Aki mobil soak dan cepat tekor, begini tandanya
OTO MOBIL, TIPS OTOMOTIF

Aki Mobil Soak dan Cepat Tekor, Begini Tandanya !

OTOBERITA.com – Tak menampik bahwa aki merupakan suatu komponen yang sangat penting perannya untuk mobil.

Lantaran, lampu dan beberapa komponen lain sangat membutuhkan arus listrik pensuplai daya berupa aki. Oleh sebab itu, bila aki mobil soak dan cepat tekor akan berdampak buruk terhadap kenyamanan berkendara.

Sehingga diperlukan perawatan yang begitu tepat untuk menjaga performa aki mobil tetap dalam kondisi prima.

Namun, tak sedikit pengguna mobil yang kerap sekali mengeluh tentang kualitas atau usia aki, dimana perannya sering mengalami kerusakan.

Untuk itu anda perlu mengenali dan memahami, apa saja pemicu penyebab aki mobil soak? Guna ditindak lanjuti dengan prosedur yang tepat. Bahkan pertanyaan tersebut kerap sekali dilontarkan oleh pemilik mobil.

Berikut uraian lengkap tentang beberapa penyebab aki mobil soak, agar anda lebih banyak pengetahuan terhadap kondisi seperti itu. Dan tentunya cara mengatasinya yang lebih tepat sasaran.

Penyebab Aki Mobil Soak dan Cepat Tekor

Aki mobil soak dan cepat tekor, begini tandanya

Tak bisa dipungkiri bahwa dalam merawat kondisi aki mobil, tentu pernah mengalami sebuah kendala. Maka ada baiknya anda sebagai pemilik mobil, mengenali berbagai pemicu yang sering melanda aki mobil.

Mesin Mobil Jarang Dipanaskan

Pemicu atau penyebab yang umum pada aki mobil soak ialah jarang sekali memanaskan mesin mobil ketika mau digunakan. Padahal cara memanaskan mesin mobil begitu mudah sekali, dan harus secara rutin.

Mesin mobil jarang dipanaskan, tentunya akan membuat aki tidak mendapatkan suplai kelistrikan yang memadahi, ketika nanti mesin mulai dihidupkan. Sehingga tak heran kapasitas aki menjadi kurang optimal.

Oleh sebab itu, upayakan untuk merawat aki mobil agar tidak cepat tekor. Dengan cara memanaskan mesin mobil setiap hari, dalam durasi waktu 15 menitan saja.

Langkah itu cukup mudah dilakukan guna merawat aki mobil agar tetap optimal saat digunakan.

Intensitas Penggunaan Mobil Tinggi

Pemicu lain penyebab aki mobil soak bisa dikarenakan oleh intensitas penggunaan mobil yang relatif tinggi. Artinya ialah menggunakan mobil secara terus menerus yang bisa berdampak pada kualitas aki mobil.

Lantaran, sudah pasti memerlukan daya listrik yang besar. Tak heran dapat memicu kinerja aki semakin ekstra. Hal ini juga membuat usia aki jadi pendek.

Meski sebenarnya semua komponen mobil pasti ada masa pakainya alias usianya sendiri-sendiri. Namun, jika masa pakai dan daya tahanya relative singkat tentu bisa merugikan pihak pemilik mobil.

Oleh sebab itu, sebaiknya jika memang rutinitas anda memaksa untuk pakai mobil secara intensitas tinggi. Upayakan istirahatkan mobil sejenak, paling tidak sehari saja atau 12 jam.

Cara ini terbukti cukup efektif untuk mengurangi kinerja beban aki pada mobil dan tentunya membuat daya tahan lebih lama.

Kapasitas Air Aki Mobil Mulai Menurun

Gejala aki mobil soak, bisa juga dikarenakan air aki mulai habis.

Namun ini umum terjadi pada tipe aki basah, yang mana anda lupa mengecek kondisi air akinya. Sehingga kinerja aki tidak seperti biasanya.

Dan kondisi parahnya ini bisa menimbulkan aki mobil mudah soak dan cepat tekor, sebab arus listrik dipaksa untuk keluar, namun kondisi air aki sebagai pemicu arus listrik sudah habis.

Maka sangat disarankan selalu rutin mengecek kondisi air aki mobil secara berkala, paling tidak dua minggu sekali. Bila tidak mencapai batas normal, segeralah isi air aki mobil.

Dengan begitu aki dapat secara optimal mensuplai listrik pada komponen mobil yang membutuhkan.

Penggunaan Aksesoris Yang Berlebihan

Penambahan Fitur Sistem Audio, Indikasi Penyebab Aki Mobil Cepat Tekor

Hal ini berlaku untuk anda yang suka modifikasi mobil agar nampak menarik. Seperti menambah sistem audio, lampu RGB di bawah kolong mobil, dan lain-lain.

Justru hal tersebut menambah beban kinerja aki mobil jadi berat. Dan parahnya dapat membuat aki mobil mudah soak dan cepat rusak.

Maka sangat disarankan bila anda menggunakan hal tersebut sesuaikan dengan kapasitas kemampuan aki mobil.

Penggunaan Lampu HID ( Projector )

Penggunaan Lampu HID, Penyebab Aki soak

Tanda aki mobil cepat soak bisa dikarenakan oleh penggunaan lampu HID atau lampu projector.

Lantaran, lampu tipe itu termasuk dalam area modifikasi atau fitur tambahan. Bahkan anda tidak menyesuaikan dengan kapasitas kemampuan aki, sehingga mudah sekali tekor.

Jika, anda memang berniat untuk modifikasi mobil. Upayakan juga anda mengganti aki mobil dengan ampere yang lebih besar, sehingga pensuplai dayanya lebih optimal. Terutama ke bagian fitur tambahan sebagai salah satu modifikasi yang anda pilih.

Umur Aki Sudah Menua

Indikasi lain penyebab aki mobil soak dan cepat tekor ialah umur aki sudah tua. Faktor usia pemakaian aki biasanya sudah dijelaskan pada manual book mobil oleh standart pabrik.

Pada umumnya masa aki mobil normalnya berusia 2 hingga 3 tahun pemakaian. Jika sudah mencapai batas wajar tersebut, upayakan anda mengganti aki dengan yang baru. Untuk meminimalisir kerusakan pda aki mobil tentunya.

Kesimpulan

Sebagaimana yang telah diuraikan di atas tentang penyebab aki mobil soak dan cepat tekor. Supaya anda jadi lebih mengerti mengenai kondisi aki mobil terkni. Tujuannya agar kinerja aki bisa tetap optimal ketika digunakan.

Jangan lupa apabila kondisi aki sudah rusak, segeralah diganti dengan yang baru. Agar tidak menyebabkan komponen lain ikut rusak karena suplai daya yang kurang maksimal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *