Inilah 8 Tips Cara Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas Terbaru

OTOBERITA.com - Tingkat mobilitas seseorang yang tinggi memungkinan untuk membeli unit mobil baik itu bekas atau baru. Sebagai kendaraan penunjang aktifitas seperti contoh penjual sayuran dan penjual ATK (Alat Tulis Kantor) yang memiliki banyak pelanggan memilih varian mobil Daihatsu Grand Max jenis pick up dan lain sebagainya. Namun bagi mereka yang memilih membeli mobil bekas tanpa pengetahuan yang kurang terhadap soal mesin mobil pasti akan mempunyai kekhawatiran. Saat membeli unit mobil bekas pilihannya di showroom, mereka lebih mementingkan mengenai eksterior mobil yang nampak terlihat masih bagus seperti baru, namun kondisi mesin mobil masih menjadi tanda tanya.

Lantas, bagaimana cara mengecek kondisi mesin mobil bekas terbaru? Berikut dibawah ini ada 8 tips jitu untuk cek mesin mobil yang perlu anda ketahui dan pelajari secara teliti.

1. Kondisi Ruang Mesin Mobil


Pertama kali anda perlu memeriksa bagian ruang mesin mobil dengan cara membuka kap mesin, kemudian perhatikan adakah cat yang terlihat baru bila dibandingkan dengan lainnya, ini petanda ruang mesin pernah dicat. Sehingga dapat di pastikan ruang mesin yang di cat pernah turun mesin, kemungkinan untuk menutupi bekas tabrakan atau karena mobil bekas banjir dan sebagainya.

2. Kondisi Mesin Mobil

Mesin Mobil Bekas Kondisi

Jangan lupa memperhatikan tidak ada kebocoran oli atau bahan bakar kendaraan, serta kondisi fisik mesin mobil bekas. Mobil yang terawat dengan baik pasti tidak ada kebocoran pada mesin maupun selang-selang.

Cara mengetahui cukup amati satu persatu pada bagian mesin mobil bekas dan pastikan bebas dari rembesan oli atau semacamnya. Serta pada komponen baut adakah yang baru atau ujungnya nampak cacat, coba tanyakan ke penjualnya. Ini biasanya cara penjual untuk menutupi bagian kerusakan dengan mencuci mesin mobil agar terlihat tidak ada rembesan oli.

3. Kondisi Starter Mobil


Setelah itu coba anda masuk ke bagian interior mobil, dan lakukan starter mobil. Dengarkan suara mesin mobil masihkah halus dan konstan saat putaran mesin rendah tanpa hentakan pedal gas dan pada AC dimatikan serta peranti audio lainnya.

Perlu anda ingat bahwa kondisi mobil yang terawat dengan baik pada saat di starter kondisi mesin dingin pasti akan terdengar suara yang halus dan konstan, tidak tersendat-sendat seolah mau mati. Bila hal itu terjadi kemungkinan aki mobil bermasalah atau mobil jarang dilakukan servis secara berkala sehingga ada kotoran yang menyumbat kinerja mesin mobil bekas.



4. Periksa Indikator dan Speedometer


Saat anda mulai menghidupkan mesin mobil, coba perhatikan bagian setiap lampu indikator pada dashboard adakah yang menyala. Pastikan lampu indikator oli dan temperatur tidak menyala. Kemudian coba anda injak pedal gas secara perlahan lalu lepas dan perhatikan turun naiknya jarum RPM stabil. Jika tidak stabil, kemungkinan mesin mobil bermasalah.

5. Perhatikan Suara Mesin Mobil


Coba anda dengarkan suara mesin saat dinyalakan pertama kali dalam kondisi mesin masih dingin. Bila terdapat suara yang tidak wajar keluar dari mesin. Seperti contoh suara ketukan dari dalam mesin ketika di injak pedal gas, serta suara gesekan plat besi. Ini petanda mesin mobil sedang bermasalah.

6. Perhatikan Getaran Pada Mesin


Saat membuka kap mesin, pastikan tidak ada getaran yang tidak wajar. Bila mendapati hal tersebut, bisa jadi mesin mobil dalam keadaan pincang artinya terdapat masalah engine mounting atau sistem kelistrikan mengalami tersendat.

7. Perhatikan Gas Buang (Knalpot Mobil)

Kerusakan Mesin Mobil Dilihat Dari Asap Knalpot Mobil

Setelah memeriksa bagian ruang mesin dan kondisi interior mobil, selanjutnya perhatikan gas buang pada knalpot mobil adakah asap yang tidak wajar keluar. Tanda atau bekas hasil pembakaran di mesin tentu bisa dilihat dari ujung knalpot yang mampu memberikan sebuah petunjuk yang akurat mengenai kondisi mesin mobil tersebut seperti contoh :

  • Asap knalpot warna hitam - Indikasi pembakaran bahan bakar yang tidak bisa sempurna.
  • Asap knalpot warna putih - Indikasi adanya campuran oli di dalam ruang pembakaran mesin mobil.

Untuk mengenai tetesan air pada knalpot ini merupakan hal yang wajar dan petanda mesin mobil masih dalam keadaan prima atau bagus.

8. Lakukan Test Drive


Janganlah anda terburu-buru melakukan test drive mobil, sebab nanti akan ada banyak masalah yang terjadi ketika mesin mobil sudah mulai panas dan dipergunakan untuk perjalanan jarak jauh. Sehingga sebelum melakukan test drive anda perlu memperhatikan kenyamanan perpindahan transmisi, kepakeman saat pengereman dan performa mesin itu sendiri.



Jangan lupa periksa secara menyeluruh sebelum membeli mobil


Selain anda mulai memeriksa dan memastikan kondisi mesin baik-baik saja alias masih prima. Anda juga perlu memastikan bagian pada mobil lainnya seperti kaki-kaki mobil, kondisi interior serta bodi mobil bekas. Pasti anda tidak akan mau membeli mobil yang kondisi mesin masih bagus namun ketika mobil terkena guyuran air hujan merembes melewati jendela karena kaca mobil pernah diganti akibat mobil bekas tabrakan dan posisi pergantiannya tidak pas.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama