Ilustrasi Melepas Karburator Motor dengan Benar
TIPS OTOMOTIF

Cara Membersihkan Karburator Motor Untuk Pemula

OTOBERITA.com – Sebagai pemilik sepeda motor, selain untuk penunjang aktifitas berkendara sehari-hari. Tentu perlu dirawat sedemikian rupa agar motor selalu tampil prima, salah satunya cara membersihkan karburator motor dengan benar dan tepat. Mengingat fungsi karburator juga penting dalam sistem pembakaran di ruang mesin. Yaitu untuk mencampur udara dan bahan bakar serta hasilnya disalurkan ke ruang pembakaran.

Tak heran apabila karburator jarang dibersihkan, bisa membuat kinerja mesin terganggu. Salah satunya motor tersendat-sendat. Sehingga anda wajib mengetahui,

Ilustrasi Melepas Karburator Motor dengan Benar

bagaimana cara mudah membersihkan karburator sepeda motor untuk pemula?

Apakah sulit?

Bisakah dikerjakan dirumah?

Anda tidak perlu khawatir, sebab kami akan sajikan beberapa tips atau tutorial yang mudah diterapkan bahkan dirumah sekalipun. Dengan begitu anda tidak perlu repot membawa sepeda motor ke bengkel. Untuk sekedar membersihkan karburator yang kotor.

Peran komponen karburator yang begitu penting untuk sepeda motor. Maka anda perlu secara berkala bersihkan spare part tersebut, setidaknya dua minggu sekali atau sebulan sekali. Selain itu anda juga perlu memahami,

apa saja penyebab karburator mudah kotor?

Bagaimana cara mencegahnya agar karburator tidak mudah kotor atau rusak?

Penyebab Karburator Motor Cepat Kotor

Berikut penjelasan singkat untuk anda sebagai pemula dalam menangani tentang karburator kendaraan bermotor.

  1. Pegas pada di dalam karburator kehilangan kelenturannya. Salah satu penyebabnya ialah karena usia pemakaian. Bahkan bisa juga karena terlalu sering mengotak-atik karburator seperti bongkar pasang yang salah. Dengan begitu kotoran dengan mudahnya masuk di dalam karburator.
  2. Klep motor yang terkena kotoran menumpuk. Penyebabnya karena karburator jarang dibersihkan. Sehingga membuat tarikan tuas gas menjadi seret sebab klep yang kotor. Dan hasilnya kinerja karburator akan menurun. Cara membersihkannya cukup dengan cairan pembersih khusus agar kotoran yang menempel pada klep bisa hilang.
  3. Membran pada karburator mengalami kebocoran. Biasanya karena kotoran yang masuk pada karburator dan sering bongkar pasang yang kurang tepat.

Dengan mengetahui penyebab komponen karburator mudah kotor di atas. Anda juga perlu secara hati-hati dalam membongkar pasang karburator motor agar tidak terjadi hal yang berdampak buruk, dikemudian hari. Simaklah berikut di bawah ini, bagaimana cara tepat membersihkan karburator motor untuk pemula dengan benar?

Cara Membersihkan Karburator Motor Untuk Pemula

Cara Membersihkan Karburator Motor Untuk Pemula

 

Jangan lupa mempraktekkan tutorial atau panduan cara membersihkan karburator motor untuk pemula secara hati-hati, bisa dikerjakan di rumah saja. Selain itu siapkan dahulu berupa alat seperti kunci pas ukuran 10 dan 12, nampan alias wadah bensin untuk mencuci karburator, obeng plus dan minus, kuas mini serta tang jepit.

  1. Pertama lepaskan saluran pipa bensin di karburator dengan tang jepit dan setelah terlepas jepitlah pipa bensin agar bensin tidak mengalir keluar. Dan pipa lain yang mengarah di bagian badan karburator lepaskan.
  2. Lepas pengikat filter yang mengarah pada karburator dengan menggunakan obeng plus atau minus.
  3. Lepaskan mur pada pengikat antara karburator dan manifold bagian atas memakai kunci pas yang telah disediakan.
  4. Setelah filter udara dan unit karburator telepas, taruh karburator ke nampan atau wadah.
  5. Bersihkan filter udara dengan membukanya terlebih dahulu pakai obeng, kemudian bersihkan seluruh bagian filter dari kotoran yang menempel.
  6. Selanjutnya bongkar secara hati-hati dan menyeluruh di unit karburator motor pakai obeng yang disediakan.
  7. Bersihkan komponen-komponen pada karburator seperti pilot jet, main jet, spuyer, needle jet, pelampung dan bagian lain. Setelah itu pakai kuas yang sudah dibasahi bensin bersihkan komponen tersebut secara merata hingga bersih.
  8. Setelah semua dirasa sudah bersih. Pasang atau rakit unit karburator secara hati-hati mulai dari peletakan komponen di dalamnya dengan benar.
  9. Kemudian pasang kembali karburator pada manifold serta pipa yang mengarahnya dan filter udara.
  10. Terakhir setel karburator motor dengan benar.

Caranya siapkan obeng minus. Hidupkan mesin. Putar sekrup bagian penyetel gas ke arah kanan atau searah jarum jam, apabila motor terasa brebet. Kemudian Tutup sekrup penyetel udara. Dan buka sekrup angin sampai menunjukkan RPM tertinggi, saat menutup bagian sekrup angin pastikan motor dalam keadaan terus menyala. Terakhir turunkan setelan gas secara perlahan hingga menghasilkan idle yang paling ideal alias langsam.

Setelah proses penyetelan karburator selesai, coba matikan dan hidupkan kembali mesin motor bisa dengan kick starter atau electric starter. Bila proses penyetelan benar, maka sekali starter atau kick pasti motor akan langsung menyala dengan suara yang langsam atau dikenal dengan idle yang pas.

Kesimpulan

Itulah di atas penyebab karburator motor kotor dan cara mudah membersihkan karburator motor untuk pemula, serta penyetelan karburator yang benar. Semoga referensi atau tutorial langkah demi langkah tersebut bisa anda terapkan di rumah. Salam sobat otoberita. Baca juga Cek Yuk, Berapa Harga Karburator PE 28 Original?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *