Ingin Modifikasi Mobil Bekas Jadi Mobil Baru? Ini Caranya

OTOBERITA.com - Anda ingin tampilan mobil beda dari sebelumnya? Sudah bosan dengan tampilan mobil bekas? Ingin coba modifikasi mobil bekas jadi mobil baru? Berikut ini cara mudah yang pasti anda bisa lakukan untuk menyulap mobil bekas jadi tampak baru lagi.

Seperti yang telah di bahas sebelumnya mengenai keutungan membeli mobil bekas berkualitas. Setelah anda mendapatkan unit mobil second sesuai keinginan dengan harga yang relatif murah. Dan sekarang ingin merubah tampilan dengan cara modifikasi mobil bekas. Pasti cari-cari terlebih dahulu bagaimana agar mobil second yang telah usang bisa tampil baru lagi. Simak ulasannya di bawah ini sobat otoberita.

5 Cara Modifikasi Mobil Bekas Jadi Mobil Baru


Sebelum menuju topik utama alangkah baiknya rilex dulu sambil menyeduh kopi agar fikiran tenang saat membaca cara modifikasi mobil bekas terbaru. Okay lanjut.

1. Poles Bodi dan Kaca Pada Mobil

Cara Poles Mobil Bekas Agar Tampil Baru Kinclong

Memilih mobil bekas tentu salah satu kondisi yang umum bisa di lihat adalah tampilan bodi nampak catnya memudar serta kondisi kaca jendela sudah tidak bening lagi. Sehingga cara jitu untuk merubah bagian eksterior mobil agar tampil seperti baru ialah dengan cara melakukan Polish.

Menariknya proses polish atau poles permukaan cat serta kaca mobil bisa dilakukan di rumah. Langkah pertama yaitu pencucian kemudian dilanjut pemolesan dengan cairan poles khusus bodi dan kaca mobil. Meski proses poles sedikit rumit dan banyak memakan waktu tapi pasti hasil akhirnya akan memuaskan.

Namun apabila anda tidak ingin melakukan dirumah bisa dengan cara memasukkan mobil bekas idaman anda ke salon mobil. Proses polesnya biasanya sekitar satu hari hingga tiga hari tergantung dari antrian mobil yang mau di poles. Untuk harga poles mobil kisaran Rp 500rb hingga Rp 1 jutaan, tergantung dari ukuran mobil anda.

2. Lakukan Pengecetan Ulang Pada Mobil

Modifikasi Mobil Dengan Cara Cat Ulang Mobil Agar Seperti Baru

Langkah kedua cara modifikasi mobil bekas yang tampilan cat mobil sudah mengelupas atau pecah sebaiknya melakukan pengecetan ulang warna mobil kesayangan anda. Hal ini untuk memperbaiki kondisi permukaan mobil, agar nampak lebih baru dan kinclong seperti mobil kondisi baru.

Setelah proses pengecetan mobil sudah selesai, alangkah baiknya langsung dilanjutkan dengan cara WAX bodi. Apa itu wax bodi mobil? adalah cara untuk memproteksi cat mobil agar tidak mudah pudar, berbeda dengan polish atau poles.

Cairan wax yang telah di oleskan secara merata pada permukaan bodi mobil akan membantu memancarkan warna yang mengkilap seperti baru. Dengan kata lain memiliki fungsi seperti sun block, sehingga cat mobil tidak mudah kusam.

3. Ganti Gaya Eksterior Mobil

Modifikasi Eskterior Mobil

Memberikan nuansa berbeda pada unit mobil bekas yaitu dengan cara modifikasi di bagian eksterior mobil. Seperti halnya menambahkan body kit agar lebih keren. Biasanya kit ini dipasang di bagian bawah serta samping pada mobil. Ada juga yang memasangnya di bagian wings belakang nampak terlihat sporty.

Ada pula dengan cara modifikasi velg mobil variasi. Maksudnya ialah mengganti model velg asli mobil dengan model velg variasi yang terlihat keren dan elegan, seperti contoh velg racing berkombinasi dengan krom menjadikan mobil nampak berkilau.

Selain itu ada pula yang modifikasi mobil bekas di bagian lampu, baik itu belakang maupun depan dengan merubahnya dengan desain lebih modern masa kini. Dengan demikian gaya mobil bekas yang itu-itu saja kini tampil lebih modern seperti deretan mobil baru pada umumnya.

4. Ganti Gaya Interior Mobil

Modifikasi Interior Mobil

Setelah mengganti gaya eksterior mobil menjadi lebih baru. Alangkah baiknya di bagian interior mobil juga perlu sedikit modifikasi agar tampilannya lebih segar enak di pandang. Terlebih agar mobil bekas anda tidak ketinggalan zaman.

Mulai dari penggantian jok, tuas transmisi, setir kemudi dapat diganti dengan gaya model terkini. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk mempercantik tampilan interior mobil secara custom.

Umumnya mobil bekas sudah jadul interiornya, maka bisa di rubah dengan material kulit berkualitas yang klasik serta elegan. Cara ini cukup ampuh dalam modifikasi mobil bekas agar tampil seperti mobil baru yang terlebih bisa menambah kenyamanan anda mengemudi.

5. Upgrade Perangkat Entertaiment dan Fitur Mobil Bekas

Upgrade Fitur Intertaiment

Di zamannya dulu sosok mobil bekas saat ini pasti merupakan kendaraan yang paling keren dan banyak yang meninatinya. Namun bila di bawa ke era modern saat ini mobil bekas itu merupakan kendaraan jadul yang tampilannya tidak menarik. Tidak seperti mobil baru zaman modern yang canggih dan memiliki fitur entertaiment yang lengkap dan fungsional.

Maka dari itu dilakukan modifikasi mobil agar bisa mengikuti perkembangan zaman ini. Setelah bagian eksterior dan interior mobil di modifikasi sesuai keinginan. Barulah menuju sektor upgrade perangkat entertaiment masa kini, mulai dari audio, sound system, dan fitur terbaru lainnya.

Yang dulunya mobil bekas tahun 90'an memakai tape jadul dengan kaset atau CD. Kini anda bisa mengubahnya dengan diganti tape mobil masa kini yang sudah berpelengkap touch screenm USB, plug Kabel AUX untuk memutar musik serta panel instrumen modern lainnya.

Bahkan anda bisa menambahkan perangkat GPS dan kamera belakang mobil untuk mempermudah proses parkir.  Mengingat kedua perangkat ini tidak ditemui pada mobil bekas jadul.

Kesimpulan


Ketika anda memutuskan untuk modifikasi mobil bekas jadul alangkah baiknya pertimbangkan lagi yang bersifat permanen, sebab mobil modifikasi permanen akan mengurangi harga jual mobil anda ke depannya.

Bahkan showroom mobil atau dealer mobil bekas pada umumnya mau membeli mobil dengan kondisi orisinil. Sehingga pastikan anda juga menyimpan beberapa komponen orisinil mobil yang sudah diganti, agar nantinya tidak mengurangi harga jual mobil kesayangan anda. Baca juga cara menilai orisinil mobil bekas terbaru.
Postingan Lebih Baru Postingan Lebih Baru Postingan Lama Postingan Lama

Postingan lainnya

Komentar

Posting Komentar