Harga Mobil Jimny Jangkrik, Cek Yuk!

OTOBERITA.com - Sejarah pertama kali mobil Jimny jadul sudah tak asing lagi bagi pecinta mobil off-road. Sebab mobil ikonik tersebut dulunya tenar dengan sebutan Suzuki Jimny Jangkrik. Awal mula disebut Jimny Jangkrik ialah pada versi LJ80V, yang mana memiliki kakak yang ternyata lebih jadul yaitu seri LJ50. Mobil LJ80V alias Jimny Jangkrik ini pertama kali dipasarkan ke Indonesia tahun 1970an, namun sebenarnya sudah terlebih dahulu lahir di tahun 1968 tepatnya di Jepang dengan nama HopeStar ON360.

Lantas, asal usul disebut Suzuki Jimny Jangkrik itu dari mana? Pasti pecinta mobil jadul sudah tau. Bagi yang tidak tau, yuk kita bahas bersama-sama.

Menguak nama Jimny Jangkrik dulu memang sempat menjadi kontroversi, ditafsir nama itu di ambil dari salah satu tokoh kartun Walt Disney yaitu Jimny Cricket . Cricket sendiri adalah bahasa inggris dari binatang jangkrik.

Tapi konon khususnya di daerah Jawa Timur, sosok mobil LJ80V dikenal dengan Kotrik yaitu sejenis binatang capung. Pengambilan nama ini dikarenakan sosok mobil JEEP berukuran kecil namun lincah sekali dalam bermanuver seperti capung.

Untuk spesifikasi Suzuki Jimny LJ80V dibekali mesin 4 silinder 797 cc SOHC berpendingin air. Dan di bawa oleh PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) era tahun 1977, itulah pemasaran pertama Suzuki Jimny Jangkrik alias LJ80V (Atas Trepes). Meski sebelumnya sudah ada varian Suzuki Jimny LJ50, tapi cukup disayangkan model mobil kecil itu tidak dijual secara bebas di pasaran mobil Indonesia.

Hal ini disebabkan LJ50V masuk ke Indonesia dibawa oleh perusahaan pertambangan nikel yang berada di daerah Soroako, pulau Sulawesi. Kemudian mobil Jimny LJ50V hanya dipakai sebagai kendaraan dinas Polisi Wanita (Polwan) di Jakarta serta beberapa kota besar di Indonesia.

Mobil dinas Polwan itu secara resmi dimasukkan oleh PT Suzuki Indomobil Mobil (SIM), selaku pemegang merk Suzuki Indonesia.

Kesuksesan jual Jimny Jangkrik ini membuat tidak berhenti memperkenalkan varian terbaru Jimny yaitu SJ410 yang disebut sebagai Jimny BRI.

Setelah itu generasi selanjutnya Jimny Jangkrik murah seri SJ413 (Sierra), disusul oleh varian yang sama bernama Suzuki Katana dan Carribian yang lahir era tahun 1998 silam. Terus mengalami perubahan hingga sempat masuk juga varian Jimny M13A (JB43) atau dikenal dengan Jimny Wide 2017. Dan terakhir New Suzuki Jimny (JB44) sudah dikenalkan saat acara GIIAS 2019.

harga mobil jimny jangkrik

Lantas, berapa harga mobil Jimny Jangkrik bekas?


Dari penelusuran Suzuki Jimny Jangkrik dijual murah di OLX mulai dari Rp 40 jutaan. Harga mobil Jimny jangkrik tersebut untuk seri LJ80 produksi tahun 1986 silam. OLX Jimny Jangkrik ini dijual berlokasi di Pelepat ilir, Bungo, Kab. Jambi oleh Nur Samsi Chomarudin sejak 20 Januari 2020 lalu. Namun mobil Jangkrik itu kini sudah laku atau belum.

Deskripsi Jimny Jangkrik murah tersebut surat kelengkapan mobil masih komplit, tetapi cukup disayangkan Pajak Off, plat nomor kendaraaan ialah N, kondisi mesin masih normal, sudah memakai ban comodo dengan kondisi 85%. Klik disini untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai kendaraan 4x4 tersebut serta mengkonfirmasi ketersediaan mobil Jimny Jangkrik.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama