Tips Cara Merawat Shockbreaker Motor Yang Benar
OTO MOTOR, TIPS OTOMOTIF

Begini Cara Merawat Shockbreaker Motor Agar Awet

OTOBERITA.com – Perlu anda ketahui di dalam melakukan proses perawatan sepeda motor, anda paling tidak harus memahami apa saja bagian pada motor yang perlu mendapatkan perhatian khusus?

Salah satu komponen itu tak lain ialah bagian sektor shockbreaker motor. Komponen itu mempunyai peran penting dalam meredam getaran ketika sepeda motor melewati jalanan tidak rata.

Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui beberapa tips cara merawat shockbreaker motor agar awet dan tahan lama.

Apabila komponen tersebut tidak mendapatkan perawatan tentu akan cepat mengalami kerusakan. Jika hal itu terjadi bukan tidak mungkin anda harus mengganti shockbreaker yang baru.

Namun setidaknya anda bisa meminimalisir kerusakan pada shockbreaker motor agar jauh lebih awet dan tahan lama, tentunya dengan perawatan yang benar.

Berkaitan dengan hal itu, tentu anda harus mempraktekkan tips cara merawat shockbreaker motor yang bisa anda terapkan dirumah di masa pandemi seperti ini.

Tips Cara Merawat Shockbreaker Motor Untuk Pemula

Jangan Sering Ngebut di Jalanan Tidak Rata

Salah satu pemeliharaan sepeda motor yang benar, tentang shockbreaker yaitu jangan terlalu sering ngebut di jalanan tidak rata.

Apalagi anda sedang membonceng penumpang, justru beban kendaraan akan semakin berat. Sehingga kinerja shockbreaker untuk meredam getaran semakin tinggi, terutama melewati jalanan bergeronjal atau berlubang.

Sangat disarankan ketika mau melewati jalanan tidak rata, sebaiknya pelankan laju kendaraan.

Bersihkan Kondisi Shockbreaker Secara Rutin

Bersihkan Shockbreaker Bila Kotor

Membersihkan kondisi shockbreaker motor paling tidak dua minggu sekali, merupakan salah satu tips cara merawat shockbreaker motor.

Mulai dari kotoran yang menempel dan lain-lain. Upayakan anda membersihkannya secara berkala. Agar tidak mempercepat proses keausan terutama pada seal (karet) dan piston. Ini artinya usia shockbreaker bisa tahan lama.

Dan kerap sekali para rider menghiraukan masalah bekas lumpur hujan yang menempel dibagian sisi-sisi komponen tersebut. Padahal bila tidak segera ditangani, bukan tidak mungkin akan terjadi korosi dan menimbulkan seret pada shockbreaker.

Ketika anda mencuci sepeda motor yang benar, usahakan juga bersihkan sisi-sisi shockbreaker hingga kotoran yang menempel bisa hilang.

Upayakan Jangan Sering Membawa Beban Berat

Tips merawat shockbreaker motor supaya awet selanjutnya ialah jangan terlalu sering membawa barang yang melebihi kapasitas motor.

Bukan tanpa alasan, lantaran beban berlebih yang dihempaskan pada suspensi akan membuatnya lebih bekerja dengan berat. Ketika meredam getaran atau goncangan sekaligus menahan beban barang bawaan anda.

Jika hal itu diabaikan, secara otomatis kinerja suspensi motor lama kelamaan tidak lagi maksimal. Terutama dalam menjaga kestabilan motor saat melewati jalanan tidak rata atau bergeronjal.

Untuk itu, upayakan menghindari membawa barang bawaan yang melebihi kapasitas motor pada umumnya. Misalnya kapasitas maksimal sepeda motor yakni 120 kg.

Hindari Pemakaian Anting Shock

Hindari Pakai Anting Shockbreaker Belakang

Dalam dunia permodifan sepeda motor unik, anting shock merupakan salah satu komponen yang membuat tampilan suspensi belakang begitu menarik dilihat.

Padahal penggunaan anting shock akan berdampak pada fungsi kinerja shockbreaker jadi terganggu.

Nah untuk itu, sebaiknya hindari penggunaan anting shock. Hal ini salah satu paling efektif dalam cara merawat shockbreaker motor jadi lebih awet dan tahan lama.

Rutin Mengganti Oli pada Shockbreaker

Sebagai pemilik sepeda motor, mengganti oli pada shockbreaker memang sangat diperlukan.

Dalam hal ini ketika anda sudah merasakan ayunan shockbreaker depan motor terasa sudah tidak nyaman seperti biasanya.

Jangan sampai menunggu lama, segera ganti oli shockbreaker dengan membawanya ke bengkel motor terdekat. Cara ini dilakukan untuk meminimalisir keausan pada kondisi shock.

Waktu ideal ganti oli shockbreaker motor paling tidak 2 atau 3 tahun, atau ketika sudah mencapai kilometer 15 ribu. Biasanya kondisi oli akan mulai encer serta berkurangnya daya redam pada suspensi sepeda motor.

Selalu Periksa Kondisi Shock Saat Motor Mulai Digunakan

Apabila anda suka touring perjalanan jauh, pastikan anda mengecek keseluruhan kondisi sepeda motor, terutama bagian shockbreaker.

Cara ini cukup efektif untuk mengetahui kondisi terkini dari shockbreaker agar kinerjanya nanti tetap optimal.

Mulai dari perhatikan goncangan ayun motor bila terasa cukup mengeras, ini menandakan mungkin oli shock sudah waktunya diganti baru.

Cek juga kondisi batas as shock untuk suspensi depan motor, bila kotor segeralah bersihkan. Tak lupa bagian suspensi belakang motor, upayakan shockbreaker selalu bersih. Mulai dari pir shock dan batas as di dalamnya.

Pilih Shockbreaker Motor Yang Berkualitas

Apabila anda ingin mengganti shock baru, upayakan yang bermerk serta berkualitas. Seperti shockbreaker merk Ohlins, selain awet juga lebih tahan lama. Selain pilihan shockbreaker orisinil bawaan asli pabrik.

Jangan lupa pilih shockbreaker sesuai tipe motor agar kinerjanya bisa maksimal.

Kesimpulan

Dalam penerapan Langkah-langkah cara merawat shockbreaker motor yang telah dijelaskan di atas. Semoga bisa anda pahami serta dipraktekkan secara mandiri di rumah.

Mulai dari cara merawat dan cara mengatasinya bila ada kerusakan atau perlu diperbaiki.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *