Cara bayar pajak mobil online mudah dan praktis
OTO MOBIL

Cara Bayar Pajak Mobil Online Mudah dan Praktis

Cara Bayar Pajak Mobil Online – Sudah suatu kewajiban sebagai warga Indonesia yang baik, harus taat membayar pajak. Perlu diketahui macam pajak di antaranya pajak barang mewah, pajak penghasilan, pajak bumi dan bangunan serta pajak kendaraan bermotor.

Namun pada ulasan kali ini membahas mengenai jenis pajak kendaraan bermotor, yang mana harus rutin dibayarkan oleh pemilik kendaraan baik mobil maupun sepeda motor. Mulai dari pajak kendaraan tahunan, serta pajak kendaraan lima tahunan.

Untuk pajak kendaraan tahunan biasanya digunakan sebagai cara memperpanjang masa berlaku STNK ( Surat Tanda Nomor Kendaraan ). Sedangkan pajak kendaraan lima tahunan itu dilakukan untuk mengganti plat kendaraan yang anda miliki.

Baca juga :

Perlu anda ingat bahwa cara bayar pajak kendaraan sebaiknya dilakukan paling tidak saat tanggal jatuh tempo. Namun jika sampai anda telat bayar pajak atau melewati masa tempo, pasti anda akan dikenakan denda pajak kendaraan dengan besaran yang telah ditentukan. Denda tambahan itu biasanya akan langsung muncul, ketika anda melakukan pembayaran administrasi pajak.

Pada umumnya cara bayar pajak mobil bisa dilakukan dengan cara langsung menuju kantor cabang samsat terdekat. Namun saat anda sudah sampai tujuan, tentunya perlu antre saat mau melakukan pembayaran pajak.

Di sisi lain kini semua bisa semakin mudah dan praktis dilakukan untuk sekedar bayar pajak kendaraan yakni melalui online.

Adapun cara bayar pajak mobil online dapat dilakukan melalui aplikasi Samsat Online Nasional atau dikenal dengan Samolnas. Aplikasi itu berbasis android, maka bisa langsung di unduh secara gratis melalui play store.

Dengan metode pembayaran pajak online diklaim lebih menghemat waktu, tanpa perlu mengantre datang ke kantor samsat terdekat.

Cara Bayar Pajak Mobil Online

aplikasi samsat online nasional

Berikut di bawah ini langkah-langkah mengenai tata cara bayar pajak via online yang bisa anda lakukan :

  1. unduh dahulu aplikasi “Samsat Online Nasional” melalui Google Play Store maupun App Store.
  2. Sebelum berlanjut menuju proses transaksi, anda wajib daftar dahulu. Isi data di kolom yang telah di sediakan mulai dari nomor polisi, NIK, 5 digit nomor rangka mobil terakhir, nomor handphone yang bisa dihubungi serta email yang masih aktif anda miliki.
  3. Kemudian setelah selesai mengisi data formulir tersebut dan menekan tombol akhiri. Nanti anda akan mendapatkan sebuah kode pembayaran yang mana hanya berlaku selama 2 jam saja.
  4. Selanjutnya anda tinggal melakukan pembayaran melalui bank transfer yang mana terdapat biaya administrasi sebesar Rp 5.000,-.
  5. Setelah proses pembayaran selesai, maka anda akan mendapatkan tanda bukti pelunasan pembayaran secara elektronik melalui menu E-TBPKB. Dan di menu E-Pengesahan STNK akan menampilkan pula tanda pengesahan secara elektronik berlaku hingga 1 bulan.
  6. Dan terakhir anda sebagai pemohon wajib pajak bakalan mendapatkan sebuah TBPKB/SKPD serta stiker pengesahan STNK. Yang mana dikirim melalui jasa ekspedisi ke alamat anda yang sesuai dengan tertera di STNK.

Berikut video tutorial bayar pajak mobil online dengan mengunduh aplikasi Samolnas di google play store maupun app store.

Cara Cek Pajak Mobil Secara Online

Setelah anda tahu tata cara maupun langkah bayar pajak via online. Anda juga bisa mengecek status pajak kendaraan bermotor mulai satu tahunan dan lima tahunan, serta lengkap besaran biaya pajak yang harus dibayarkan.

Dengan begitu tentunya mempermudah proses administrasi pengurusan pajak kendaraan di setiap tahunnya. Bahkan bisa cek pula informasi pajak kendaraan melalui aplikasi Samolnas.

Di sisi lain bisa juga cek informasi pajak melalui aplikasi yang di sediakan setiap daerah mulai Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah dan lainnya.

Di pastikan dengan layanan yang mudah dan praktis ini bisa membuat wajib pajak melakukan transaksi via online, tanpa harus datang ke kantor Samsat terdekat untuk proses pengurusannya.

Cara bayar pajak mobil online mudah dan praktis

Syarat Bayar Pajak Mobil

Adapun syarat bayar pajak mobil anda harus memiliki STNK yang sah, dan data lengkap kendaraan anda. Hal ini untuk mengisi form formulir ketika membayar pajak melalui online di aplikasi Samsat Online Nasional.

Manfaat Bayar Pajak via Online

Di sisi lain banyak sekali manfaat yang didapat saat bayar pajak kendaraan via online sebagai berikut :

  1. Mampu mempersingkat pengurusan biaya administrasi pajak tanpa harus datang ke Samsat terdekat.
  2. Pembayaran pajak mobil online bisa dilakukan dengan menggunakan transaksi ATM. Tentu mempermudah proses pembayaran itu sendiri melalui aplikasi.
  3. Menghemat waktu dalam mengurus pajak mobil kesayangan, bagi yang tidak memiliki banyak waktu.
  4. Tanpa perlu khawatir resiko denda tambahan, jika terlambat mengurus pajak kendaraan bermotor.

Kesimpulan

Itulah informasi yang bisa disampaikan tentang cara bayar pajak mobil online yang mudah dan praktis. Semoga informasi bisa bermanfaat bagi yang ingin bayar pajak online kendaraan.

Baca juga :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *