Intip, Cara Mudah Merawat dan Memperbaiki Spion Elektrik Mobil

Intip, Cara Mudah Merawat dan Memperbaiki Spion Elektrik Mobil
Daftar Isi Artikel
OTOBERITA.com - Diketahui di era zaman modern ini kendaraan roda empat selalu melakukan banyak sekali perubahan demi memberikan kenyamanan untuk pengemudi. Mulai dari desain eksterior, interior serta fitur unggulan pada mobil itu. Salah satunya fitur spion eletrik, pengoperasiannya cukup dengan menekan tombol yang ada pada area dashboard.

Meski dulu spion eletrik hanya bisa dijumpai pada mobil kelas premium, namun kini hampir semua mobil kelas medium sudah mengaplikasikannya. Mengingat fungsinya yang lebih efisien dalam mengatur posisi spion dan penampilannya menjadi lebih menarik.

Pada kesempatan kali ini akan mengulas cara mudah merawat dan memperbaiki spion eletrik mobil yang sering di alami oleh pemilik mobil masa kini. Sehingga nantinya bisa mengetahui masalah yang perlu dibenahi ketika ada kerusakan pada spion eletrik. Lantas, seperti apa kerusakan paling umum terjadi pada fitur spion eletrik mobil? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

Kerusakan Umum Pada Spion Eletrik Mobil

Diketahui kerusakan umum pada spion eletrik ini biasanya ialah tidak berfungsi dengan baik ketika tombol ditekan, kaca spion eletrik pecah, spion patah dan spion eletrik rusak. Meski pada dasarnya spion elektrik memiliki kabel yang ada didalamnya, tapi bisa jadi suatu saat terjadi kerusakan yang terduga.

Salah satu komponen kaca spion eletrik yang mudah mengalami kerusakan terdapat pada gear patah dikarenakan terbuat dari bahan plastik. Kejadian ini kerap terjadi ketika anda secara paksa menutup spion eletrik atau ada benturan keras di bagian spion tersebut. Dengan begitu solusinya cukup membuka rumah spion kemudian melakukan penyambungan kembali bagian gear yang rusak atau ganti yang baru seat gearnya.
Cara Mudah Merawat dan Memperbaiki Spion Elektrik Mobil
Tujuan utama pemasangan spion eletrik pada mobil ialah untuk mempermudah pengemudi dalam mengatur posisi spion yang tepat, tanpa harus membuka jendela kendaraan. Biasanya letak tombol spion eletrik berada dibagian samping kanan setir kemudi. Sehingga merawat spion eletrik sangat disarankan agar kinerjanya tetap baik, karena fungsi spion sendiri cukup vital ketika mengemudi untuk melihat kondisi kendaraan di belakang. Jadi bila gear pada spion rusak dan posisi spion tidak bisa mengunci dengan baik, ini justru membingungkan pengemudi ketika ingin melihat situasi kendaraan di belakangnya.

Apabila anda tidak ingin repot-repot memperbaiki spion eletrik rusak bisa langsung di bawa ke bengkel langganan atau bengkel resmi agar dilakukan perbaikan lebih lanjut. Sebab mekanik yang ahli dalam membongkar spion eletrik tentu tidak akan membuat spion menjadi baret. Meski nanti anda perlu mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk perbaikan spion eletrik mobil idaman.

Cara Memperbaiki Spion Eletrik Mobil Sendiri di Rumah

Bila anda cukup waktu untuk memperbaiki spion eletrik yang rusak di rumah. Langkah pertama yang perlu anda lakukan ialah periksa bagian kabel sekring kondisinya baik atau terputus, bila tersambung dengan baik pasti kerusakan ada dibagian lainnya. Caranya cukup nyalakan mobil lalu tutup dan buka spion secara manual, namun perlahan agar tidak merusak gear di dalamnya. Tapi bila cara ini tidak berhasil bisa jadi kerusakan pada elektrik spion mobil itu sendiri.

Sehingga sangat disarankan untuk bawa ke bengkel mobil saja, sebab perlu adanya alat serta keahlian khusus dalam menangani masalah spion eletrik rusak.

Meski banyak pemilik kendaraan roda empat tidak begitu mementingkan fungsi spion eletrik ketika akan berpergian. Padahal komponen vital tersebut cukup penting untuk melihat kondisi kendaraan lain di belakang, bukan hanya sebagai pemanis mobil saja.

Yuk Gabung di Channel Telegram Agar Selalu Tau Update Terbaru OTOBERITA : Join Channel