Inilah 6 Masalah Pada Rem Mobil Bekas dan Cara Mengatasinya

OTOBERITA.com - Ketika anda membeli mobil bekas tentu sudah siap menerima konsekuensinya. Selain harga mobil bekas berkualitas relatif murah di bandingkan mobil terbaru. Ternyata ada beberapa masalah yang terjadi pada sebuah mobil bekas incaran. Hal ini cukup wajar saja, mengingat mobil itu sudah cukup umur dan tentunya sering di operasikan untuk menunjang mobilitas tinggi. Jadi ada kekurangan di berbagai komponen mobil bekas itu seperti yang paling vital yaitu pada sistem pengereman.

Sehingga alangkah baiknya anda sebelum menjajal mobil di jalanan beraspal, tidak ada salahnya melakukan pengecekan pada sistem pengereman mobil bekas. Tujuannya demi menjaga keamanan mengemudi. Berikut di bawah ini beberapa masalah yang sering terjadi pada rem mobil bekas dan cara mengatasinya.

1. Kondisi Rem Terasa Cukup Dalam Saat Diinjak

Masalah Rem Mobil Bekas Pada Umumnya

Cara pertama pengecekan pada sistem pengereman mobil bekas yaitu pijakan pada pedal rem. Seberapa dalam saat diinjak dan coba bandingkan dengan pijakan rem normal pada umumnya. Jika benar terasa dalam saat diinjak ini mengindikasikan bahwa ada kerusakan pada master rem.

Cara mengatasinya cukup mengganti komponen lengkap master rem dengan yang baru. Agar nantinya pijakan rem bisa normal kembali, dan perlu di ingat tidak hanya dengan mengganti seal atau dinding silinder master saja.

2. Kondisi Rem Terasa Keras


Selain kondisi pijakan rem terasa dalam, ternyata anda perlu juga merasakan. Apakah pijakan rem terasa keras? Bila benar anda merasakan keras, maka di pastikan adanya kerusakan pada booster rem.

Booster rem adalah bagian yang memiliki peran penting dalam membantu master rem memompa minyak rem.

Dengan demikian bila terjadi kerusakan akan berakibat sedikitnya minyak rem yang dapat di pompa.

Cara mengatasinya ganti booster rem dengan yang baru. Sebab bila tidak segera diganti nantinya komponen lain akan cepat panas dan aus serta resiko terbesar ialah terjadinya rem blong.

3. Menyalanya Indikator ABS Pada Mobil

Indikator ABS Menyala Dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Diketahui ABS merupakan sistem rem yang mana mampu mencegah terjadinya penguncian roda pada saat pengereman mendadak. Fitur ABS biasanya terdapat pada produk mobil terbaru masa kini. Meski merupakan teknologi terbaru ternyata ABS juga bisa bermasalah.

Semisalnya indikator ABS pada dashboard terus menyala, ini mengindikasikan sistem ABS terjadi gangguan.

Cara mengatasi indikator ABS menyala dengan cara di bawa ke bengkel resmi agar dilakukan pengecekan dan perbaikan lebih lanjut. Sehingga nantinya fitur ABS bisa bekerja dengan normal kembali.

4. Kondisi Rem Terasa Ada Getaran


Masalah sistem pengereman mengenai adanya getaran biasanya terjadi ketika mobil dipaju hingga kecepatan 80-100km/jam. Kondisi umum yang terjadi ketika ada masalah yaitu pedal rem terasa bergetar saat dilakukan pengereman. Penyebab utamanya ialah komponen piringan cakram sudah aus atau bergelombang.

Cara mengatasinya ganti piringan rem dengan yang baru. Namun bila kondisinya sudah terlalu tipis, dan bila kondisi bergelombang cukup diratakan kembali dengan pembubutan.

5. Kondisi Rem Mobil Tidak Pakem


Cara mengetahui masalah rem mobil tidak pakem dengan lakukan pengujian melaju di jalan lurus dengan kecepatan sedang, kemudian lakukan pengereman. Bila anda merasakan rem tidak pakem. Kemungkinan penyebabnya antara kondisi kampas rem rusak atau master rem bermasalah.

Mengingat distribusi oli yang tidak optimal dari master rem bisa mempengaruhi kinerja sistem pengereman. Sementara itu pada kampas rem yang sudah tipis bisa jadi penyebab rem tidak pakem.

Cara mengatasi rem mobil tidak pakem ialah mengganti kampas rem dengan yang baru. Sudah tersedia di toko aksesoris mobil maupun bengkel resmi.

6. Kondisi Rem Bunyi Decit


Perhatikan dengan teliti ketika anda melakukan test drive mobil bekas. Terutama bunyi ketika dilakukan pengereman. Jika ada bunyi "decit", hal ini bisa jadi penyebabnya adalah piringan cakram sudah bergelombang serta permukaan kampas rem sudah aus.

Cara mengatasinya ganti komponen kampas rem dan piringan cakram agar kondisi rem bunyi bisa teratasi dengan baik.

Kesimpulan


Uji coba atau test drive sebelum beli mobil bekas adalah salah satu cara untuk mengetahui kerusakan atau masalah yang terjadi, terutama pada sistem pengereman mobil bekas incaran anda. Dan pastikan semua kondisi mobil masih dalam keadaan orisinil. Baca juga 5 cara menilai orisinil mobil bekas.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar