukan. Bahkan kini perkembangan dunia modifikasi motor semakin pesat, tak luput dari penggemar modifikasi yang menyukai tampilan berbeda dari lainnya.

Dulunya tren modifikasi motor menggunakan ban berukuran kecil atau yang biasa dipakai pada motor drag pada umumnya. Kini berbanding terbalik malah belakangan ini para modifikator lebih menyukai modifikasi ban motor berukuran lebih lebar.

Meski sebenarnya memodifikasi sepeda motor di luar batas standart, sangat tidak dianjurkan oleh pihak pabrikan roda dua. Mengapa demikian? Karena pengaruh terhadap dimensi kendaraan itu sendiri. Misalnya motor matic pakai ban dan velg tapak lebar, yang mana biasanya dipakai oleh motor gede sejenisnya.

Tapi kini sudah masuk era tren baru dimana pemilik motor mengganti ban standart dengan ukuran ban yang lebih besar. Di sisi lain ada tips khusus yang perlu diperhatikan sebelum memulai modifikasi ban motor.

Pada dasarnya ukuran ban motor yang lebar memiliki daya cengkraman yang lebih kuat, tetapi harus di imbangi pula dengan pergantian velg lebar agar lebih serasi bila dilihat.

Tujuannya tak lain untuk kenyamanan berkendara. Coba anda bayangkan saat mengganti ukuran ban besar tapi velg masih standart. Kan jadinya terkesan tidak pas, apakah anda juga beranggapan seperti itu? Pasti iya.

Nah, untuk itu berikut kami sampaikan beberapa tips mengganti ban dan velg lebar pada sepeda motor khusus pemula.

Tips Pasang Ban dan Velg Lebar Pada Motor

Poin penting yang pertama ialah jika anda ingin ganti ban lebar, pastikan juga mengganti velg berukuran yang lebar pula. Lantaran, supaya permukaan ban bisa sepenuhnya menyentuh jalanan secara maksimal. Sehingga akan tetap nyaman dikendarai serta mudah saat menikung.

Poin kedua dalam pasang ban dan velg lebar, pastikan anda memberikan selisih yang ideal. Biasanya naik dua tingkat dari ukuran standart baik itu velg maupun ban motor.

Poin ketiga, sebelum mulai modifikasi ban dan velg lebar. Jangan lupa perhatikan dahulu ukuran lengan ayun motor anda. Apakah muat di pasang velg dan ban lebar atau tidak? Jika memungkinkan tidak pas, maka anda harus menggantinya dahulu.

Poin keempat, jangan lupa juga anda perhatikan jarak antara ban luar dengan rantai sepeda motor. Upayakan tidak terjadi gesekan setelah dipasang nantinya. Cara ini bertujuan untuk mencegah gesekan yang mengakibatkan ban jadi rusak atau seret.

Poin kelima, selain itu anda juga harus mengganti gear belakang dengan ukuran yang lebih besar dari standartnya. Supaya mampu menambah daya tarik roda menjadi lebih kuat.

Kesimpulan

Itulah poin-poin penting yang perlu anda lakukan saat pasang ban dan velg lebar pada motor. Supaya nyaman dipakai dan juga tidak menimbulkan hal yang tidak di inginkan. Selain itu pastikan anda memiliki budget untuk mulai modifikasi ban dan velg lebar pada motor.

Sebab kalau budget tidak mencukupi nanti malah membuat tampilan motor jadi jelek, karena cuma ganti ban tapak lebar saja tanpa mengganti ukuran velg yang lebih besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *