Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Pemula
TIPS OTOMOTIF

5 Cara Mengendarai Motor Kopling Untuk Para Pemula

Halo sahabat otoberita masih dengan saya lagi tentunya akan membahas mengenai cara mengendarai motor kopling dengan mudah dan praktis bagi para pemula yang hendak belajar motor kopling.

Pastinya banyak dari kalian yang belum sama sekali bisa mengendarai motor cowok atau motor yang menggunakan sistem tarik kopling, dimana terkadang cara mengendarai motor kopling bagi para pemula sangatlah sulit, karena jika terlalu kaku bisa saja motor mati dengan sendirinya.

Biasanya kejadian mati mesin untuk motor kopling pada saat belok dan juga pada saat berhenti, untuk di perjalanan lurus biasanya jarang yang mati.

Nah untuk itu otoberita akan memberikan ulasan bagaimana caranya belajar mengendarai motor kopling dengan mudah dan juga praktis. Simak ulasannya yah.

Tahapan Belajar Cara Mengendarai Motor Kopling Bagi Para pemula

Tahap 1 – Memegang Tuas Kopling

Memegang Tuas Kopling Salah satu Cara Mengenadari Motor Kopling

Langkah pertama jika anda ingin belajar cara mengendarai motor kopling, maka kalian bisa merenggangkan tangan kiri kalian terlebih dahulu, agar lebih lemas dan juga tidak kaku.

Biasanya para pengendara pemula merasa kaku pada bagian tangan kirinya akibat gugup, karena biasanya cuma memegang stang motor tanpa kopling atau sebatas hanya untuk rem khusus motor matic.

Nah untuk itu renggangkan terlebih dahulu agar lebih lemas, anda bisa menggunakan botol yang diisi dengan menggunakan air lalu di tutup, kemudian pegang lehernya dan putar-putar kan untuk melemaskan pergelangan tangan.

Tahap 2 – Menyalakan Motor dan Menekan Tuas Kopling

Yuk lansung saja kita lanjut untuk mulai menyalakan motor menjadi “On”. Kemudian pada saat motor sudah on, kalian bisa langsung mulai memegang bagaian stang motor dan juga menekan bagian tuas kopling, hingga menempel atau sedikitnya jarak 5 cm dari stang motor.

Hal ini dikarenakan karena mesin akan mulai pembakaran ketika tuas kopling di tarik. Nah untuk memulai menjalankannya, silahkan anda bisa memasukkan 1 gigi pertama setelah itu tarik tuas stang gas perlahan, sambil sedikit melepaskan tuas kopling.

Ingat jangan langsung lepas semuanya, bertahap-tahap yah sampai kamu bisa merasakan kalau motor yang kamu kendarai sudah mulai berjalan.

Tahap 3 – Belajar Melepas Tuas Kopling, Tapi Motor Tidak Mati

Melepas Tuas Kopling

Nah setelah itu jika kalian sudah berhasil untuk start up berarti kalian sudah paham dengan teknik yang kedua, cara mengendarai motor kopling untuk di perjalanan lurus kalian bisa melepaskan kopling.

Maksud saya disini bukan langsung melepasnya, namun tetap memegangnya, karena pada saat motor sudah mulai melambat motor perlu daya tarik lagi, sehingga kalian bisa menekan kopling lagi hingga kedalam.

Ingat untuk START dan juga pemberhentian yang baik yaitu dengan menekan kopling dengan cara bertahap agar motor tidak mati.

Tahap 4 – Menghentikan Laju Motor Kopling

Untuk itu kalian perlu belajar bagaimana cara menghentikan motor kopling dengan sempurna, biasanya pemula langsung akan matikan mesin. Tapi untuk para senior yang sudah terbiasa biasanya mesin motor masih hidup, lalu langsung menggunakan kunci untuk turn off motor dengan baik. Atau jika motor anda injeksi maka matikan terlebih dahulu injeksi motor anda.

Tahap 5 – Belajar Ulang Cara Mengendarai Motor Kopling di Area Lain

Setelah itu kalian bisa mencobanya terus menerus bisa di lapangan, maupun di tempat yang mempunyai lahan luas sehingga lebih leluasa untuk belajar.

 Akhir Kata

Nah sahabat otoberita bagaimana sudah paham dengan cara mengendarai motor kopling dengan mudah dan juga praktis? kali saja di Internet ada video yang bisa membantu anda untuk belajar mengendarai motor Kopling ini.

Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang berguna untuk anda semuanya yah. Terimakasih sudah berkunjung dan jangan lupa untuk memberikan komentar yang baik untuk artikel kali ini. Terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *