Cara Mudah Merawat Busi Mobil Agar Tahan Lama dan Awet
TIPS OTOMOTIF

Cara Merawat Busi Mobil Agar Awet, Secara Mandiri di Rumah

OTOBERITA.com – Sebagai pemilik mobil bukan hanya merawat tampilan mobil jadi kinclong, namun perlu juga merawat bagian mesin agar performa tetap optimal, terutama komponen busi mobil. Jangan sampai anda melalaikan merawat busi mobil, biasanya busi yang tidak terawat akan menimbulkan masalah salah satunya di bagian sistem pembakaran. Dan kenyamanan berkendara menjadi terganggu.

Baca Juga:

Dengan begitu anda perlu mengetahui, bagaimana tips mudah merawat busi mobil secara mandiri di rumah? Disisi lain tentunya akan membuat busi mobil jadi lebih awet dan tahan lama.

Cara Mudah Merawat Busi Mobil Agar Tahan Lama dan Awet

Cara Merawat Busi Mobil Secara Mandiri

Tak sedikit pula pemilik mobil ada yang mengeluh kondisi busi sering rusak dan bermasalah, padahal baru saja ganti busi. Hal ini dipicu karena kurangnya anda merawat busi pada mobil kesayangan terutama khusus pemula.

Komponen busi sendiri berperan sebagai pemercik api di sistem pembakaran, awal mulanya percikan api ini ketika busi mendapatkan energi listrik tegangan tinggi. Berikut di bawah ini tips singkat yang mudah dipahami soal perawatan busi pada mobil khusus untuk anda pemilik mobil.

1. Cek Kondisi Fisik Busi, Minimal 1 bulan Sekali

Cara perawatan busi paling mudah ialah memeriksa kondisi fisik busi rutin setiap bulannya. Cara ini dilakukan untuk mengetahui secara detail kondisi busi mobil terkini. Bilaman terdapat busi kotor segeralah bersihkan menggunakan lap atau amplas secara perlahan.

Agar proses pembakaran di ruang bakar mesin menjadi lebih sempurna. Beda lagi bila kondisi busi sudah terlihat usang, maka diperlukan pergantian busi dengan yang baru.

2. Bersihkan Busi Bila Kotor

Cara Membersihkan Busi Mobil dengan Benar

Cara membersihkan busi mobil, disini anda perlu menyiapkan alat berupa amplas halus dan sikat kawat.

Langkah pertama yang perlu anda lakukan, copot busi di blok mesin bagian atas. Setelah terlepas, bersihkan busi dengan amplas serta bagian rongga busi dengan sikat kawat. Bila sudah dirasa bersih, tiup busi tepat di bagian ujung busi agar kotoran bisa keluar.

3. Atur dengan Tepat Jarak Elektroda

Cara mudah mengatur jarak elektroda busi mobil ialah menggunakan obeng minus yang pipih. Jarak ideal pada elektroda dengan kepala busi ialah 0,6 mm hingga 0,8 mm.

Tujuannya agar ketika mesin mobil dihidupkan, percikan api yang dibutuhkan untuk proses pembakaran sesuai dengan kebutuhan. Maka dari itu setelah anda membersihkan busi, sempatkan untuk mengatur jarak eletroda bila dirasa kurang lapang.

4. Pasang Busi dengan Tepat dan Benar

Setelah anda melakukan pembersihan pada busi mobil yang kotor serta mengatur jarak elektroda. Pasanglah busi mobil pada blok mesin atas dengan benar dan tepat.

Caranya cukup pasang dengan tangan terlebih dahulusecara perlahan-lahan, setelah itu mulai kencangkan dengan kunci khusus busi.

5. Rajin Memanaskan Mobil di Pagi Hari

Cara merawat busi mobil yang tepat yaitu dengan memanaskan mesin mobil secara rutin saat pagi hari. Atau saat anda ingin menggunakan mobil untuk keperluan aktifitas berkendara.

Cara ini dilakukan agar secara tidak langsung percikan busi mobil yang dihasilkan akan lebih baik dan performa busi tetap prima.

6. Lakukan Servis Rutin

Ketika anda melakukan servis mobil secara rutin, mintalah pada mekanik untuk mengecek kondisi busi mobil.

Pengecekan itu meliputi pengapian busi masih normal atau lemah dan kondisi fisik busi mobil itu sendiri. Namun bila pengapian busi lemah, disarankan ganti busi dengan yang baru.

Cara ini cukup efektif dan efisien untuk merawat busi mobil secara tepat dan benar.

7. Pilih Busi Yang Berkualitas Terbaik

Pilih Busi Mobil Yang Berkualitas dan Rekomendasi Pabrik

Cara merawat busi pada mobil lainnya ialah memilih busi baru yang berkualitas terbaik. Alangkah baiknya sesuai rekomendasi busi dari pabrikan. Sebab hal itu sudah ditentukan sesuai dengan spesifikasi mesin mobil anda. Sehingga daya tahan busi lebih awet dan tahan lama.

Kesimpulan

Dari sekian banyak tata cara merawat busi mobil yang terpenting adalah pengecekan kondisi fisik busi secara rutin minimal sebulan sekali. Dengan begitu anda bisa mengetahui kondisi busi sedini mungkin, untuk meminimalisir kerusakan serta membuat busi lebih awet.

Dan jangan lupa saat servis mobil, mintalah pada mekanik untuk mengecek kondisi busi. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk pemilik mobil yang ingin busi mobil tahan lama dan awet.

Konten Unggulan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *