Lampu Indikator Suhu Mobil Menyala, Tandanya
TIPS OTOMOTIF

Bagaimana Mengenal Indikator Dashboard Mobil?

OTOBERITA.com – Sudahkah anda sebagai pemilik mobil mengenal indikator dashboard? Pahamkah solusi indikator mobil menyala terus? Apa sih fungsi indikator dashboard mobil? Beberapa pertanya tersebut sering terlontar dari pemula yang baru mempunyai mobil idaman. Mereka biasanya tidak begitu mengerti arti indikator mobil yang benar. Sehingga kerap hal ini di sepelekan, padahal banyak sekali manfaat dari mengenal indikator dashboard mobil.

Salah satu manfaat penting mengenal indikator mobil adalah bisa memahami keadaan mobil pribadi tanpa perlu mengecek di setiap bagian. Ada 7 lampu indikator yang anda perlu anda pahami arti serta tanda yang diberikan ketika menyala. Meski sebenarnya banyak sekali panel indikator dalam mobil terbaru atau jajaran mobil mewah, namun hanya 7 yang cukup penting diketahui. Berikut ulasan singkat di bawah ini :

Mengenal 7 Lampu Indikator Dashboard Mobil Yang Benar

Sebelum ke topik utama yaitu, bagaimana mengenal indikator dashboard mobil? alangkah baiknya anda sebagai pemilik mobil perlu merawat kendaraan secara berkala agar performa mesin dan kondisi mobil selalu dalam keadaan prima. Berikut 7 indikator penting dalam mobil yang wajib diketahui.

1. Indikator Check Engine

Indikator Dashboard Mobil Check engine

Semua produk kendaraan roda empat atau lebih tentu ada lampu indikator check engine atau nama lain dari Malfunction Indikator Lamp (MIL). Baik itu mobil sedan, MPV, SUV, City Car, Sport dan lain sebagainya. Mengingat lampu tersebut merupakan salah satu komponen penting yang perlu dipahami.

Untuk normalnya sendiri, ketika anda memasukkan kunci ke dalam lubang kunci mobil, setelah itu mulai memutar kunci dalam keadaan posisi ON. Maka secara otomatis indikator check engine akan menyala. Namun saat anda mulai melakukan starter mesin mobil, lampu indikator itu akan mati.

Beda halnya bila saat starter, lampu indikator check engine tetap menyala. Ini merupakan tanda atau peringatan bahwa terdapat masalah yang cukup serius terhadap mesin mobil pribadi anda. Sehingga diperlukan pengecekan lebih lanjut ke bengkel mobil, jangan sampai anda mengabaikannya sebab nanti akan fatal.

2. Indikator Sabuk Pengaman

Lampu Indikator Sabuk Pengaman Pada Mobil

Mobil pada umumnya terdapat indikator sabuk pengaman. Indikator itu berfungsi sebagai pengingat untuk pengemudi agar selalu memakai sabuk pengaman. Sehingga apabila pengemudi lupa pakai safety belt, sebelum mulai mengemudikan kendaraan, maka lampu tersebut akan terus menyala.

Namun untuk produk mobil keluaran terbaru bukan hanya lampu indikator yang menyala tapi juga ada suara yang cukup nyaring. Selama pengemudi belum memasang sabuk pengaman dengan benar. Hal ini terkait keamanan dalam berkendara yang perlu diprioritaskan.

3. Indikator Tanda SRS

Indikator Lampu SRS Mobil

Untuk indikator SRS ini biasanya terdapat pada mobil yang memiliki fitur airbag. Lambangnya seperti orang sedang duduk memangku bulatan. Fungsi dari indikator SRS tak lain ialah sebagai pengaman pengemudi atau penumpang ketika mobil mengalami tabrakan.

Tandanya bila lampu SRS mati berarti airbag berfungsi dengan baik nantinya dan sebaliknya. Maka perlu dicek sistem airbag pada mobil kesayangan. Sehingga nantinya bisa berfungsi dengan normal apabila terjadi tabrakan di jalan raya.

Baca juga : Ingin Tahu, Ciri Sasis Mobil Bekas Tabrakan.

4. Indikator Suhu Mobil

Lampu Indikator Suhu Mobil Menyala, Tandanya

Salah satu fungsi dari indikator suhu mobil adalah mengetahui temperatur suhu mesin mobil masih normal atau sudah overheat. Tanda yang diberikan berupa warna lampu, untuk warna kuning itu petanda suhu mesin mobil dalam keadaan normal. Sedangkan warna merah petanda suhu mobil dalam keadaan overheat.

Sehingga anda perlu waspada, dan tindakan yang benar dilakukan saat lampu suhu mobil warna merah yaitu menepi dan matikan mobil. Sebab banyak sekali para pengemudi yang kerap mengabaikan indikator tersebut, selalu perhatikan indikator suhu mobil. Biasanya saat tiba-tiba ada asap yang keluar dari kap mesin mobil baru menyadarinya. Itu kebiasaan yang tidak patut di tiru. Jadilah smart driver yang selalu waspada.

5. Lampu Indikator Aki Mobil

indikator lampu aki mobil kesayangan

Perlu anda ketahui aki merupakan komponen penting dalam sistem mobil. Apabila tidak terjadi pengisian terhadap aki, maka sistem atau tenaga listrik yang diperlukan pada mobil tidak akan bisa menyala dengan baik.

Tanda aki normal ialah lampu indikator aki dalam keadaan mati. Namun bila sebaliknya yakni menyala, alangkah baiknya segera bawa ke bengkel mobil untuk diperiksa. Hal ini menandakan ada masalah pada aki mobil anda, bila tidak ditangani biasanya mobil akan mogok secara mendadak.

6. Indikator Lampu ABS

Indikator lampu ABS pada mobil terbaru

Pada indikator dashboard mobil biasanya terdapat lambang ABS. Ini menandakan mobil idaman anda memiliki fitur sistem pengereman ABS. ABS sendiri memiliki arti Anti-lock Braking System. Fungsinya sebagai pencegah terjadinya penguncian roda mobil saat melakukan pengereman secara mendadak.

Mobil keluaran terbaru atau mobil mewah masa kini pasti mempunyai indikator lampu ABS. Sebagai sistem keamanan tambahan. Saat mobil menyala, indikator itu harus mati. Dan apabila tetap menyala ini menandakan ada masalah pada fitur sistem ABS mobil. Solusinya cukup melakukan pengecekan di sistemnya yang biasanya dilakukan oleh mekanik bengkel mobil.

Baca juga : Inilah 6 Masalah Pada Rem Mobil Bekas dan Cara Mengatasinya.

7. Lampu Indikator Oli

Lampu Indikator Oli Mesin Mobil

Dan terakhir lampu indikator dashboard mobil yang terpenting ialah lampu indikator oli. Lampu ini mengisyaratkan kondisi oli mobil anda baik masih normal atau waktunya melakukan penggantian oli mesin mobil. Tandanya terdapat pada warna lampu, bila menyala merah itu menandakan anda perlu mengganti oli mobil ke bengkel.

Itulah di atas 7 lampu indikator dashboard mobil yang penting anda ketahui, serta fungsinya. Dan terlebih tanda-tanda yang diberikan oleh lampu indikator, selain itu cara penanganan yang tepat bila lampu itu tidak menyala dengan baik atau terjadi masalah pada kondisi mobil kesayangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *