Inilah 3 Tips Aman Berkendara Saat Hujan

OTOBERITA.com - Musim hujan kini sudah datang lagi di beberapa daerah di Indonesia. Bukan hanya bencana alam yang melanda, melainkan musim hujan bisa jadi momok berbahaya di jalan raya. Dikarenakan jalanan menjadi lebih licin, belum lagi genangan air menutupi jalanan yang berlubang.

Bahkan ditambah lagi angka kecelakaan di jalan raya bisa meningkat, baik itu terdiri dari kecelakaan tunggal karena selip saat jalanan licin dan kecelakaan beruntun yang melibatkan orang lain.

Sehingga membuat anda dan orang yang berkendara di sekitar anda menjadi merasa merugi. Selain membawa kendaraan ke bengkel untuk diperbaiki, juga membayar ganti rugi biaya ke rumah sakit.

Bagaimana anda mau hal itu terjadi?

Maka bukan hanya soal hati-hati berkendara di jalan raya, anda harus mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar bisa meminimalisir kecelakaan tersebut.

Tips Aman Berkendara Saat Musim Hujan

Berikut di bawah ini Tips Aman Berkendara Saat Hujan yang perlu anda ketahui.


1. Kendaraan Anda Harus Siap Sebelum Digunakan Saat Hujan


Diketahui bahwa persiapan kendaraan menjadi salah satu faktor utama yang perlu diperhatikan saat musim hujan datang. Jangan asal kendaraan bisa jalan, anda perlu juga memperhatikan hal-hal berikut di bawah ini.


  • Periksa Semua Kondisi Ban Kendaraan


Ban merupakan salah satu komponen kendaraan yang penting untuk diperhatikan ketika membawanya saat musim penghujan. Kondisi jalan yang licin, harus di dukung dengan kondisi ban kendaraan yang prima.

Pertama anda perlu mengecek tekanan angin pada masing-masing ban. Pastikan sudah sesuai standart yang ada di buku manual. Jangan sampai ban kendaraan kempes tetap digunakan untuk berkendara menempuh perjalanan jauh. Alangkah baiknya mengecek kondisi tekanan ban seminggu sekali.

Selain tekanan angin pada ban, anda juga perlu mengecek kondisi ban soal kembangan masihkah layak digunakan atau ban sudah tipis waktunya diganti dengan yang baru.

Alur ban atau kembangan ban yang masih bagus ini mampu menghindarkan anda dari resiko melayang di atas air alias Aquaplaning dan tergelincir alias selip ketika hujan.


  • Periksa Fungsi Semua Lampu Normal

Menyalakan Lampu Saat Hujan

Apabila sudah mengecek kondisi ban kendaraan, coba beralih ke memeriksa fungsi semua lampu kendaraan.

Dimulai dari lampu depan atau lampu utama, pastikan menyala dengan baik karena lampu depan digunakan untuk penerangan saat hujan. Selanjutnya dibagian lampu rem kendaraan pastikan juga menyala saat pedal rem diinjak serta lampu belakang menyala. Dan terakhir cek fungsi lampu sein kendaraan alias lampu tanda belok di bagian depan dan belakang mobil dapat menyala dengan baik.


  • Periksa Kontrol Utama


Tips aman berkendara saat hujan selanjutnya ialah periksa semua kontrol utama pada kendaraan pastikan berfungsi dengan normal.

Mulai dari kemudi, pedal rem, pedal gas, dan kopling. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik. Apabila perlu ada yang diperbaiki segeralah diperbaiki di bengkel kendaraan resmi agar meminimalisir kecelakaan. Semisal ternyata pedal rem tidak berfungsi dengan baik, dan saat anda gunakan secara mendadak fungsinya lambat merespon saat anda mau mengerem karena ada mobil yang berhenti di depan secara mendadak. Akhirnya kendaraan anda menabrak kendaraan di depan anda. Jangan sampai hal itu terjadi sobat otoberita.

Kalau sudah terlanjur terjadi pasti biaya yang akan anda keluarkan lebih besar daripada anda membawa kendaraan ke bengkel.

2. Perhatikan Aturan Berkendara Yang Baik Saat Hujan


Semua orang pasti sudah mengetahui bahwa saat hujan pasti berkendara harus extra hati-hati agar tidak terjadi kecelakaan. Waspada dan tetap fokus berkendara, serta jangan kebut-kebutan di jalanan.

Jika anda melakukan hal tersebut, berarti anda tahu tata cara berkendara yang baik saat hujan tiba.

Berikut di bawah ini cara sederhana berkendara di jalan raya saat hujan, yang perlu anda lakukan.


  • Waspada 30 Menit Pertama


Apa maksud dari waspada saat 30 menit pertama?

Hujan yang baru saja turun tentu akan membasahi jalanan dan membuat kondisi jalan menjadi licin. Bahkan tingkat kelicinan bisa berbeda tergantung berapa lamanya jalanan terguyur air hujan?

Bahkan ada lumpur atau tetesan minyak di jalan bisa mengakibatkan lapisan jalanan tambah licin.

Akibatnya...

Anda akan kesulitan mengontrol kendaraan saat melewati jalanan yang licin sejak 30 menit pertama hujan turun. Sehingga anda perlu sangat hati-hati serta waspadalah dalam berkendara.


  •  Jangan Ngebut di Jalanan Yang Licin


Perlu anda ketahui saat musim hujan tiba alangkah baiknya berkendara di jalan kurangi kecepatannya, agar bisa merespon dengan cepat bila terjadi hal yang mendadak. Beda dengan anda ngebut di jalanan yang licin yang membuat anda pasti tidak bisa merespon dengan cepat bila terjadi hal yang mendadak seperti, tiba-tiba kendaraan di depan anda belok tanpa memberikan tanda belok alias menyalakan lampu sein. Akhirnya terjadilah kecelakaan. Beda halnya bila anda berkendara dengan santai pasti akan selamat sampai tujuan.


  • Menyalakan Lampu Kendaraan


Saat hujan deras melanda tentu kondisi jarak pandang di jalanan sangat minim, maka sebaiknya nyalakan lampu kendaraan agar orang di sekitar anda tahu bahwa ada kendaraan. Selalu nyalakan lampu kendaraan bukan hanya saat hujan deras, hujan rintik-rintik pun perlu.

Bahkan kendaraan masa kini yang sudah dilengkapi lampu DRL alangkah dinyalakan agar membantu pengendara lain dapat melipat dengan baik, sehingga terhindar dari kecelakan tabrak belakang.


  • Hindari Penggunaan Lampu Hazard (Lampu Tanda Darurat)

Lampu Hazard Saat Hujan Tidak Boleh

Sangat disarankan cukup menyalakan lampu utama (Day Time) saja, hindari penggunaan lampu hazard. Hal ini dapat mengakibatkan pengendara di belakang merasa kesulitan dan terganggu.

Dan bila anda tiba-tiba berbelok arah atau memperlambat laju kendaraan, pengendara yang ada di belakang menjadi tidak tahu.


  • Selalu Jaga Jarak Aman Berkendara


Pastikan anda selalu jaga jarak aman dari pengendara di depan saat hujan turun. Hal ini berkaitan dengan butuh jarak saat anda harus melakukan pengereman mendadak.

Jarak yang dibutuhkan tergolong lumayan jauh dibandingkan mengerem saat jalanan masih kering, sebab permukaan ban langsung bisa pakem pada jalanan yang kering berbeda dengan jalanan yang basah atau licin.

Selain itu bisa meminimalisir cipratan dari kendaraan yang ada di depan anda.


  • Hati-Hati dengan Genangan Air


Saat hujan turun pasti jalanan yang berlubang akan tertutupi oleh genangan air. Apalagi lubang jalan yang kecil, bahayanya jika lubang jalan cukup dalam dan besar tertutupi genangan air. Ini bisa membuat anda kaget saat melewatinya dan kontrol kemudinya menjadi tidak stabil.


  • Tetap fokus untuk mengatasi selip


Selip pasti bisa terjadi saat hujan turun karena jalanan cukup licin, meski anda sudah berhati-hati.

Perlu diingat!

Hindari menginjak pedal rem hingga habis ketika terjadi selip. Meski kendaraan anda sudah dilengkapi dengan ABS (Anti-lock Braking System).
Tetaplah fokus dan tekan pedal rem secara perlahan-lahan dan kontrol arah kemudi sesuai dengan arah selip. Bagaimana mudah kan?


  • Wajib Berhenti Ketika Hujan Terlalu Deras


Salah satu tips aman berkendara saat hujan yang perlu diperhatikan adalah wajib berhenti ketika hujan terlalu deras melanda. Meski semua cara terbaik berkendara sudah dilakukan, janganlah anda memaksakan melanjutkan perjalanan itu langkah yang salah.

Ketika hujan deras, meski lampu depan sudah dinyalakan pasti pandangan tidak bisa fokus dengan baik, sebab wiper sudah tidak bisa menjaga kaca mobil kembali jernih.

Wiper Saat Hujan


Maka anda perlu menepi saja. Agar tidak membahayakan diperjalanan nantinya. Tidak ada salahnya menepi sambil menunggu hujan sudah reda tidak begitu deras. Hindari menepi di bawah pohon yang besar.

Kenapa?

Karena hujan deras disertai angin yang kencang bukan tidak mungkin bisa mematahkan ranting pohon, atau parahnya pohon bisa tumbang.

Lantas, dimana lokasi yang aman untuk menepi?

Anda bisa menepi di cafe atau restoran untuk sejenak bersantai sambil menunggu hujan reda. Tempat atau lokasi lain ialah pom SPBU atau area peristirahatan terdekat.

Apabila anda terpaksa menepi di pinggir jalan, sangat disarankan menyalakan lampu hazard untuk sebagai petanda anda sedang menepi. Dan melanjutkan kembali perjalanan ketika dirasa sudah tidak terlalu deras hujannya.

Solusi Mobil Mogok Saat Terkena Banjir di Musim Hujan

Kendaraan Mogok Saat Banjir Karena Hujan

Hujan yang cukup deras mengakibatkan beberapa tempat ruas jalan terjadi banjir. Sehingga tak jarang kendaraan baik itu sepeda motor ataupun mobil menjadi mogok. Hal ini disebabkan oleh air yang masuk ke lubang pipa pembuangan gas alias knalpot. Atau bisa jadi karena mesin kendaraan terendam air karena banjir deras.

Lantas, apa yang perlu dilakukan?

Jangan langsung menyalakan mesin kendaraan, alangkah baiknya turun dan dorong kendaraan ke tempat yang aman tidak ada banjir.

Kenapa tidak boleh langsung menyalakan mesin kendaraan?

Sebab ketika air sudah berada di saluran pembuangan gas atau mesin kendaraan teredam, bila langsung di nyalakan dikhawatirkan sistem pengapian kendaraan mengalami terjadinya konsleting. Jangan sepelekan hal ini, agar keselamatan anda terjaga dan kendaraan tidak konslet.

Dengan menerapkan beberapa tips aman berkendara saat hujan di atas bisa membuat anda terhindar dari kecelakaan, sayangilah keluarga anda dan nyawa anda jadi jangan bertindak yang tidak sewajarnya yang bisa mencelakakan kalian.

0/Post a Comment/Comments

Lebih baru Lebih lama